Petisi Tolak Jokowi di Change.org Sepi Dukungan

Petisi online di situs change.org ditandatangani atau didukung sekitar 215 ribu lebih pada hari keenam pasca petisi tersebut diterbitkan.

0
petisi tolak jokowi change.org
Tangkapan layar petisi 'Masyarakat tolak Presiden terpilih 2019 Joko Widodo’ di situs change.org, Selasa (28/5/2019) pukul 15.00 WIB.

Kitakini.news – Petisi online ‘Masyarakat tolak Presiden terpilih 2019 Joko Widodo’ sepi dukungan. Hingga hari keenam petisi tolak Jokowi di change.org tersebut, jumlah pendukung atau yang menandatangani baru mencapai 215 ribu lebih.

Berdasarkan pantauan Kitakini News, Selasa (28/5/2019) pukul 15.00 WIB, petisi tersebut sudah mendapat respons 215.369 pendukung.

Peningkatan penandatangan petisi tergolong lambat dibandingkan sehari setelah petisi tersebut dimulai Rabu (22/5/2019) malam lalu. Seperti diketahui, sehari setelah petisi tersebut, sebanyak 150 ribu lebih menyatakan dukungan (tanda tangan). Namun, sejak itu hingga hari ini, penambahan hanya sekitar 60 ribu penandatangan.

Petisi tolak Jokowi di change.org diinisiasi seseorang dengan ‘nama’ Sy Ah

Seperti diketahui, di tengah hiruk-pikuk situasi politik di Indonesia pasca Pemilu 2019, muncul petisi tolak Jokowi ‘Masyarakat tolak Presiden terpilih 2019 Joko Widodo’ di situs change.org.

Petisi tersebut diunggah seseorang bernama Sy Ah. Dia menjelaskan penyebab kenapa petisi itu dibuat. Dia beralasan, penolakan Jokowi akan membuat rakyat kembali rukun, adil dan makmur.

“Menolak presiden terpilih periode 2019-2024 joko widodo. Agar rakyat kembali dalam kerukunan, adil dan dan makmur” demikian isi alasan petisi tersebut dibuat.

Petisi tersebut dibuat, Rabu (22/5/2019) malam. Sementara itu, dari pantauan KitaKini News, Kamis (23/5/2019) pukul 15.32 WIB, petisi tersebut sudah lebih 151 ribu pendukung atau menuju 200 ribu pendukung.

Namun menariknya, dalam petisi tersebut terdapat nama Fahri Hamzah, nama yang mirip dengan Wakil Ketua DPR RI. Pada kolom yang terdapat lambang Burung Garuda tersebut tertera sebuah tulisan “Fahri Hamzah: Masyarakat tolak Presiden terpilih 2019 Joko Widodo” demikian isi tulisan tersebut.

Lantas, apakah situs change.org tersebut? Dilansir dari Wikipedia, Change.org adalah sebuah situs web petisi yang dioperasikan oleh Change.org, Inc., sebuah Perusahaan bersertifikat B Amerika yang diklaim memiliki lebih dari 100 juta pemakai. Situs itu juga mentuanrumahi kampanye-kampanye yang disponsori oleh organisasi-organisasi.

Perusahaan-perusahaan yang meliputi Virgin America dan organisasi-organisasi yang meliputi Amnesty International dan Humane Society, membayar situs tersebut untuk membawakan dan mempromosikan petisi-petisi mereka.

Baca Juga : Sejumlah Tokoh di Sumut Dipanggil Polisi, Ini Komentar Gubernur Edy Rahmayadi

Misi Change.org adalah “menyemangati orang-orang dari manapun untuk membuat perubahan yang mereka ingin lihat”.

Topik-topik dari petisi-petisi Change.org adalah keadilan ekonomi dan kriminal, hak asasi manusia, pendidikan, perlindungan lingkungan hidup, hak asasi hewan, kesehatan dan pangan.

Editor : Khairul Umam

PESAN TOKOH

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here