Ini Manfaat Menakjubkan Minyak Zaitun Untuk Rambut Yang Belum Diketahui!

47
manfaat minyak zaitun untuk rambut

Kitakini.News – Minyak zaitun memang dikenal sebagai salah satu bahan alami yang memiliki banyak manfaat. Sebelumnya mungkin anda sudah sering mendegar penggunaan minyak zaitun untuk berbagai masalah wajah. tak hanya wajah, ternyata minyak zaitun juga punya banyak manfaat menakjubkan untuk kesehatan rambut lho.

Kandungan vitamin E, vitamin A dan vitamin K pada Minyak zaitun sangat baik untuk perawatan rambut, karena dapat menutrisi rambut dan menjadikan rambut tetap sehat. Nah, jika memiliki rambut yang sehat, Kamu akan lebih mudah memilih model rambut yang sesuai denganmu. Penasaran apa-apa saja manfaat minyak zaitun untuk rambut?, yuk cari tau disini!.

Manfaat minyak zaitun untuk rambut

Manfaat Minyak zaitun memang sudah dikenal sejak dahulu untuk perawatan kecantikan. Namun untuk perawatan rambut, masih banyak wanita Indonesia yang belum mengetahuinya. Berikut beberapa manfaat Minyak zaitun untuk rambut yang harus Kamu ketahui.

1. Dapat Mengurangi Ketombe

manfaat minyak zaitun untuk rambut dapat mengatasi ketombe
Sederet Bahan Alami yang dapat Membasmi Ketombe Membandel
kanal247.com

Manfaat pertama minyak zaitun untuk rambut adalah sebagai obat anti-ketombe. penggunaan minyak zaitun pada kulit kepala dapat membantu mengurangi serpihan ketombe yang sangat menggangu.

Caranya juga sangat mudah, cukup pijatkan Minyak zaitun pada kulit kepala dan diamkan selama 20 menit. Lalu, sisir rambut agar serpihan ketombe rontok dan berkurang. Selain itu, Anda juga bisa mencampurkan minyak zaitun dengan perasaan air lemon untuk cara mengatasi ketombe yang lebih cepat.

Perlu diingat, penyebab ketombe bermacam-macam sehingga tidak semua jenis ketombe dapat dihilangkan menggunakan minyak zaitun. Jika ketombe tak kunjung hilang setelah perawatan rambut  dengan minyak zaitun, sebaiknya dibarengi juga dengan perawatan lain seperti shampo anti-ketombe.

2. Menguatkan Rambut

Rambut menipis, akibat rambut rontok yang tak kunjung usai?, Jangan khawatir. Yuk coba perawatan rambut menggunakan minyak zaitun untuk mendapatkan rambut yang kuat dan sehat.

Caranya, campurkan Minyak zaitun dengan kuning telur, lalu oleskan pada rambut secara merata. Kandungan protein, vitamin dan Asam lemak pada keduanya mampu menguatkan folikel serta batang rambut sehingga tak mudah patah dan bercabang.

3. Mempercepat Pertumbuhan Rambut

Manfaat minyak zaitun untuk rambut selanjutnya adalah dapat memanjangkan rambut dengan mudah dan aman tanpa menimbulkan efek samping. Caranya, aplikasikan Minyak zaitun keseluruh rambut sembari memijat kulit kepala selama beberapa menit. Setelah itu diamkan sekitar 30 menit sebelum membilasnya dengan shampo.

4. Mengatasi Rambut Kering dan Bercabang

Manfaat minyak zaitun untuk rambut dapat mengatasi rambut kering dan bercabang
Solusi Rambut Rusak Karena Rebonding Secara Alami
penumbuhrambuttradisional.com

Rambut kering dan bercabang adalah tanda bahwa rambut sedang rusak. Rambut yang kering biasanya lebih sulit untuk ditata, dikeriting atau diluruskan. Hal ini mungkin disebabkan karena kurangnya kandungan keratin pada kutikula (lapisan terluar) rambut.

Manfaat minyak zaitun untuk rambut berfungsi untuk menjaga kandungan keratin dan kutikula rambut sehingga tetap terjaga kelembapannya dan terhindar dari rambut kering dan bercabang.

Cara penggunaannya juga tergolong mudah, cukup oleskan Minyak zaitun dari akar hingga ujung rambut sambil dipijat-pijat lembut. Diamkan selama 30 menit, kemudian bilas rambut dengan air. Ini merupakan salah satu cara terbaik untuk mengatasi rambut kering dan bercabang.

5. Sebagai Kondisioner Rambut

Bagi Anda yang masih takut menggunakan produk perawatan rambut seperti kondisioner yang mengandung bahan kimia, Anda dapat menggunakan Minyak zaitun sebagai gantinya. Caranya mudah banget kok, Anda hanya perlu menghangatkan Minyak zaitun kemudian mengoleskannya pada rambut yang telah dikeramas. Setelah itu, bungkus rambut menggunakan shower cap dan diamkan sekitar 10 -15 menit. Jika sudah, bilas rambut untuk menghilangkan sensasi licin atau berminyak pada rambut. Setelahnya anda akan rasakan rambut yang terasa halus dan lembab.

6. Baik untuk Rambut Bayi

Bayi memiliki kulit yang sensitif dan lebih mudah terkena iritasi. Untuk itu, memilih perawatan rambut untuk bayi tentunya tidak boleh sembarangan. Salah satu manfaat Minyak zaitun untuk rambut ternyata adalah aman dan baik untuk perawatan kulit bayi.

Jadi, sebagai orang tua Anda tidak perlu khawatir lagi untuk mencoba perawatan rambut menggunakan minyak zaitun pada bayi. Karena perawatan ini hampir tidak menimbulkan efek samping sama sekali.

7. Mengatasi Rambut Singa

manfaat minyak zaitun untuk rambut dapat mengatasi rambut yang mengembang

Rambut yang terlalu mengembang seperti singa tentu dapat mengurangi rasa percaya diri.  Salah satu cara mengatasinya adalah dengan menggunakan Minyak zaitun.

Cara menggunakan Minyak zaitun untuk rambut mengembang adalah dengan mengaplikasikan Minyak zaitun yang telah dihangatkan keseluruh rambut. Kemudian pijat lembut kepala selama beberapa menit, lalu diamkan Selama 20 menit. Jika sudah, bilas rambut menggunakan shampo hingga bersih.

8. Menghilangkan Kutu Rambut

Jangan sepele terhadap kutu, tidak hanya membuat tak nyaman karena menyebabkan rasa gatal, tapi juga berpotensi menyebabkan iritasi kulit kepala dan juga kerusakan rambut.  Salah satu manfaat minyak zaitun untuk rambut ternyata juga dapat membantu menghilangkan kutu rambut.

Caranya menggunakan minyak zaitun untuk menghilangkan kutu adalah dengan mengaplikasikan Minyak zaitun ke kulit kelapa dan ke seluruh bagian rambut, kemudian bungkus kepala selama kurang lebih 3 jam dengan handuk. Setelah itu, bilas rambut menggunakan shampo dan keramaslah sambil menyisir rambut anda untuk membersihkan sisa kutu. Lakukan secara rutin 2 kali seminggu sampai kutu benar-benar habis.

Editor : Ummi Fatih

Mutiara Hikmah

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here