Gak Susah! Ini Cara Mengatasi Bibir Kering Dan Pecah-Pecah Dengan Mudah Dan Ampuh

45
Cara mengatasi bibi kering dan pecah-pecah
Bibir Kering dan Pecah-Pecah, Bagaimana Cara Mengatasinya? - Semua ... Tabloid Nova - Grid.ID

Kitakini.News – Masalah bibir kering dan pecah-pecah bisa terjadi kapan saja dan pada siapa saja. Bagi wanita, kondisi ini bukan hanya mengganggu penampilan, namun juga  membuat bibir terasa perih, tidak nyaman dan bahkan berdarah. Meskipun demikian, masih banyak wanita yang belum mengetahui cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah dengan mudah.

Sebenarnya kondisi bibir kering dan pecah-pecah menandakan bahwa bibir dalam kondisi  kurang lembab. Jika dibiarkan berlarut-larut, hal ini dapat mengganggu kesehatan bibir.

Lalu bagaimana cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah?. Silahkan baca artikel ini hingga selesai untuk mengetahuinya.

Baca juga : Ini cara ampuh mengecilkan pori-pori diwajah

Cara Mudah Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-pecah

Pada dasarnya, bibir tidak memiliki kelenjar minyak seperti kulit pada bagian tubuh lainnya. Kondisi ini tentu saja menjadikan bibir lebih mudah kering dan rentan mengalami  pecah-pecah.

Banyak faktor dapat menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah serta mengalami gangguan lainnya. Beberapa diantaranya disebabkan karena kondisi lingkungan seperti cuaca atau suhu ruangan, kondisi tubuh yang sedang mengalami penyakit tertentu, atau kebiasan buruk seperti merokok, mengkonsumsi minuman beralkohol dan bersoda.

Namun Anda tidak perlu khawatir saat mengalami bibir pecah-pecah dan kering. Sebab beberapa rekomendasi cara dibawah ini dapat Anda gunakan untuk mengatasinya.

1. Menggunakan Minyak Zaitun

cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah dengan minyak zaitun

Minyak zaitun memiliki banyak khasiat untuk kecantikan, salah satunya sebagai pelembab alami bibir. Kandungan Asam lemak dalam minyak zaitun sudah terbukti mampu membantu mengatasi bibir kering dan pecah-pecah, serta membuat bibir menjadi lembut dan kenyal.

Cara menggunakan Minyak zaitun untuk mengobati bibir kering dan pecah-pecah juga tergolong mudah. Cukup oleskan minyak zaitun secukupnya pada bibir dua kali sehari.

2. Minum Air Putih yang Cukup

cara mengatasi kulit kering ddan pecah-pecah dengan minum air putih

Salah satu penyebab bibir kering yaitu karena kekurangan cairan atau dehidrasi. Maka dari itu cara terbaik mengatasi bibir kering dan pecah-pecah adalah dengan memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Caranya yaitu dengan minum cukup air, minimal 8-10 gelas perhari.

3. Perbanyak Mengkonsumsi Makanan Kaya Vitamin dan Mineral

Cara mengatasi bibir kering dengan makanan bervitamin
5 Manfaat yang Bisa Anda Dapatkan dari Vitamin B Kompleks – Beauty …
Fimela.com

Cara mengatasi bibir kering selanjutnya yaitu dengan memperbanyak konsumsi makanan yang megandung vitamin B dan vitamin C. Vitamin B dipercaya dapat membantu mengatasi bibir kering dan pecah-pecah dengan mudah. Contoh makanan yang kaya vitamin B adalah makanan sumber protein seperti unggas, ikan, dan kacang-kacangan.

Vitamin C juga sudah dikenal sangat ampuh dalam melawan sariawan dan bibir pecah-pecah karena mengandung Antioksidan yang tinggi. Contoh makanan yang mengandung vitamin C yairu buah jeruk, mangga, pepaya, dan sayuran hijau.

4. Kurangi Mengonsumsi Makanan Asin dan Pedas

Ngidam Makanan Manis, Asin, atau Pedas? Ini Penjelasannya – MataBangsa MataBangsa

Ternyata sering mengonsumsi makanan asin atau pedas bisa menyebabkan bibir semakin kering lho. Bagi Anda penggemar makanan asin atau pedas, sebaiknya kurangi atau hentikan untuk sementara waktu sampai bibir benar-benar sehat.

Tidak hanya itu, makanan pedas juga dapat membuat tenggorokan semakin kering, yang akan menyebabkan Anda menjadi cepat haus dan mudah dehidrasi.

5. Hindari Minuman Berkafein

Terlalu sering minum minuman yang mengandung kafein seperti kopi atau minuman bersoda serta minuman energi dan alkohol ternyata bisa membuat bibir menjadi kering dan pecah-pecah. Tidak hanya itu, minuman tersebut juga dapat memperberat kerja sistem pencernaan.

6. Cara Mengatasi Bibir Kering dengan Scrub Bibir

Cara Mengatasi Bibir Kering dengan Scrub | AsmaraKu
AsmaraKu

Cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah selanjutnya yaitu dengan rajin melakukan scrub bibir. Mengosok bibir dengan scrub bertujuan untuk mengelupas sel-sel kulit mati dan mengurangi bibir pecah-pecah. Saat ini ritual scrub bibir juga sudah menjadi trend perawatan wajah masa kini.

Caranya mudah, Anda hanya perlu mencampurkan dua sendok makan gula pasir dan 1 sendok teh madu asli. Aduk hingga merata, lalu oleskan pada bibir dan gosokkan secara perlahan. Biarkan sebentar, kemudian cuci dengan air hangat.

7. Cara Mengatasi Bibir Kering dengan Pelembab Bibir

cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah menggunakan lip balm

Salah satu tips mengatasi bibir kering yang paling mudah dan praktis yaitu dengan menggunakan lip balm atau pelembab bibir secara rutin setiap hari. Gunakan pelembab bibir yang mengandung tabir surya setiap beraktivitas diluar ruangan untuk mencegah efek paparan sinar UV yang dapat menyebabkan bibir menjadi kering dan pecah-pecah.

8. Hindari Kebiasan Bernapas dari Mulut

Bolehkah Bernapas Lewat Mulut? – 1Health.ID
1Health.ID

Bagi Anda yang punya kebiasaan bernapas dari mulut, sebaiknya segera dihentikan.  Bernapas melalui mulut akan membuat bibir menjadi mudah kering. Tidak hanya kering, bila terus-menerus dilakukan hal ini juga bisa membuat bibir pecah-pecah.

9. Hindari Kebiasan Menjilat Bibir

Cara Mengatasi Bibir Kering saat Puasa agar Tetap Menawan – OkayDoc.com
www.okaydoc.com

Menjilat bibir dengan tujuan untuk melembabkan bibir adalah cara yang salah. Bibir yang basah karena air ludah akan membuat penguapan semakin cepat. Akibatnya, bibir akan mengalami kekeringan. untuk itu, bagi anda yang sering menjilat bibir sebaiknya segera hentikan kebiasaan ini.

Editor : Ummi Fatih

Mutiara Hikmah

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here