Gus Irawan tak Hadiri Panggilan Polda Sumut

Politisi Partai Gerindra Gus Irawan Pasaribu belum hadiri panggilan Polda Sumut sebagai saksi kasus dugaan tindak pidana makar.

9
dugaan tindak pidana makar
Ketua Komisi VII DPR RI, Gus Irawan Pasaribu. (Foto : energyworld.co.id)

Kitakini.news – Ketua Komisi VII DPR RI, Gus Irawan Pasaribu tidak hadiri pemanggilan penyidik Ditreskrimum Polda Sumut kepadanya sebagai saksi perkara dugaan tindak pidana makar, Rabu (29/5/2019).

Informasi itu disampaikan Kasubbid Penmas Polda Sumut AKBP MP Nainggolan. “Dipastikan tidak hadir,” ujar MP Nainggolan, Rabu (29/5/2019))

Dia mengatakan, ketidakhadiran politisi Partai Gerindra itu tanpa ada pemberitahuan alasan ketidakhadiran kepada pihak penyidik.

“Yang bersangkutan (Gus Irawan) juga tidak ada memberi kabar baik secara tertulis ataupun lisan,” katanya.

Namun, dia mengatakan, pihaknya akan melakukan panggilan berikutnya. Sesuai prosedur surat panggilan kedua akan kembali dilayangkan Polda Sumut ke Gus Irawan. Namun, Nainggolan mengaku penyidik belum menentukan kapan pemanggilan akan dilakukan.

Baca Juga : Hanya Penegakan Hukum, Kapolda Sumut Bantah Kriminalisasi Ulama

“Nanti akan disesuaikan dengan waktu yang tepat dari yang bersangkutan,” ucap Nainggolan.

Ada dua Laporan Dugaan Tindak Pidana Makar yang Ditangani Polda Sumut

Sementara itu, Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Sumut, Kombes Pol Andi Rian Djajadi menyebutkan, dalam perkara dugaan tindak pidana makar, pihaknya menangani sebanyak dua laporan (LP).

Andi Rian bilang, untuk salah satu LP pihaknya sudah menetapkan dua orang tersangka. Sementara, satu LP lainnya masih dalam proses pemanggilan saksi-saksi, termasuk diantaranya adalah Gus Irawan Pasaribu. “Jadi masih proses pemanggilan saksi-saksi termasuk yang anda tanyakan tadi (Gus Irawan-red),” tukas Andi Rian.

Seperti diketahui, Gus Irawan Pasaribu dipanggil penyidik Ditreskrimum Polda Sumut sesuai dengan laporan bernomor LP/659/V/2019/Sumut/SPKT I, Tanggal 6 Mei 2019 oleh pelapor atas nama Fauzi Ramadhan Singarimbun.

Gus Irawan dipanggil untuk kelengkapan penyidikan di Unit 4 Subdit 1/TP Kamneg Ditreskrimum, pada Rabu (29/5/2019). Adapun perkara yang ingin dimintai keterangan oleh polisi dari Gus Irawan, ialah terkait dugaan tindak pidana makar.

Sementara itu, untuk LP dugaan tindak pidana yang sama, dua orang sudah ditetapkan sebagai tersangka. Selain itu beberapa orang dipanggil berstatus saksi. Polda Sumut juga telah melayangkan surat panggilan kepada Juru Bicara BPN, Dahnil Anzar Simanjuntak. Namun Dahnil tidak datang pada panggilan pertama, selanjutnya pihak penyidik Polda Sumut akan melayangkan surat panggilan berikutnya.

Reporter : Syahrial Siregar

Mutiara Hikmah

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here