Panglima TNI: Sumut Barometer Stabilitas Indonesia

Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto menilai Sumatera Utara menjadi barometer stabilitas keamanan Indonesia di wilayah bagian barat dan Marsekal Hadi Tjahjanto pun mengajak seluruh elemen bangsa untuk sama-sama menjaga stabilitas keamanan bangsa.

6
stabilitas indonesia
Kapolsek Medan Sunggal Kompol Yasir Ahmadi menjadi imam sholat Magrib saat Panglima TNI dan Kapolri menggelar Safari Ramadhan di Lanud Suwondo, kemarin. (foto : Polda Sumut)

Kitakini.news – Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan, Provinsi Sumatera Utara (Sumut) merupakan barometer stabilitas Indonesia di wilayah bagian barat. Untuk itu, personel TNI-Polri harus ekstra ketat menjaganya, terutama pasca dilangsungkannya Pemilu 2019.

“Keragaman yang kita miliki seharusnya dapat menjadi kekuatan. Karena hal ini sudah dirumuskan oleh pendiri bangsa, sesuai semboyan Bhinneka Tunggal Ika,” ujar Panglima saat melaksanakan Safari Ramadan bersama Kapolri, Jenderal Pol Tito Karnavian di Pangkalan Udara Lanud Suwondo Medan, Selasa (14/5/2019) sore.

Dalam sambutannya, Panglima TNI mengaku, selain bersama Kapolri, kedatangannya ke Kota Medan juga ditemani para sahabatnya antara lain para Kyai dan juga para Habib. Ia juga menyampaikan, Kota Medan sendiri merupakan kota keempat yang dikunjungi dalam safari Ramadan ini.

“Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh prajurit TNI-Polri atas terlaksananya Pileg dan Pilpres 2019 dengan aman, damai dan demokratis,” ungkapnya.

Semua Pihak Harus Jaga Stabilitas Indonesia

Marsekal Hadi Tjahjanto mengingatkan, saat ini tahapan Pemilu belum selesai dan baru akan diumumkan secara resmi oleh KPU pada 22 Mei 2019 mendatang. Oleh karena itu, ia mengajak semua pihak untuk terus mejaga suasana kesejukan yang ada di masyarakat.

“Karena di tengah bulan Ramadan ini, bangsa Indonesia masih merasakan politik yang hangat dan memengaruhi dinamika bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” sebutnya.

Menurut Marsekal Hadi Tjahjanto, semua pihak harus menjunjung tinggi tahapan yang sudah dirumuskan dalam konstitusi. Karenanya, bila ada kekurangan, maka harus dikoreksi dalam hal yang diatur pada konstitusional pula.

Baca Juga : Polda Riau Mutasi Lima Wakapolres dan 10 Kapolsek

“Semoga bulan Ramadan bisa menjadi bulan pemersatu bagi kita semua,” pungkas Hadi.

Sebelumnya, Pangdam I/BB, Mayjen TNI MS Fadhilah dalam sambutannya mengatakan, bahwa suasana di Sumut saat ini masih aman dan kondusif. Terlebih lagi pasca Pemilu. Menurutnya, hal ini bisa terjadi atas terjalinnya sinergitas antara TNI-Polri dan segenap komponen bangsa.

“Semoga dalam suasana Ramadan ini bisa memberi kesejukan untuk menatap masa depan yang lebih baik,” ucap Mayjen TNI MS Fadhilah.

Reporter : Syahrial Siregar
Editor : Khairul Umam

Mutiara Hikmah

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here