Menang TKO dari Anthony Joshua, Andy Ruiz Jr Raih Empat Sabuk Juara Sekaligus

Mengejutkan. Andy Ruiz Jr berhasil menjatuhkan Anthony Joshua dan meraih kemenangan KO di ronde ketujuh.

25
anthony joshua kalah
Ekspresi Andy Ruiz Jr setelah menang KO dari Anthony Joshua di Madson Square Garden AS. (Foto : Getty Images)

Kitakini.news – Anthony Joshua sempat diperkirakan akan kembali menang mudah setelah menjatuhkan Andy Ruiz di ronde ke 3 pada pertarungan di Madison Square Garden, AS, Sabtu (1/6/2019) malam atau Minggu (2/6/2019) dini hari WIB. Namun, petinju asal Meksiko yang postur tubuhnya jauh lebih pendek itu malah menang TKO. Wasit Michael Griffin menghentikan laga tersebut di ronde ketujuh sebagai tanda Anthony Joshua kalah.

Kemenangan petinju asal Amerika berdarah Meksiko tersebut menjadi salah satu laga kekesalan tebesar dalam tinju kelas berat. Betapa tidak, pasca lawan AJ sebelumnya, Jarren Miller batal digelar karena tidak lolos tes obat-obatan, petinju dengan julukan Destroyer ini masuk sebagai pengganti.

Selain itu, AJ sang juara bertahan lebih difavoritkan menang. Namun kenyatannya, dalam proses kekalahannya tersebut, Anthony Joshua harus jatuh-bangun sebanyak empat kali menerima kombinas pukulan Andy Ruiz Jr. Dua kali jatuh di ronde ketiga, dan dua kali di ronde ke tujuh yang sekaligus mengakhiri perjuangannya.

Kemenangan Andy Ruiz Jr membuatnya kini merebut empat sabuk juara kelas berat sekaligus yakni, IBF, WBO and WBA dan IBO. Dia kini setara dengan Deontay Wilder, penyandang sabuk juara versi WBC.

“Aku hanya mau berterima kasih kepada Tuhan karena memberiku kemenangan ini. Tanpa dia (Tuhan) tidak akan mungkin. Dia (AJ) membuatku jatuh (ronde 3), tapi itu malah membuatku lebih kuat dan membuatku menginginkannya lebih lagi. Dan aku balik menjatuhkannya,” ujar Andy Ruiz usai pertandingan.

Kendati mendapat beberapa pukulan keras dari AJ, petinju dengan tinggi dan jangkauan 188 Cm itu tetap maju. Hal itu menurutnya karena darah pejuang Meksiko yang mengalir di darahnya.

“Karena jiwa pejuang Meksiko yang aku punya. Aku punya darah Meksiko mengalir di dalam diri. Berbicara tentang gaya Meksiko, aku membuktikannya, ” ucapnya.

Kunci kemenangannya menurutnya karena terus memburu AJ. Dia juga fokus mendengarkan instruksi dari tim pelatih.

“Aku mau memburu dia lagi, menghajar badannya, kepalanya. Mendengarkan rencana pertandingan dari pelatih, kami berhasil,” ungkapnya.

Kalah, Anthony Joshua sebut siap tarung ulang

Sementara itu, AJ yang mengambil alih mikrofon saat Andy Ruiz diwawancara mengucapkan selamat. Kekalahan tersebut merupakan yang pertama kali dirasakannya dari 23 pertandingan. Sebelumnya dia 21 kali menang KO dari 22 pertandingan.

“Penghormatan besar untuk Andy. Maaf, aku mengecewakan fans ku. Aku akan membuat langkah. Nikmati momen ini dan kami akan menjumpaimu lagi,” ucapnya.

Ditanya soal tanding ulang, dia mengaku tak keberatan. Namun yang terpenting kata dia, pulang dan merayakan kemenangan tersebut

“(Tarung ulang) tentu saja, tapi sekarang aku mau merayakannya (kemenangan). Aku telah membuat sejarah untuk Meksiko (juara kelas berat Meksiko-Amerika pertama). Ini mimpiku sejak enam tahun,” ungkapnya.

Sementara bagi Andy Ruiz Jr, kemenangan tersebut merupakan kemenangan KO ke 22 dari 33 kemenangan dan satu kekalahan sepanjang karirnya.

Mutiara Hikmah

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here