Segudang Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kecantikan dan Cara Memakainya

33
Manfaat minyak zaitun untuk kecantikan
7 Keuntungan Mengonsumsi Minyak Zaitun Saat Perut Kosong POPBELA.com

Kitakini.News – Selain dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, Minyak zaitun juga punya segudang manfaat untuk kecantikan wajah. Tanaman asli mediterania ini memang  mengandung banyak senyawa yang sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan. Sebut saja vitamin E, K, lemak (omega 9, omega 6, omega 3, dan lemak jenuh) phenolic dan zat besi.

Menurut penelitian, dalam 100 Mililiter Minyak zaitun terkandung total 884 kalori dan total lemak 100 gram yang dapat memenuhi 153 persen kebutuhan lemak harian tubuh. Meski kandungan lemak didalam minyak zaitun terbilang tinggi, tapi sebagian besar kandungan lemak tersebut merupakan asam lemak tak jenuh tunggal, yang merupakan lemak baik.

Manfaat minyak zaitun untuk kecantikan kulit wajah

Manfaat Minyak zaitun untuk kecantikan terutama dalam hal perawatan kulit wajah sudah tidak perlu diragukan lagi. Sebab sejak zaman dahulu, Minyak zaitun sudah digunakan sebagai salah satu bahan alami untuk mempercantik kulit dan wajah. Berikut beberapa manfaat Minyak zaitun untuk kecantikan kulit wajah.

1. Mengatasi Kulit Kering

Minyak zaitun mengandung vitamin E yang sangat tinggi, sehingga sangat baik untuk melembabkan kulit. Minyak zaitun harus menjadi salah satu bahan wajib dalam rangkaian perawatan wajah bagi pemilik kulit kering. Cara menggunakannya sangat mudah. Anda dapat menjadikannya sebagai masker ataupun campuran scrub.

Selain pada wajah, anda juga bisa menggunakan minyak zaitun pada seluruh badan. Minyak zaitun dapat menggantikan fungsi body lotion. Dengan menggunakannya pada seluruh tubuh, anda akan memiliki kulit yang sehat dan lembab serta tidak perlu khawatir terhadap serangan radikal bebas. Sebab selain mengandung Vitamin E, Minyak zaitun juga mengandung anti-oksidan yang bermanfaat untuk mengatasi radikal bebas sehingga  mampu mengurangi peradangan pada kulit.

Meski penggunaan minyak zaitun memang lebih disarankan untuk pemilik kulit kering, bukan berarti minyak zaitun tidak dapat digunakan untuk tipe kulit lain. Pemilik kulit normal juga boleh, akan tetapi kebutuhannya tidak sebanyak atau sesering pemilik kulit kering.

2. Menghaluskan Kulit Wajah

Manfaat lain minyak zaitun untuk kulit wajah yaitu dapat menghaluskan wajah. Untuk menghaluskan kulit wajah secara maksimal, Anda dapat menggunakan minyak zaitun yang dicampur dengan buah pepaya dan menjadikannya sebagai masker.

Enzim papain dalam pepaya dapat membantu meregenerasi kulit. Sementara vitamin A, C, dan E dalam Pepaya berfungsi sebagai antioksidan dan turut membantu menutrisi, melembabkan dan menghaluskan kulit wajah. Tidak hanya itu, Pepaya juga akan bertindak sebagai sunscreen atau tabir surya alami bagi kulit wajah anda.

Cara menghaluskan kulit wajah dengan minyak zaitun :

  • Haluskan buah pepaya secukupnya.
  • Campurkan dengan 2 sdm minyak zaitun hingga merata.
  • Oleskan pada wajah secara merata.
  • Diamkan selama 30 menit.
  • Kemudian bilas dengan air hangat.
  • Lakukan secara rutin sehari sekali untuk mendapat hasil yang maksimal.

3. Menyembuhkan Jerawat

Minyak zaitun merupakan obat herbal alami yang mampu mengatasi gangguan jerawat karena mengandung berbagai nutrisi yang mampu mempercepat proses penyembuhan.

