Dua Pemasok Sabu 5 Kg Jaringan Medan-Aceh Dituntut 17 Tahun Penjara

Dua terdakwa pemasok narkotika jenis sabu seberat 5 Kg dituntut pidana penjara selama 17 tahun oleh JPU Marthias Iskandar dari Kejari Medan.

31
pemasok sabu 5 Kilo
Ilustrasi barang bukti sabu. (Foto : Republika)

Kitakini.news – Jaksa Penuntut Umum (JPU) Marthias Iskandar menuntut dua terdakwa pemasok narkotika jenis sabu 5 Kg dengan pidana penjara 17 tahun. Keduanya yakni Zoelkarnain (51) dan Prana Citra (41).

Tuntutan itu disampaikan JPU Marthias Iskandar di Ruang Cakra V Pengadilan Negeri (PN) Medan, Jumat (12/4/2019.

“Menuntut, supaya majelis hakim menjatuhkan hukuman pidana penjara kepada kedua terdakwa masing-masing selama 17 tahun dan denda Rp 1 miliar subsider 1 tahun kurungan,” tandas JPU Marthias.

Di hadapan majelis hakim yang diketuai oleh Richard Silalahi, Marthias menegaskan perbuatan kedua terdakwa dinilai terbukti Pasal 114 ayat (2) jo Pasal 132 ayat (1) UU RI Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika.

Usai mendengarkan putusan, majelis hakim memberikan waktu sepekan kepada kedua terdakwa untuk menyiapkan serta membacakan nota pembelaan (pledoi). “Sidang ditunda hingga pekan depan,” ujar hakim Richard seraya mengetuk palu.

Baca juga : BNN Amankan 10 Kg Sabu dan Tangkap Tiga Orang Kurir

Dua pemasok sabu 5 Kg ditangkap di lokasi berbeda

Dalam dakwaan JPU Sebelumnya, kejadian bermula Senin (20/8/2018) sekira Pukul 01.00 WIB dini hari. Petugas Polrestabes Medan yang mendapat informasib ahwa pemasok sabu 5 KG jaringan Aceh dan Medan, Zoelkarnain sedang berada di Jalan Brigjen Katamso Kelurahan Medan Maimun.

Petugas melihat Zoelkarnain sedang berdiri di depan trotoar. Tanpa basa basi, petugas langsung melakukan penangkapan terhadap Zoelkarnain.

“Saat dilakukan penggeledahan dari hape milik Zoelkarnain, ditemukan ada pesan singkat (SMS). SMS itu menyebutkan, terdakwa baru menerima pasokan sabu sebanyak 10 bungkus atau seberat 10 kilogram. Sebanyak 5 bungkus atau 5 kilogram sabu telah diserahkan kepada pemesannya,” ucap Marthias.

Sabu yang di hape Zoelkarnain diterima pada Minggu tanggal 19 Agustus 2018 jam 09.55 WIB, di Jalan Halat Simpang Jalan Bhakti Medan bersama dengan Prana Citra.

Sabu itu diterima dari Iwan (DPO) atas suruhan dari Usman (DPO). Kepada polisi, Zoelkarnain menjelaskan sabu tersebut diserahkan kepada Prana Citra untuk disimpan di rumahnya, sambil menunggu pemesannya.

“Atas pengakuan itu, polisi juga menangkap Prana Citra. Dari dalam kamar tidur Prana Citra, polisi menemukan sabu seberat 5 kilogram,” pungkas JPU dari Kejari Medan tersebut.

Editor : Ummi Fatih

Mutiara Hikmah

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here