Indonesia Jadi Tuan Rumah MotoGP 2021

Dijadikannya Sirkuit Mandalika untuk balap motor MotoGP, dilatarbelakangi tingginya jumlah penggemar MotoGP dan pengguna roda dua di Indonesia.

43
sirkuit mandalika
Sirkuit Mandalika di Lombok, NTB. (foto: Kompas)

Kitakini.news – Kabar baik bagi kalian pecinta MotoGP tanah air. Sebentar lagi Indonesia akan menjadi tuan rumah pergelaran balap motor paling terkenal di dunia yaitu MotoGP. Hal ini setelah Sirkuit Mandalika Lombok, dipilih untuk menggelar ajang MotoGP selama lima musim dimulai dari tahun 2021.

Direktur Utama PT Pengembangan Pariwisata Indonesia Persero/Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Abdulbar M Mansyur mengatakan, dijadikannya Sirkuit Mandalika untuk balap motor dilatarbelakangi tingginya jumlah penggemar MotoGP dan pengguna roda dua di Indonesia.

“Sebelumnya memang ada wacana untuk dijadikan sirkuit F1, jadi F1 itu standar FIA. Kalau kita arah awalnya emang ke motor. Karena Indonesia merupakan negara dengan pemotor yang sangat banyak jumlahnya”, kata Abdulbar seperti yang diterbitkan Kompas, Senin (25/2/2019).

Sirkuit Mandalika sendiri direncakanan menjadi tuan rumah MotoGP selama 5 musim, dimulai dari tahun 2021. Untuk biaya penyelenggaraan (di luar pembangunan sirkuit) yang harus dibayarkan ke promotor MotoGP, Dorna adalah sekitar 9 juta Euro atau setara Rp 143 miliar per musim.

“Dorna akan mendatangkan timnya sendiri semua dari situ, yang jelas kita tahunya tinggal beres saja”, jelas Dorna.

Menpora Dukung Sirkuit Mandalika Tuan Rumah MotoGP

Sementara itu Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi mengatakan, pihaknya mendukung Sirkuit Mandalika Lombok menjadi tuan rumah Motogp pada tahun 2021 mendatang.

Baca Juga : RPJMD Sumut : Gaji Guru Honorer Naik Jadi Rp 90.000/Jam

Karena kata Imam, Indonesia sangat pantas untuk menjadi salah satu negara penyelenggara MotoGP di dunia.

“Pemerintah siap mendukung dan mengajak partisipasi publik yang lebih luas. Sehingga nantinya Indonesia memberi gambaran kepada dunia, bahwa Indonesia sangat pantas menjadi tuan rumah ajang balap MotoGP, seperti negara-negara lain yang sudah pernah”, sebut Imam seperti dilansir Bolasport.com.

Editor : Khairul Umam

Mutiara Hikmah

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here