Ratusan Personel Buru Napi Rutan Siak yang Kabur Hingga Wilayah Perbatasan

Ini semua dilakukan untuk mencari dan mengantisipasi napi yang kabur pasca kerusuhan di Rutan Siak Sri Indrapura, Sabtu (11/5/2019) dini hari tadi.

0
napi rutan siak
Ratusan narapidana di Rutan Siak yang berhasil diamankan pasca kerusuhan untuk tidak melarikan diri. (Foto : Merdeka).

Kitakini.news – Kepolisian Resor Kota Pekanbaru meningkatkan pengamanan dengan menurunkan ratusan personel ke perbatasan wilayah ibu kota dengan Kabupaten Siak, pasca kerusuhan di Rutan Siak yang menyebabkan puluhan napi Rutan Siak kabur, Sabtu (11/5/2019) dini hari.

“Kita lakukan pemeriksaan dengan menurunkan seratusan anggota Polresta Pekanbaru, pemeriksaan dilakukan terhadap semua kenderaan yang masuk ke kota Pekanbaru baik itu dari pintu masuk Kecamatan Tenayan Raya, pintu masuk Kecamatan Rumbai dan pintu masuk Kecamatan Rumbai Pesisir,” ujar Kapolresta Pekanbaru, Kombes Pol Susanto saat dilansir Antara, Sabtu (11/5/2019).

Kombes Susanto mengatakan, secara geografis, Pekanbaru dan Siak adalah dua wilayah bertetangga. Sedikitnya ada tiga pintu masuk utama yang diperketat pengawasan oleh jajarannya.

Ketiga titik itu adalah jalan lintas Siak-Pekanbaru via Kecamatan Tenayan Raya, selanjutnya via Rumbai dan Rumbai Pesisir. Susanto yang memimpin langsung kegiatan itu memeriksa semua kendaraan yang masuk dari arah Siak. Baik itu angkutan umum dan pribadi seperti bus, truk, kenderaan roda empat dan kenderaan roda dua.

Baca Juga : Antisipasi Kejahatan Jalanan, Polrestabes Medan Tingkatkan Patroli

“Ini semua kita lakukan untuk mencari dan mengantisipasi napi yang kabur pasca kerusuhan di Rutan Siak Sri Indrapura,” kata Susanto.

Kapolda Riau Tinjau Rutan Siak

Sementara itu, Kepala Kepolisian Daerah Riau, Irjen Pol Widodo Ekoprihastopo meninjau lokasi kerusuhan di Rutan Siak, dan menyebabkan puluhan napi Rutan Siak kabur tersebut.

“Kita berusaha masuk ke dalam, kondisi kebakaran sudah dipadamkan oleh pemadam kebakaran Kabupaten Siak. Alhamdulillah tidak ada korban manusia,” kata Kapolda Riau.

Saat ini kata Kapolda, jajarannya sedang melakukan negosiasi dengan warga binaan yang masih tersisa di dalam rutan. Hal tersebut terkait evakuasi maupun pemindahannnya ke tempat atau rutan daerah lain.

Dikatakannya juga bahwa saat ini sudah ada sekitar 110 warga binaan yang sudah dievakuasi ke Gedung Serbaguna Maharatu. Sementara jumlah keseluruhan warga binaan di Rutan Siak adalah sebanyak 648 orang.

Editor : Khairul Umam

PESAN TOKOH

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here