Antisispasi Kerawanan Pemilu 2019, Personil Polri Mulai Disebar ke TPS di Medan

Personel polisi mulai disebar ke TPS-TPS di Kota Medan, karena H-3 logistik Pemilu mulai dipindahkan ke TPS-TPS dan pengamannya menjadi tanggungjawab polisi dan TNI.

23
kerawanan pemilu 2019
Para personil Polri yang disiapkan untuk pengamanan TPS di Kota Medan mulai disebar. Pergeseran pasukan pengamanan TPS ini dilakukan melalui apel yang langsung dipimpin Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dadang Hartanto di Lapangan Astaka Medan, Sabtu (13/04/2019). (foto : matatelinga.com)

Kitakini.news – Mengantisipasi kerawanan Pemilu 2019, aparat kepolisian mulai disebar ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kota Medan. Pergeseran pasukan pengamanan TPS ini dilakukan melalui apel yang dipimpin Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dadang Hartanto di Lapangan Astaka Medan, Sabtu (13/4/2019)

Dalam amanatnya, Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dadang Hartanto mengingatkan kembali bahwa pengamanan TPS ini merupakan rangkaian dari kegiatan  mengamankan Pemilu 2019. Beberapa langkah yang dilakukan secara struktural, sistematis dalam rangka melaksanakan pengamanan.

“Bapak Kapolri dan Bapak panglima TNI telah berkunjung ke tempat kita, untuk melihat kesiapan langsung dari pelaksanaan pengamanan Pemilu dengan menggelar kekuatan dan peralatan serta langsung membuka patroli gabungan bersama,” ujar Dadang.

Dikatakan Dadang, langkah-langkah yang bersifat nasional maupun lokal termasuk tingkat Polres telah dilaksanakan. Pihaknya juga telah melakukan cipta kondisi dan memberikan tindakan ataupun langkah-langkah preventif di lingkungan masyarakat.

“Mulai dari himbauan, pendekatan dan penggalangan. Masyarakat mampu berpartisipasi dan mendukung serta memiliki rasa kepercayaan bahwa Pemilu tahun 2019 ini berjalan dengan lancar, aman dan kondusif,” ungkap Dadang.

Baca Juga : Sumut Peringkat ke-28 Keamanan Pemilu 2019, Kapolda: Kita Siap Amankan Bersama TNI

Dadang mengatakan, penegakan hukum terhadap gangguan Kamtibmas yang bersifat konvensional tetap dilaksanakan seperti kejahatan begal, pencurian kendaraan bermotor maupun pencurian lainnya serta kegiatan-kegiatan lainnya.

“Itu semua dilakukan agar pelaksanaan pengamanan Pemilu dapat berjalan dengan lancar. Hari ini kita melaksanakan pengecekan kesiapan pasukan pengamanan dan akan kita geser ke titik tempat pelaksanaan kegiatan,” tukas Dadang.

Dadang menegaskan, tempat yang paling penting dan krusial dalam pelaksanaan Pemilu 2019 yaitu TPS, sekaligus penghitungan suara. Seperti diketahui, di H-3 logistik Pemilu akan digeser ke TPS.

“Oleh karena itu, personel harus bergeser untuk mengamankan logistik tersebut, sekaligus nanti melihat berorientasi pada tempat-tempat pemungutan suara di TPS. Itu menjadi tanggung jawab kita semua,” tukas Dadang.

Mengantisipasi Kerawanan Pemilu 2019, Polisi Harus Pahami Ancaman Pemilu

Dalam kesempatan tersebut, Dadang mengingatkan kembali bahwa personil pengamanan harus memahami apa ancaman kerawanan yang terjadi di tempat tersebut.

“Kita mendapatkan kekuatan dua Kompi dari Brimob dan TNI sebanyak 330 personel. Semuanya akan ditempatkan untuk melakukan kegiatan di tempat-tempat pemilu yang sudah diatur dengan sistem pengamanan secara teknis” pungkas Dadang.

Sebelumnya, Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto meminta agar pengamanan Pemilihan Umum (Pemilu) dilakukan dengan maksimal. Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menambahkan bahwa seluruh pasukan pengamanan Pemilu harus sudah mengetahui kondisi Tempat Pemungutan Suara (TPS) H-7 Pemilu.

“H-7 harus sudah tahu kondisi TPS, ” ungkapnya di sela-sela apel gelar pasukan pengamanan Pemilu 2019 di Lapangan Benteng, Medan, Kamis (11/04/2019).

Marsekal TNI Hadi Tjahjanto juga meminta kepada seluruh pasukan pengamanan Pemilu untuk selalu memantau kondisi sekitar TPS selama pemungutan suara berlangsung.

“Saat Pemilu, TNI harus memantau situasi di luar TPS. Mudah-mudahan tidak ada keributan. Kalau pun ada, tetap berada di luar TPS,” paparnya.

Reporter : Syahrial Siregar

Editor : M. tanjung

Mutiara Hikmah

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here