Polda Sumut Tetapkan Status Siaga I Hingga 25 Mei Mendatang

Mabes Polri telah menetapkan status siaga I terhadap 33 provinsi jajarannya, termasuk juga di Polda Sumut yang memberlakukan status siaga I sampai 25 Mei 2019.

15
status siaga I
Polri tingkatkan kewaspadaannya dengan menerapkan status siaga I pasca pengumuman hasil rekapitulasi Pemilu 2019 oleh KPU. (foto : cnnindonesia)

Kitakini.news – Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia (Mabes Polri) menetapkan status siaga I terhadap 33 jajaran Kepolisian Daerah (Polda) yang ada diseluruh Indonesia.

Kasubbid Penmas Polda Sumut, AKBP MP Nainggolan mengatakan, status siaga satu ini juga turut berlaku bagi Polda Sumut yang ditetapkan sejak tanggal 22 Mei hingga 25 Mei mendatang.

“Benar, saat ini kepolisian di republik termasuk Polda Sumut telah memberlakukan siaga satu,” ujar Nainggolan kepada sejumlah wartawan, Kamis (23/5/2019).

Nainggolan mengungkapkan, latar belakang dikeluarkannya siaga satu ini sudah melewati proses pertimbangan oleh Mabes Polri. Yang pasti, hal itu dilakukan untuk mengantisipasi potensi kerusuhan yang dapat terjadi dalam aksi demonstrasi pascapenetapan rekapulasi oleh KPU.

“Kepolisian kan harus siap. Apalagi sudah diketahui adanya kekisruhan dalam aksi-aksi demonstrasi. Jadi itu semua sudah dipertimbangkan,” jelas Nainggolan.

Nainggolan merinci, dalam siaga satu ini Polda Sumut telah menyiapkan empat kompi kerangka yang terdiri dari tiga kompi personel pria dan satu kompi personel Polwan. Satu kompi tersebut terdiri dari 100 sampai 120 orang personel.

“Selain itu, satu kompi kerangka ini terdiri dari tiga unit pleton. Dimana untuk satu pleton, terdiri dari 31 orang personel kepolisian,” ungkap Nainggolan.

Mantan Kapolres Nias Selatan tersebut mengatakan, personel ini akan standby di Mapolda Sumut. Kalau sewaktu-waktu Karo Ops menggerakkan, maka personel ini akan diturunkan ke lapangan.

Baca Juga : Pengamat : Ada Framing Seolah-Olah Pendemo Punya Senjata Berat

“Begitupun, untuk jajaran Polres juga telah disiapkan personel dalam siaga satu ini. Kalau di tingkat polres hanya pleton kerangka,” pungkas Nainggolan.

Mabes Polri Tetapkan Status Siaga I Untuk Jakarta Sejak 21 Mei Lalu

Sebelumnya, Kepolisian Negara Republik Indonesia telah menetapkan status siaga I untuk Jakarta. Perlu diketahui, status siaga I itu merupakan situasi di mana pihak kepolisian menugaskan 2/3 kekuatannya dan meningkatkan kewaspadaan. Status siaga I ini berlangsung mulai 21 hingga 25 Mei.

Hal itu diketahui dari Surat Telegram Kapolri Jenderal Tito Karnavian kepada seluruh jajarannya yang bernomor 281/V/OPS.1.1.1/2019 dan ditandatangani oleh Asisten Kapolri bidang Operasi Inspekatur Jenderal Martuani Sormin serta diedarkan pada Senin (20/5/2019).

Hal itu dibenarkan oleh Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigadir Jenderal Polisi Dedi Prasetyo. Salah satu alasannya adalah terkait ancaman terorisme.

“Iya betul (siaga I),” paparnya seperti dilansir CNNIndonesia.com, Selasa (21/5/2019).

Editor : Khairul Umam

Mutiara Hikmah

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here