Jangan Dibuang! Ternyata Air Beras Simpan Manfaat Luar Biasa Untuk Kecantikan Kulit Dan Wajah

0
manfaat air beras untuk kecantikan
Ini manfaat air beras yang perlu diketahui, ternyata untuk kecantikan juga bisa.

Kitakini.News – Sering kali saat mencuci beras kita langsung membuang airnya. Padahal, tanpa disadari! Air beras yang sering kita buang memiliki banyak manfaat luar biasa untuk kecantikan dan merawat kulit serta wajah. Salah satu manfaat dari air beras yaitu dapat membantu mencerahkan kulit yang kusam. Air beras mengandung vitamin, mineral dan asam amino yang sangat bermanfaat untuk kulit. Termasuk asam ferulat, yang merupakan antioksidan hebat dan allantoin, yang dikenal karena sifat anti-peradangannya. Selain itu, apa saja sih manfaat air beras untuk kecantikan?

Manfaat Air Beras untuk Kecantikan

Pembersih Wajah

Air cucian beras juga bisa di manfaatkan untuk membersihkan wajah lho. Caranya sangat mudah, ambil air cucian beras yang kedua lalu celupkan kapas kedalam air beras dan oleskan secara merata pada wajah. Setelah itu, biarkan wajah kering untuk memastikannya benar-benar meresap. Kemudian, bilas wajah dengan air biasa sampai benar-benar bersih. Lakukan setiap hari secara rutin sebagai perawatan untuk mendapatkan kulit yang lembut, kencang dan bercahaya.

Baca Juga : Bibir Kering Dan Sering Pecah-Pecah? Ternyata Ini Penyebabnya!

Toner Wajah

Selain itu, air beras juga bisa digunakan sebagai toner, setelah membersihkan wajah menggunakan produk pencuci wajah. Caranya, celupkan kapas kedalam air beras lalu usapkan seluruh kulit wajah. Air beras ini akan membantu memperkecil pori-pori serta mengencangkan kulitmu. Selain itu, air beras ini juga bisa membantu untuk menumbuhkan sel-sel kulit, menstimulasi aliran darah dan menjaga kulit agar tetap lembut dan cerah bercahaya.

Meringankan Iritasi Pada Kulit

Mengoleskan air beras pada ruam atau peradangan kulit mampu membantu menenangkan kulit secara alami. Penelitian dermatologi yang dilakukan pada pasien yang mengalami eksim atopik (kulit kering, pecah-pecah, gatal dan kemerahan) menunjukkan bahwa berendam pada air beras selama 15 menit dan dilakukan 2 kali sehari dapat membantu mengurangi iritasi secara signifikan.

Baca Juga : Gak Susah! Ini Cara Mengatasi Bibir Kering Dan Pecah-Pecah Dengan Mudah dan Ampuh

Menyembuhkan Eksim

Komponen pati pada air beras dipercaya bermanfaat untuk meredakan efek eksim yang ada pada kulitmu. Caranya, celupkan kain atau handuk bersih kedalam air beras. Kemudian, tepuk-tepuk di sekitar kulit yang terkena lakukan selama beberapa menit dan biarkan sampai mengering.

Menghilangkan Jerawat dan Bekas jerawat

Manfaat air beras selanjutnya yaitu dapat menghilangkan jerawat dan juga membantu memudarkan bekas jerawat yang membandel. Air beras mengandung allantoin, sehingga dapat mengurangi produksi minyak berlebih yang menjadi salah satu penyebab jerawat. Selain itu, air beras juga berfungsi sebagai astringent pada kulit, mengencangkan pori-pori, dan mencegah kembali munculnya jerawat.

Meredakan Sunburn

Air beras juga bisa digunakan untuk meredakan peradangan dan kulit yang terbakar sinar matahari. Kandungannya akan membantu untuk menyembuhkan luka lebih cepat dan mencegah kerusakan lebih lanjut. Pada saat digunakan, dianjurkan untuk menggunakan air beras yang dingin.

Itulah beberapa manfaat luar biasa air beras untuk kecantikan kulit dan wajah beserta cara-cara yang sangat mudah dan bisa kamu lakukan sendiri dirumah.

Editor : Khairul Umam

PESAN TOKOH

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here