Harus Tahu! Ternyata Ini Urutan Pemakaian Skincare Yang Benar

503
urutan pemakaian skincare yang benar
Cara Mengatasi dan Merawat Kulit Wajah Kering - Alodokter Alodokter

Kitakini.News – Pemakaian skincare atau produk perawatan kulit wajah menjadi salah satu hal penting dilakukan untuk menjaga kecantikan kulit wajah. Tidak hanya harus memilih produk yang tepat dan cocok dengan jenis kulit wajah, pemakaian skincare juga harus sesuai dengan urutan yang benar. Hal ini agar produk dapat terserap dengan baik oleh kulit wajah dan bisa mendapatkan manfaat maksimal dari produk yang digunakan.

Lalu, bagaimana sih urutan pemakaian skincare yang benar? Simak ulasannya dibawah ini untuk mengetahuinya!.

Baca juga : Rangkaian Skin care yang bagus untuk remaja

Urutan pemakaian skincare yang benar

1. Mencuci Muka dengan Sabun

Urutan pertama pemakaian skincare yang benar yaitu dengan mencuci wajah hingga bersih menggunakan sabun khusus wajah. Selain itu, pilihlah sabun pencuci muka yang cocok dengan kulit Anda.

Wajah yang bersih adalah kunci agar skin care selanjutnya yang akan Anda pakai mudah menempel dan meresap dengan baik kedalam kulit wajah.

2. Exfoliation atau Scrub Wajah

Salah satu penyebab wajah kusam yaitu karena menumpuknya sel kulit mati pada wajah. Untuk itu, mengeksfoliasi wajah perlu dilakukan agar wajah kembali terlihat muda dan segar. Pengelupasan kulit mati perlu dilakukan maksimal 3 kali dalam seminggu.

Anda bisa melakukannya dipagi atau malam hari setelah membersihkan wajah dengan sabun pembersih. Pilih dan gunakan scrub dengan butiran halus agar kulit wajah tidak iritasi.

3. Bersihkan wajah dengan toner

urutan pemakaian skincare selanjutnya pakai toner

Banyak orang yang melewatkan langkah yang satu ini dalam urutan pemakaian skin care. Padahal, toner sangat dibutuhkan untuk membuat wajah terasa lebih segar. Selain itu, toner juga dapat membantu mengecilkan pori-pori, serta menyiapkan kulit wajah agar dapat menerima produk skincare berikutnya yang akan anda pakai dengan baik.

4. Pakai Serum

Setelah menggunakan toner untuk membersihkan wajah, Anda bisa melanjutkannya dengan memakai serum wajah. Semakin sering Anda menggunakan serum, maka kulit wajah Anda akan menjadi lebih sehat.

Gunakan serum secara merata kekulit wajah kemudian tekan atau tepuk pelan wajah agar bahan aktif pada serum terlepaskan dan meresap kedalam kulit. Apalagi untuk serum yang berbahan dasar minyak, tak cukup jika hanya dioles tanpa ditepuk kewajah secara perlahan.

Baca juga : Ini manfaat serum untuk menghilangkan jerawat

5. Memakai Eye Cream

Jangan tunggu sampai garis halus muncul. Area bawah mata benar-benar sensitif dan membutuhkan kelembapan ekstra. Untuk itu, gunakanlah eye cream mulai dini untuk mencegahnya.

Penggunaan ini juga akan membantu membuat mata terlihat lebih segar lho. Eye cream telah dirancang khusus untuk kulit halus di area mata. Eye cream biasanya lebih banyak mengandung minyak, sehingga dapat membantu mencegah kekeringan dan penuaan di area mata.

6. Gunakan Pelembab (Moisturizer)

Alasan Kulit Berminyak Tetap Harus Pakai Pelembab Berita Sehatku

Tak hanya kulit kering, segala jenis kulit membutuhkan pelembab untuk menutrisi kulit. Moisturizer penting untuk menghidrasi kulit dan mencegah penuaan. Bagi anda si pemilik kulit kering bisa memilih oil atau cream moisturizer.

Sedangkan pemilik kulit berminyak sebaiknya pakai pelembab dengan gel ringan seperti produk-produk pelembab untuk remaja. Oleskan moisturizer dengan gerakan keatas dari leher ke arah dahi. Selain membantu pelembab agar terserap dengan sempurna, pijatan juga membantu melancarkan sirkulasi darah diwajah.

7. Menggunakan Tabir Surya

Setelah menggunakan pelembab, Anda dapat melanjutkan urutan pemakaian skincare dengan memakai tabir surya. Pemakaian tabir surya penting dilakukan dalam rutinitas perawatan wajah dan kulit di siang hari, khususnya saat beraktifitas diluar ruangan.

Mengoleskan tabir surya sekitar 15 menit sebelum terpapar sinar matahari dapat membantu melindungi wajah dari bahaya sinar matahari seperti kulit terbakar atau penuaan dini.

Itulah urutan pemakaian skincare yang benar yang dapat anda lakukan. Apakah selama ini urutan pemakaian skincare Anda sudah benar?. Jika belum, Anda dapat memperbaiki dengan urutan pemakaian skincare yang benar diatas ya.

Editor : Ummi Fatih

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here