KPU Umumkan Hasil Pilpres Dini Hari, Pengamat : Tak Beretika

KPU tiba-tiba saja mengumumkan hasil Pemilu 2019 termasuk Pilpres 2019 Selasa (21/5/2019) dini hari WIB. Hal itu mendapatkan kritikan sejumlah pihak termasuk netizen dan pengamat.

0
kpu umumkan hasil pilpres
Ketua KPU RI Arief Budiman (dua kanan) bersama Ketua Bawaslu Abhan (dua kiri) serta perwakilan dari Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf. (Foto : merdeka.com)

Kitakini.news – Langkah KPU umumkan hasil Pilpres 2019 Selasa (21/5/2019) dini hari mendapat reaksi keras dari sejumlah pihak. Langkah Komisi Pemilihan Umum (KPU) tersebut disebut sebagai langkah tidak beretika.

“KPU itu sangat tidak punya etika. Kenapa dibilang begitu, karena, awalnya KPU berjanji mengumumkan hasil dari pemilu sebelumnya tanggal 22 Mei. Media pun sudah menggencarkan berita-berita tersebut. Ketika ada ‘keterbelahan’ Indonesia antara kubu Jokowi dan Prabowo, jadi orang-orang dari kubu Prabowo merasa ditipu,” ujar Pengamat Politik dari Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), Shohibul Anshor Siregar, Selasa (21/5/2019).

Kepada Kitakini News, dia mengakui, tindakan KPU dalam mata hukum dinyatakan sah, namun keliru dalam etika.

“Dari kacamata hukum memang sah, dari Undang-Undang memang tidak salah, Tapi dari etika, dinilai kurang dan malah jadi memperkeruh suasana,” ujarnya lagi.

Bahkan sebut Shohibul, cara KPU dalam mengumumkan hasil Pemilu 2019 tersebut akan menjadi polemik dan mengarah ke radikalisasi.

“Ini memang jadi persoalan karena cara itu bisa membuat radikalisasi. Situasi sekarang sudah terpecah-belah, kenapa KPU malah memperkeruh? Di sini Saya rasa sebagian besar dari pendukung Prabowo merasa ditipu,” jelasnya.

Dia menilai, KPU seharusnya menjalankan prinsip demokrasi dengan baik. Banyaknya sorotan atas kinerja KPU yang dinilai sarat dugaan kecurangan harusnya tidak malah diperburuk dengan langkah tidak beretika tersebut.

”Dia (KPU) sedang diterpa dengan sorotan tindak kecurangan. Dia harus menunjukkan data-data akurat untuk menampik kecurangan,” ucapnya.

Baca Juga : Wakil Ketua DPR Ini Sindir Polisi Soal Terbit-Tarik SPDP Prabowo

Ini Komentar Lucu Tapi Kritis Netizen Pasca KPU Umumkan Hasil Pilpres Dini Hari

Sejumlah netizen seperti pengguna Facebook turut berkomentar pasca KPU umumkan hasil Pilpres 2019, Selasa (21/5/2019) dini hari.

“Sebutkan profesi perkerjaan yg dilakukan jam 2 Malam.? 1.Begal.” tulis pemilik akun Iwan Maulana bermaksud meminta komentar pengguna Facebook lain atas pertanyaannya itu.

Pemilik akun Anom Malik‎ memberikan komentar yang lebih pedas. “Ngumumin hal sangat penting untuk negara, seperti ngawinin pasangan yang hamil duluan takut ketahuan tetangga Kenapa diumumkannya tengah malam dan diem-diem?” ucapnya.

Sementara pemilik akun Dewa Eka Prayoga menghubungkan pengumuman tersebut dengan bulan Ramadan.

“Positive thinking aja… Kan puasa itu gak boleh bohong, makanya pengumumannya tengah malem aja, pas lagi gak puasa” ujarnya dengan menambahkan tagar DEMOCRAZY.

Kontributor : Rivan Adzhari
Editor : Khairul Umam

PESAN TOKOH

5 KOMENTAR

  1. Astaghfirullahaladzim, ya Allah moga engkau buktikan mana yg terdzalimi dan yg mendzalimi. Karna Engkau maha tahu dan maha kuasa atas segala sesuatu amiiiiiiin

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here