  • Kandungan anti-bakteri pada Minyak zaitun mampu menyembuhkan jerawat karena infeksi bakteri.
  • Sifat anti-inflamasi pada Minyak zaitun berguna untuk menyembuhkan jerawat sekaligus bekasnya.
  • Antioksidan dalam minyak zaitun yaitu polifenol dapat mengeluarkan racun dari dalam tubuh, serta mencegah segala macam jenis infeksi yang biasa terjadi saat berjerawat.
  • Sifat non-comedogenic Minyak zaitun juga tidak menyumbat pori-pori kulit wajah yang menjadi tempat bersarangnya bakteri.

Cara menyembuhkan jerawat dengan minyak zaitun :

  • Oleskan minyak zaitun secukupnya pada area wajah berjerawat.
  • Pijat wajah dengan lembut dan perlahan dengan tekanan yang cukup.
  • Lakukan selama 5 menit, dan biarkan selama 15 menit.
  • Bersihkan wajah menggunakan kain lap bersih, lembab dan hangat.
  • Setelah itu, Ulangi pijatan selama beberapa kali lagi.
  • Untuk hasil yang maksimal, lakukan cara ini dua kali seminggu setiap sebelum tidur.

4. Mengecilkan Pori-pori Wajah

Pori-pori wajah yang besar kerap kali mengganggu penampilan, karena akan menimbulkan banyak minyak dan dapat memicu timbulnya komedo. Kandungan zat Linoleic dalam Minyak zaitun ternyata sangat bermanfaat untuk mengecilkan pori-pori diwajah sekaligus  mencegah munculnya minyak. Caranya, oleskan Minyak zaitun di area pori-pori kulit yang besar dan berminyak setiap hari sebelum tidur.

5. Mengencangkan Kulit Wajah

Selain mengecilkan pori-pori, zat Loinoleic di dalam Minyak zaitun juga akan membantu menjaga kadar air pada kulit wajah sehingga kulit tidak keriput pada usia dini. Selain itu, kandungan anti-oksidan yang disebut Polifenol juga dapat membantu melindungi sel-sel kulit wajah dari kerusakan.

Cara mengencangkan kulit wajah dengan minyak zaitun :

  • Campurkan minyak zaitun dan madu secukupnya.
  • Oleskan pada seluruh wajah, biarkan beberapa menit hingga meresap.
  • Lakukan pijatan sebentar, lalu cuci muka dengan air hangat.

5. Manfaat Minyak Zaitun untuk Menebalkan Alis

Manfaat minyak zaitun selanjutnya yaitu dapat menebalkan alis secara alami. Minyak zaitun mengandung vitamin E yang dapat memelihara kesehatan rambut dan menyuburkan rambut.

Caranya mudah, cukup oleskan Minyak zaitun secukupnya pada alis, pijat perlahan agar minyak zaitun meresap ke akar rambut alis. Lakukan setiap hari secara rutin menjelang tidur. Biarkan semalaman, lalu cuci di esok pagi.

Untuk hasil yang maksimal, gunakan Minyak zaitun yang benar-benar alami dan belum tercampur bahan kimia.

6. Memanjangkan dan Menebalkan Bulu Mata

Selain dapat menebalkan alis, Minyak zaitun juga bermanfaat untuk memanjangkan dan menebalkan bulu mata. Cara memakainya juga mudah, cukup dengan mengoleskan minyak zaitun menggunakan cotton but dengan hati-hati dan jangan sampai mengenai mata. Untuk hasil maksimal, lakukan setiap hari menjelang tidur.

7. Mengatasi Bibir Hitam dan Kering

Khususnya wanita, pasti merasa kurang percaya diri dengan tampilan bibir yang hitam, kering dan terlihat tidak sehat. Nah, Kandungan vitamin E dan vitamin K pada minyak zaitun bisa digunakan untuk mengatasinya.

