X

Jenis-Jenis Desain Grafis dan Perbedaannya Wajib Diketahui..!!

Jenis-Jenis Desain Grafis dan Perbedaannya Wajib Diketahui..!!. (Grafis: Kitakini,news)

Kitakini.news – Desain grafis adalah proses perpaduan antara tipografi, ilustrasi dan fotografi yang memberikan informasi serta bersifat mengajak. Jenis-jenis desain grafis tentu ada perbedaannya jika dilihat dari fungsi dan tujuannya.

Berikut ini jenis-jenis desain grafis dan perbedaannya:

Desain Grafis Identitas Visual

Identitas visual umumnya digunakan untuk satu jenis produk atau jasa, biasanya identitas visual tersebut diwakili oleh sebuah bentuk logo. Merek produk atau jasa akan mudah untuk dikenali konsumen hanya dengan melihat logo yang dipasang.

Desain Antar Muka (User Interface)

Pengguna layar, keyboard dan mouse berinteraksi dengan perangkat atau aplikasi. Desain antar muka (UI) dibentuk agar pengguna dapat dengan mudah untuk menjalankannya. User Interface (UI) berfokus untuk menyeimbangkan estetika tampilan dan fungsi teknis.

Desain Grafis Periklanan

Perusahaan yang bergerak dibidang penjualan produk, tentu berharap produk mereka dikenal oleh masyarakat luas dan hal ini bergantung kepada pemasaran dan iklan.

Pemasaran dan periklanan memiliki tujuan untuk membujuk dan mengajak masyarakat untuk membeli produk yang ditawarkan lewat iklan.

Sudah pasti desain mengenai konten produk tersebut dikemas dalam bentuk visual semenarik mungkin, agar menimbulkan ketertarikan dari produk yang dipasarkan.

Publisher

Dalam sebuah industri, publisher adalah alat untuk berkomunikasi dengan masyarakat melalui distribusi publik, bagian ini sering juga disebut industri media cetak.

Produk dari publisher adalah buku, Koran, majalah dan katalog, namun belakangan ini penerbitan digital lebih digandrungi daripada produk cetak.

Desain grafis yang terjun ke dunia publisher ini, tidak terlepas dari kerjasama dengan editor yang membentuk sebuah tata letak disertai dengan seni.

Motion Grafis

Motion grafis merupakan bagian dari desain grafis yang memadukan antara tipografi, ilustrasi, fotografi dan videografi. Perpaduan di bidang motion grafis akan menghasilkan sebuah gambar animasi yang bergerak dan memiliki tujuan yang sama dengan desain grafis.

Desain Kemasan (Packaging)

Fungsi dari kemasan selain untuk melindungi sebuah produk, bisa juga digunakan sebagai alat komunikasi langsung kepada konsumen.

Setiap bentuk kemasan seperti botol, kaleng kotak adalah sebuah kesempatan untuk menceritakan tentang produk di dalam kemasan tersebut.

Grafis Lingkungan

Bentuk visual yang dipasang di area luar ruangan dapat mempengaruhi orang untuk lebih mengingat atau menjadi sebuah navigasi. Contohnya adalah rambu-rambu lalu lintas, larangan terhadap suatu tempat dan penunjuk arah.

Infografis

Penyajian data dengan konsep visual yang terdiri dari tipografi, fotografi dan sentuhan ilustrasi yang menarik pembacanya.

 

Berikan Komentar:
Categories: Aplikasi Tekno
Muhammad Iqbal: Berpengalaman 11 tahun sebagai seorang desain grafis dan saat ini termotifasi untuk mengedukasi masyarakat lewat tulisan tentang seni desain grafis.