BNNP Sumut Musnahkan Barang Bukti, 18,5 Kg Sabu dan 1.857 Butir Ekstasi

BNNP Sumut memusnahkan barang bukti Narkotika jenis sabu 18,5 Kg, 1.857 butir pil ekstasi dan 312 pil happy five, dengan cara dibakar menggunakan mesin Incenerator.

11
BNNP Sumut musnahkan barang bukti
Petugas saat memasukkan barang bukti Narkoba yang akan dimusnahkan ke dalam mesin Incenerator. (foto : BNNP Sumut)

Kitakini.news – Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumut memusnahkan barang bukti berupa 18,5 Kg sabu, 1.857 butir pil ekstasi dan 312 pil happy five. BNNP Sumut musnahkan barang bukti itu dengan cara dibakar menggunakan mesin Incenerator, di halaman Kantor BNNP Sumut, Rabu (8/05/2019).

Kepala BNNP Sumut, Brigjen Pol Atrial mengatakan, barang bukti yang dimusnahkan merupakan hasil pengungkapan terhadap dua kasus berbeda dengan total jumlah tersangka 8 orang.

Seperti kasus pada 5 April 2019, diamankan tiga tersangka dengan barang bukti sabu seberat lebih kurang 10 Kg. Ketiga tersangka adalah SL alias S (38), ZH (49) dan E (39).

“Total tersangka ada delapan orang dari dua kasus berbeda. Sebagian barang bukti kita sisakan untuk barang bukti sidang di pengadilan dan uji Labfor,” ujar Atrial didampingi Kepala Bidang Pemberantasan Narkotika AKBP Agus Halimudin.

Kemudian, kata Atrial, kasus kedua yang berhasil diungkap yakni pada 13 April 2019. Saat itu pihaknya berhasil mengamankan lima tersangka diantaranya KAH alias DK (35) yang merupakan narapidana Lapas Tanjung Gusta Medan. Dia sebagai pengendali peredaran sabu jaringan internasional dari dalam Lapas.

“DK merupakan narapidana Narkotika yang dijerat dengan hukuman 8 tahun penjara dan dia pengendali Narkoba jaringan internasional dari Malaysia. Barang bukti yang diamankan berupa 9 kilogram sabu, 1.900 butir pil ekstasi dan 330 pil happy five,” ucap Atrial.

Selain DK, ungkap Atrial, pihaknya juga mengamankan 4 tersangka lainnya yang merupakan kurir masing-masing berinisial I (27), SZ (43), SH (38) dan PJ alias B (29).

Baca Juga : BNN Gagalkan Peredaran Ganja 400 Kg dari Medan di Depok

BNNP Sumut Musnahkan Barang Bukti, Tapi Tidak Semuanya

Atrial bilang, tidak semua barang bukti Narkoba yang berhasil diamankan BNNP Sumut dimusnahkan. Sebab, sebagiannya digunakan sebagai barang bukti di pengadilan.

“Atas perbuatannya, tersangka melanggar pasal 114 ayat (2), pasal 112 ayat (2) Jo pasal 132 Undang – Undang RI No 35 tahun 2009 tentang Narkotika. Para tersangka terancam dengan hukuman seumur hidup maksimal hukuman mati,” pungkas jenderal bintang satu tersebut.

Sebelumnya, BNNP Sumut telah memusnahkan 8,1 Kg barang bukti Narkotika jenis sabu di Kantor BNNP Sumut, Jalan Williem Iskandar, Kecamatan Percut Sei Tuan Selasa (9/04/2019).

Kepala Bidang (Kabid) Pemberantasan Narkotika Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumut, AKBP Agus Halimudin menjelaskan, pemusnahan Narkotika tersebut untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan seperti penyalahgunaan maupun menyusutnya barang bukti.

“Barang bukti Narkoba yang dimusnahkan berjumlah 8.139 gram. Disisihkan 272 gram untuk keperluan persidangan,” ungkapnya kepada wartawan mewakili Kepala BNNP Sumut Brigjen Pol Atrial.

Reporter : Syahrial Siregar
Editor : Khairul Umam

Mutiara Hikmah

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here