Jelang Idul Fitri, Kapolda Sumut Ikut Cek Harga Bahan Pokok di Pasar

Kapolda Sumut, Irjen Pol Agus Andrianto ikut mengecek harga kebutuhan pokok di sejumlah pasar tradisional dan modern di Kota Medan, hasilnya beliau menemukan harga bahan pokok masih stabil di Kota Medan.

0
bahan pokok jelang idul fitri
Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto (kiri) berinteraksi dengan salah satu konsumen disalah satu pusat perbelanjaan. (foto : Humas Polda Sumut)

Kitakini.news – Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1440 H, Kapolda Sumut, Irjen Pol Agus Andrianto mengecek harga bahan pokok jelang Idul Fitri di sejumlah pasar di Kota Medan. Agus Andrianto pun memastikan harga pokok bahan pangan di Sumatera Utara stabil.

Hal itu dikatakannya usai mengecek harga bersama pejabat instansi lain di pasar tradisional dan modern yang ada di Kota Medan, Selasa (28/5/2019).

Harga bahan pokok di Sumut khususnya di Medan itu stabil,” ujar Agus kepada sejumlah wartawan usai mengecek harga pasar.

Agus menyebutkan, dari pengecekan di beberapa pasar itu, terlihat memang ada perbedaan harga. Namun, perbedaan itu tidak membuat hambatan bagi konsumen.

“Memang ada perbedaan harga. Tapi kita tanya tadi sama komsumen dengan fasilitas yang berbeda, ternyata perbedaan harga itu tidak masalah dan masih terjangkau,” ungkap Agus.

Dengan perbedaan harga itu, sebut Agus, masyarakat dipastikan masih mampu untuk berbelanja.

“Artinya silahkan masyarakat sesuai dengan kemampuannya masing-masing untuk berbelanja dimana,” terang dia.

Kapolda juga meminta kepada masyarakat untuk tidak berbelanja dengan berlebihan. Karena, sebutnya, stok bahan pangan hingga tiga bulan ke depan masih ada.

“Jangan berlebihan, stok itu ada, harga juga tetap terjaga. Sampai tiga bulan stok itu ada, jadi gak usah kawatir, stok pangan yang ada di Sumut masih aman,” ucap dia.

Baca Juga : Amankan Hari Raya Idul Fitri, Polda Sumut Kerahkan 7.760 Personel

Harga Bahan Pokok Jelang Idul Fitri di Medan, Stabil

Sebelumnya, memastikan stok dan harga kebutuhan pokok jelang Idul Fitri stabil di pasar, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Khairul Syahnan, ST,MAP meninjau harga dan ketersediaan bahan kebutuhan pokok di Pasar Petisah dan Pusat Pasar, Senin (27/5/2019).

Dari hasil peninjauan itu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Khairul Syahnan mengungkapkan saat ini harga bahan kebutuhan pokok relatif stabil. Hanya daging ayam yang sedikit mengalami kenaikan.

“Harganya, saat ini relatif stabil. Hanya daging ayam yang sedikit mengalami kenaikan. Harganya, hari ini mirip seperti pada saat sebelum puasa,” ungkap Syahnan.

Diketahui harga bahan kebutuhan pokok seperti tomat Rp 12.000/kg, cabe merah Rp 44.000/kg, cabe rawit Rp.50.000/kg dan cabe hijau Rp 25.000/kg. Sedangkan bawang putih Rp 30.000/kg dan bawang merah Rp 36.000/kg.

Sementara daging sapi Rp 120.000/kg, daging kambing Rp 90.000, ayam potong Rp 34.000/kg, telur Rp 1.200-Rp 1.350/butir, gula pasir 12.500/kg dan minyak makan, Rp 11.000/liter. Sedangkan tepung terigu Rp 8000/kg, kacang tanah biasa Rp 22.000/kg dan kacang tanah kupas 28.000/kg. Adapun beras premium Rp 11.000/kg dan beras medium 14.000/kg.

Reporter : Syahrial Siregar

Editor : Khairul Umam

PESAN TOKOH

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here