Puncak Arus Mudik, Diprediksi 46 Ribu Kendaraan Melintas di Ruas Tol Kualanamu-Tebingtinggi

Terjadi peningkatan jumlah kendaraan dari 26 ribu menjadi 46 ribu pada puncak arus mudik Idul Fitri mulai H-1 hingga H=1 lebaran.

9
arus mudik tol kualanamu-tebingtinggi
Ilustrasi kepadatan kendaraan di jalan tol saat arus mudik Lebaran. (Foto : liputan6.com)

Kitakininews – Pada puncak arus mudik Idul Fitri 1440 H/2019, sekitar 46 ribu kendaraan diprediksi melintas di ruas tol Kualanamu-Tebingtinggi.

Hal itu disampaikan Direktur Operasional Ruas Tol Medan-Kualanamu-Tebinggtinggi (MKTT), Agus Cholid. “Kalau hari biasanya ada sekitar 26 ribu kendaraan. Tapi pada puncak arus mudik bisa mencapai 46 ribu kendaraan,” ujar Agus Cholid, Jumat (31/5/2019).

Pengelola ruas Tol MKTT juga memprediksi, puncak kepadatan kendaraan pada libur Lebaran 2019 diprediksi terjadi pada H-1 hingga H+1. “Kami prediksi puncak arus akan terjadi pada tiga hari tersebut,” ucapnya lagi.

Untuk memperlancar arus mudik, pengelola ruas tol MKTT juga sudah mengoperasikan rest area untuk melayani pemudik. Agus menjelaskan, pendirian rest area tersebut untuk melancarkan mudik Lebaran 2019. Rest area tersebut terletak di KM 65-700.

“Rest area itu dapat diakses dari dua arah,” ungkapnya.

Agus juga mengatakan, sejumlah fasilitas disiapkan untuk memenuhi kebutuhan pemudik.

“Pada rest area tersebut kami sudah menyediakan berbagai fasilitas istirahat. Musala, toilet hingga tempat top-up kartu tol elektronik tersedia di tempat itu. Dan kami berharap warga memanfaatkan rest area tersebut untuk melancarkan perjalanan mereka,” jelasnya.

Arus mudik di Tol Kualanamu-Tebingtinggi Terjadi Mulai H-10

Agus menambahkan, data yang diperoleh menyebutkan pada arus mudik kali ini, kenaikan volume kendaraan menggunakan ruas tol Kualanamu-Tebingtinggi terus terjadi. Peningkatan volume kendaraan tersebut terjadi sejak H-10.

Baca Juga : Mudik Bareng BUMN 2019, Pelindo 1 Berangkatkan 6000 Warga Mudik Gratis

Hingga Jumat (31/5/2019) siang, jumlah volume kendaraan yang menggunakan ruas tol MKTT sudah mencapai 32 ribu. Jumlah tersebut diprediksi terus naik hingga masa puncak arus mudik.

Untuk memperlancar perjalanan, Agus mengimbau pemudik sudah melakukan top-up e-tol. Top-up selain melalui ATM ada gerai minimarket, bisa juga dilakukan di rest area.

“Kami mengimbau kepada pengguna jalan agar mengisi atau top up e-tol di rest area agar menghindari antrean panjang,” ucap Agus.

Untuk diketahui, Idul Fitri hari pertama jatuh pada Rabu (5/6/2019). Sementara cuti bersama Lebaran dimulai Kamis (30/5/2019) hingga Minggu (9/6/2019).

Kontributor : Rivan Adzhari
Editor : Khairul Umam

Mutiara Hikmah

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here