Bibir Kering Dan Pecah-Pecah? Ternyata Ini Penyebabnya!

0
penyebab bibir kering dan pecah-pecah
Merawat Bibir Kering | Digital Medical Hello

Kitakini.News – Bibir kering dan pecah-pecah umum terjadi pada siapa saja, terutama jika anda memiliki jenis kulit kering. Mungkin sebagian orang beranggapan bahwa penyebab bibir kering karena kurang minum air putih. Padahal penyebab bibir kering dan pecah-pecah bukan karna itu saja lho! itulah mengapa seseorang tetap memiliki masalah bibir kering meskipun sudah banyak minum.

Bibir kering membuat tampilan bibir jadi tak sedap dipandang, sehingga menurunkan rasa percaya diri. Apa lagi saat memakai lipstick, pasti hasil nya tak seindah bibir yang lembap dan sehat. Untuk mengatasi bibir kering, kita perlu tahu! Selain dehidrasi,  apa kira-kira penyebab bibir kering ?

Beberapa penyebab bibir kering

Kurang minum air putih

Seperti yang sudah disinggung diatas, salah satu penyebab bibir kering yaitu dehidrasi atau kurang minum air putih. Pada bibir tidak tidak terdapat kelenjar minyak seperti yang dimiliki kulit sehingga bibir lebih mudah kering. Untuk cara mengatasi nya anda perlu minum minimal 8-10 gelas air perhari.

Tidak dilindungi

Bukan hanya wajah yang perlu dilindungin oleh Sunscreen, tapi bibir juga. Ketikan hendak membeli pemerah bibir entah itu berbentuk lip balm, liptint, lipgloss, lipstick, atau lainnya. Carilah yang mengandung SPF. Selain itu, anda juga perlu melindungi kelembaban bibir sepanjang ahri dengan mengoleskan petroleum jelly atau beeswax. Pakai setiap hari, terutama ketika cuaca sedang dingin karena suhu rendah sering membuat bibir lebih cepat kering.

Sering menjilat bibir

Penyebab bibir kering dan pecah-pecah juga bisa disebabkan karena sering menjilat bibir. Air liur yang oleskan dari lidah ke bibir Anda bisa mengikis lapisan kulit bibir yang tipis dan menghilangkan kelembapan alaminya. Di dalam air liur terdapat kandungan enzim yang berfungsi untuk membantu Anda mencerna makanan, bukan untuk memberikan kelembapan tambahan bagi bibir Anda. Air liur akan dengan cepat mengering setelah terkena kontak dengan udara luar, sehingga membuat bibir kembali kering dan mengelupas.

Pasta gigi

Sebelum membeli pasta gigi coba periksa kandungan pasta gigi yang anda pakai. Bila mengandung sodium lauryl sulphate (SLS), maka cobalah menggantinya dengan yang bebas bahan tersebut. SLS merupakan sebuah zat yang dapat mencuri kelembaban alami bibir. selain itu, anda juga perlu memeriksa produk lai yang diaplikasikan ke bibir. prosuk berbahan dasar alkohol dapat menyebab kan bibir kering (dehidrasi)

Minum terlalu banyak alkohol

Selain itu, minum terlalu banyak alkohol bisa menjadi menyebab bibir kering dan pecah-pecah juga lho. akibatnya mengganggu jalannya proses penyerapan vitamin dalam tubuh sehingga anda tidak bisa memenuhi asupan vitamin yang cukup.

Terlalu banyak mengonsumsi garam

Garam memiliki kemampuan mengikat cairan yang ada dalam tubuh. Kondisi ini dapat membuat tubuh dehidrasi sehingga bibir pun ikut mengering. Untuk menghindarinya, anda perlu membatasi makanan bergaram tinggi seperti junk food dan makanan instan lainnya. Jangan lupa, porbanyak konsumsi buah dan sayur.

Kandungan lipstick yang tidak cocok

Banyak orang yang tak memerhatikan kandungan lipstick yang digunakan. Penyebab bibir kering bisa saja berasal dari pemakaian lipstik yang di dalamnya terdapat kandungan yang tidak cocok dengan kulit bibir kering kita. untuk mencegahnya, anda bisa mengaplikasikan lip balm sebelum atau sesudah memakai lipstick.

Mengigit bibir

Sering kali perasan gugup atau cemas akan membuat seseorang menggigit bibir untuk memusatkan konsentrasi. Jangan jadikan kebiasaan! Karena hal ini dapat membuat bibir iritasi, pecah-pecah, bahkan berdarah.

 

 

PESAN TOKOH

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here