Kebijakan Gubernur Riau Jelang Idul Fitri : Seluruh Mobil Dinas ASN Pemprov Riau Dikandangkan

Gubernur Riau, Syamsuar membuat kebijakan baru dengan melarang ASN menggunakan mobil dinas untuk mudik dan bahkan memerintahkan ASN untuk mengandangkan seluruh mobil dinas di Gedung Daerah, Riau selama libur lebaran.

0
Mobil dinas ASN dikandangkan
Sejumlah mobil dinas ASN Pemprov Riau sudah dikandangkan di Gedung Daerah, Jumat (30/5/2019). (foto : kitakini.news/ferry anthony)

Kitakini.news – Gubernur Riau, Drs. Syamsuar MS.i membuat kebijakan baru, memerintahkan agar seluruh mobil dinas ASN dikandangkan. Mulai 30 Mei 2019, Syamsuar telah memerintahkan seluruh ASN di lingkungan Pemprov Riau, mulai dari eselon II, III dan IV mengumpulkan mobil dinasnya di Gedung Daerah.

Tapi ironisnya, ASN Pemprov Riau masih dengan mengendarai sepeda motor pribadi. Ini akibat dari kebijakan Gubri Syamsuar mengandangkan mobil dinas ini terlalu dini.

Diberitakan sebelumnya Gubri Syamsuar mengeluarkan surat edaran kepada seluruh pejabat di lingkungan Pemprov Riau untuk tidak menggunakan kendaraan dinasnya saat libur lebaran nanti.

Surat edaran dari Gubernur Riau tersebut disebar ke seluruh OPD untuk dijalankan oleh pejabat di masing-masing OPD. Sehingga saat libur lebaran nanti tidak ada lagi kendaraan dinas yang digunakan untuk mudik.

“Bukan hanya dilarang untuk digunakan mudik, tapi juga kendaraan dinas itu harus dikumpulkan di Gedung Daerah. Itu kebijakan pak Gubernur dan pak Wakil Gubernur, jadi harus dipatuhi,” ujar Sekdaprov Riau, Ahmad Hijazi, Jumat (24/5/2019) lalu.

Hijazi menegaskan, sesuai surat edaran gubernur Riau tersebut, seluruh pejabat yang menggunakan mobil dinas harus memarkirkan mobilnya di gedung daerah selama libur lebaran nanti.

“Mobil dinas itu nanti dikumpulkan menjelang tanggal 30 Mei. Ini upaya untuk memastikan kendaraan tersebut memang tidak digunakan oleh pengguna barang untuk mudik lebaran,” imbuhnya.

Baca Juga : Astraworld Buat Pemudik Nyaman dan Aman Berkendara Lewat Aplikasi Anavigo

Hal yang sama juga disampaikan Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Riau, Syahrial Abdi. Menurutnya, mobil dinas terpaksa harus dikandangkan sesuai dengan instruksi Gubernur Riau.

“Atas perintah pak Gubernur bahwa pejabat atau ASN Pemprov Riau dilarang menggunakan kendaraan dinas untuk mudik lebaran. Pak Gubernur Riau menginstruksikan semua kendaraan dinas Pemprov Riau, termasuk mobdin Gubernur dan Wakil Gubernur Riau untuk dikandangkan di belakang rumah dinas Gubernur Riau. Kalau tak muat di sana, diletak di halaman kantor Gubernur,” kata Syahrial Abdi .

Pemko Pekanbaru Tidak Perintahkan Mobil Dinas ASN Dikandangkan

Jika Pemprov Riau mengandangkan seluruh mobil dinasnya di kediaman gubernur selama libur lebaran, namun tidak dengan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru.

Walikota Pekanbaru Firdaus mengatakan, mobil dinas pejabat boleh disimpan saja di rumah selama libur lebaran. Firdaus menegaskan bahwa ASN dilarang menggunakan fasilitas negara untuk kepentingan pribadi.

Lain pula dengan Pemkab Pelalawan, Bupati Pelalawan, HM Harris, mempersilahkan para pejabat memakai Mobdin untuk mudik. Asalkan masih di dalam wilayah Provinsi Riau.

Kendaraan plat merah diperbolehkan dibawa pulang kampung dan keluar dari Pelalawan, asal tidak melewati perbatasan alias sampai ke provinsi yang bertetangga dengan Riau.

“Mobil dinas bisa digunakan mudik oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pelalawan saat Lebaran 1440 H, jika hanya di dalam wilayah Provinsi Riau,” demikian imbauan Bupati Harris dalam rilis yang disiarkan Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Pelalawan.

Harris beralasan domisili para pejabat dan ASN Pelalawan tersebar di beberapa kabupaten dan kota di Riau. Sehingga pemakaian kendaraan yang merupakan aset negara itu tidak menjadi persoalan.

Sama halnya seperti tahun-tahun sebelumnya, Bupati Harris memang mengizinkan Mobdin dibawa pulang kampung oleh pegawai yang memakainya, meskipun tidak ada jaminan jika kendaraan itu akan dibawa tak akan dibawa ke luar Riau.

Kontributor : Ferry Anthony

PESAN TOKOH

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here