Ini 10 Penyebab Kulit Kering Paling Umum Yang Belum Diketahui

4
Penyebab kulit kering
6 Makanan yang Bikin Kulit Kering, Kusam dan Cepat Keriput - Beauty ... Fimela.com

Kitakini.News – Tak hanya pada bagian wajah, kondisi kulit kering bisa terjadi pada bagian tubuh mana saja, seperti pada tangan, kaki, dan area perut. Bagi anda yang pernah mengalami kondisi ini, mungkin sering mengeluhkan masalah gatal-gatal, pecah-pecah dan mudah terkelupas. Meski tak membahayakan, masalah kulit satu ini tetap saja dapat mengganggu dan merusak penampilan. Nah, sebelum mencari cara mengatasi kulit kering. sebaiknya anda mengetahui dulu penyebab kulit kering yang terjadi.

Berikut penyebab kulit kering paling umum terjadi

1. Kurang minum air putih

Penyebab utama kulit kering yang paling umum bisa terjadi karena kurangnya minum air putih. Tubuh membutuhkan asupan cairan yang cukup untuk menjaga kelembapan kulit. semakin sedikit air putih yang anda minum, maka kulit anda pun juga akan semakin kering.

2. Pemakaian sabun yang salah

Pemakaian sabun yang salah juga dapat membuat kulit menjadi kering lho. Meski dapat membersihkan kulit, sabun yang mengandung surfaktan, yaitu senyawa kimia golongan keras yang memiliki pH basa, Dapat menghilangkan minyak alami dalam kulit. agar tidak salah pakai sabun! coba lihat kemasan nya terlebih dahulu, mengandung surfaktan atau tidak?

3. Salep jerawat dan retinol

Salep atau krim jerawat yang memiliki kandungan retinol, asam glikolat, asam salisilat, dan benzoil peroksida bisa membuat kulit anda jadi kering dan mengelupas lho. meski terbukti ampuh mengatasi jerawat, pada saat yang bersamaan Bahan kimia pada salep tersebut juga mampu menghilangkan kelebihan minyak pada kulit. Jadi, hal ini juga merupakan penyebab kulit kering yang wajar dan umum terjadi bagi siapapun yang menggunakan salep tersebut.

4. Suhu panas

Terkena paparan suhu panas yang terlalu lama juga dapat menjadi salah satu penyebab kulit kering yang paling umum terjadi. Tak hanya karena kelamaan berjemur atau beraktivitas dibawah terik matahari, tapi termasuk juga paparan suhu panas dari kompor, pemanas ruangan, atau mandi air panas sekalipun. Hal ini dikarenakan temperatur yang panas dapat membuat minyak alami kulit makin cepat kering.

5. Keseringan cuci tangan

Kebiasaan mencuci tangan memang hal baik untuk membunuh kumat dan mencegah kontaminasi silang. Akan tetapi jika dilakukan terlalu sering, minyak alami kulit akan ikut luntur dan membuat tangan anda terasa kering.

6. Menggosok badan dengan handuk setelah mandi

Mandi dapat membantu melembabkan kulit. namun, jika setelah mandi anda langsung mengosok badan dengan handuk sampai kering, kelembapan tersebut dapat hilang dan menyebabkan kulit menjadi kering.

7. Bertambahnya usia

Semakin bertambahnya usia, maka semakin tipis dan makin kering kulit seseorang. Perubahan ini tentu wajar terjadi pada setiap orang. makin tua seseorang makin berkurang hormon yang diproduksi oleh tubuh. Penurunan hormone tersebut meliputi hormon-hormon yang berhubungan dengan kesehatan kulit.

8. Perubahan cuaca

Perubahan cuaca juga sangat berpengaruh terhadap tingat kelembapan udara. Kelembapan udara yang terlalu rendah akan menyebabkan kekeringan kulit. jadi, makin rendah kelembapan udara maka kulit akan makin terasa kering. Hal ini biasanya terjadi jika suhu dingin.

9. Salah pakai pelembab

Pelembab memang memegang peranan penting dalam perawatan kulit kering. Namun, sudahkah anda memilih pelembab yang tepat sesuai kondisi kulit anda? para ahli menyarankan, bagi anda pemilik kulit kering untuk memilih produk yang ringan, bebas pewangi atau alkohol. Tekstur pelembabnya sebaiknya juga kental dan berminyak agar dapat menahan kelembapan kulit anda.

10. Penyakit kulit

Selain itu, Penyebab kulit kering juga bisa terjadi karena mengalami penyakit kulit tertentu, seperti dermatitis atopik atau psoriasis misalnya. Dimana Kondisi ini biasanya akan muncul masalah seperti bersisik serta kemerahan pada kulit anda.

 

 

Mutiara Hikmah

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here