Caranya mudah, cukup oleskan Minyak zaitun pada bibir secukupnya sambil dipijat-pijat lembut selama 5 sampai 10 menit. Lakukan setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

8. Manfaat Minyak Zaitun untuk Menghilangkan Mata Panda

Mata panda adalah kondisi menghitamnya area kelopak mata. Hal tersebut tentu terkesan sangat mengganggu penampilan wajah. Untuk mengatasinya, Anda juga bisa menggunakan minyak zaitun. Caranya, oleskan Minyak zaitun perlahan pada bagian kelopak mata. Lakukan secara rutin sampai mata panda benar-benar hilang.

9. Menghilangkan Kutil Diwajah

Tak hanya jerawat, kutil diwajah juga sangat mengganggu penampilan. Kutil diwajah adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh bakteri yang masuk kedalam sel kulit sehingga  menyebabkan iritasi dan menimbulkan rasa gatal yang amat sangat. Ketika digaruk, biasanya iritasi akan semakin parah dan malah menimbulkan rasa sakit. Untuk mengatasinya, Anda juga bisa memaanfaatkan minyak zaitun lho.

Caranya mudah, oleskan langsung Minyak zaitun pada bagian kutil dan diamkan beberapa menit. Lakukan secara rutin sehari 3 kali, yakni pagi hari, siang dan malam hari sebelum tidur. Pastikan untuk membersihkan wajah terlebih dahulu sebelum mengaplikasikannya.

Manfaat Minyak Zaitun untuk Kecantikan Lainnya.

Selain bermanfaat untuk kecantikan wajah, Minyak zaitun juga memiliki banyak manfaat untuk kecantikan anggota tubuh lainnya. Berikut ulasan lengkapnya.

1. Manfaat Minyak Zaitun untuk Menghilangkan Stretch mark

Manfaat minyak zaitun dapat menghilangkan Stretch mark
Stretch marks – NHS

Minyak zaitun juga bermanfaat untuk menghilangkan stretch mark pasca melahirkan ataupu mengalami kenaikan berat tubuh. Anda bisa mengatasi stretch mark dengan menggunakan Minyak zaitun sebagai minyak pijat. Kombinasi pijitan lembut dan Minyak zaitun bisa meningkatkan aliran darah sehingga menolong pergantian sel baru. Dengan ini, masalah Strech mark dapat dengan mudah diatasi.

2. Membersihkan Kotoran Telinga

manfaat minyak zaitun dapat memebersihkan kotoran telinga
Bolehkah Membersihkan Telinga dengan Korek Kuping? Ini Kata Ahli …
Sains Kompas

Kotoran telinga berlebih memang dapat membuat sesorang tidak nyaman. Jika Kamu memiliki banyak kotoran telinga yang menumpuk, gunakanlah minyak zaitun untuk membersihkannya. Minyak zaitun akan mengangkat kotoran telinga yang bekerak sehingga mudah keluar. Caranya, teteskan sedikit minyak zaitun ditelinga sebelum tidur. Lakukan selama 3-4 malam berturut-turut.

3. Merawat Kesehatan Rambut

manfaat minyak zaitun dapat merawat kesehatan rambut
Cara Membuat Rambut Kuat dari Akar sampai Ujung Rambut | Cara Membuat Resep Cantik
caramembuatresepcantik.blogspot.com

Jika rambut anda sering diwarnai, diluruskan, dikeriting, atau apapun itu yang bertujuan untuk memperindah rambut dengan penggunaan obat kimia, tentu akan membuat rambut menjadi lebih mudah rusak. Kerusakan yang biasa terjadi yaitu, patah-patah, mudah rontok, kering dan bercabang.

Untuk menghindari atau merawat kesehatan rambut, anda juga dapat menggunakan minyak zaitun. caranya, oleskan Minyak zaitun secara rutin pada rambut. Sebab, kandungan vitamin E pada Minyak zaitun sangat bermanfaat untuk memelihara kesehatan rambut.

Tidak hanya itu, penggunaan rutin Minyak zaitun pada rambut juga dapat membuat rambut Anda semakin tebal dan berkilau secara alami.

Bagi Anda yang mengalami kebotakan, manfaat Minyak zaitun juga sangat bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan rambut. Oleskan saja Minyak zaitun pada area yang botak secara rutin setiap hari.

Editor : Ummi Fatih

Mutiara Hikmah

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here