Amankan Pemilu 2019, Kapolda Sumut Lepas 414 Personel ke 7 Wilayah Satuan Kerja

16
amankan pemilu 2019
Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto (kanan) bersama pejabat utama saat melepas personel ke sejumlah satker. (Foto : humas polda sumut)

Kitakini.news – Amankan Pemilu 2019, Kapolda Sumut, Irjen Pol Agus Andrianto melepas 414 personel ke tujuh wilayah Satuan Kerja (Satker). Prosesi pelepasan itu digelar di Lapangan KS Tubun Mapolda Sumut, Senin (15/4/2019).

Dari total 414 personel itu, 25 personel dikirim ke Polres Humbang Hasundutan dan 30 personel ke Polres Pakpak Bharat. Selain itu, 100 personel ke Polres Dairi, 105 personel ke Polres Batubara dan 54 personel ke Polres Tanjungbalai. Sisanya, masing-masing 50 personel dikirim ke Polres Asahan dan ke Polres Samosir.

Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja, melalui Kasubbid Penmas, AKBP Nainggolan mengatakan, Kapolda berpesan kepada personel yang dilepas untuk melaksanakan tugas dengan benar dalam pengamanan Pemilu.

“Kapolda meminta personel melaksanakan tugas dengan benar, sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) dan segera menyesuaikan diri dengan tempat dimana ditugaskan,” ujar Nainggolan.

Dikatakan Nainggolan, para personel yang dilepas ini sebagian bertugas selama lima hari dan sebagian lagi delapan hari. Tergantung jauhnya lokasi penugasan. Dalam bertugas, kata Nainggolan, Polri hanya bertugas menjaga di luar Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Tapi misalnya ada keributan di dalam TPS dan ketua KPPS meminta polisi untuk masuk, baru disitu personel polisi bisa masuk,” tukas Nainggolan.

Amankan Pemilu 2019 di Sumut, 22.000 Polisi Dilibatkan

Sebelumnya, Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto mengatakan dalam mengamankan Pemilu 2019, Polda Sumut dan Kodam I/BB menurunkan 22 ribu personel gabungan. Jumlah itu akan disebar di lapangan, baik untuk pengamanan TPS dan membackup situasi keamanan lainnya.

Agus menjelaskan, dalam pengamanan Pemilu, Polda Sumut dibackup Kodam I/Bukit Barisan. Dalam Apel kesiapan Pemilu beberapa waktu lalu, Sumut mendapat kehormatan untuk melakukan apel karena dihadiri dan dicek Panglima TNI dan Kapolri.

“Artinya, beliau meyakinkan betul pada pihak keamanan di Sumut, siap melakukan tahapan pengamanan Pemilu yang sebentar lagi kita laksanakan,” ujar Agus

Menurut Agus, untuk potensi kerawanan Pemilu di Sumut, Polri mengacu kepada data yang di keluarkan KPU RI.

“Kalau dari index yang dikeluarkan KPU, Sumatera Utara ini urutan ke-28 dari 34. Namun demikian, kita tidak boleh under-estimate (meremehkan), kita tetap siaga, waspada dan siap sedia untuk tahapan pemilu,” tegasnya.

Sementara itu, Pangdam I/BB Mayjen TNI Sabrar Fadhilah menegaskan, netralitas sudah menjadi keharusan. Pihaknya pun meminta kepada masyarakat agar jangan takut dalam Pemilu nanti. Kerena TNI dan Polri siap mengamankannya.

“Kami ada tahapannya, bahwa ini pesta demokrasi. Kami mengedepankan masyarakat agar mengajaknya untuk menyukseskan Pemilu ini,” katanya.

Dari sisi jumlah, kata Pangdam, kalau dari Kodam l/BB ada empat provinsi yaitu Sumut, Sumbar, Kepri dan Pekan Baru. Sekitar 20 ribu personel disiapkan.

“Untuk bantuan ke Polda Sumut ada 10 ribu personel. Jumlah ini berbeda dengan provinsi yang lain karena terkait jumlah TPS dan luas wilayah,” pungkas Pangdam.

Reporter : Syahrial Siregar

Mutiara Hikmah

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here