Waspadai Lonjakan Harga Bahan Pokok Menjelang Lebaran

Pemerhati Ekonomi Banjamin Gunawan mengingatkan masyarakat untuk berhati-hati terhadap lonjakan harga bahan pokok menjelang lebaran.

7
harga bahan pokok menjelang lebaran
Foto : Benjamin Gunawan, Pemerhati ekonomi

Kitakini.news – Pemerhati Ekonomi Benjamin Gunawan mengingatkan masyarakat terhadap lonjakan harga bahan pokok menjelang lebaran yang dapat terjadi sewaktu-waktu. Hal ini disampaikannya terkait pernyataan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita beberapa waktu lalu yang menyatakan bahwa harga sejumlah bahan pokok masih stabil bahkan cenderung menurun.

Benjamin mengatakan bahwa saat ini harga beberapa bahan pokok di pasar tradisional sedang beranjak naik.

“Memang beberapa komoditas yang disebutkan mendag tadi stabil harganya. Namun menjelang lebaran sebaiknya berhati hati. Karena sejumlah harga kebutuhan pokok berpeluang bergerak sangat liar.” Jelasnya kepada Kitakini News, Jumat (31/05/2019) sore.

Benjamin juga menyebutkan bahwa salah satu faktor penyebab terjadinya lonjakan harga bahan pokok menjelang lebaran adalah karena waktu libur yang terlalu panjang.

“Pasalnya terlalu panjang waktu liburannya. Libur sudah berlaku mulai tanggal satu Juni,  dan saya melihatnya potensi fluktuasi harga yang signifikan sangat berpeluang terjadi sampai lebaran usai nanti.” Jelasnya.

Baca juga : Stok Kebutuhan Pokok Jelang Lebaran di Kota Medan Stabil

Jelang Lebaran Harga Sejumlah Bahan Pokok di Medan Mulai Naik

Hingga H-3 Lebaran, harga sejumlah bahan pokok di pasar tradisional kota Medan sudah mulai naik. Cabai merah saat ini sudah berada dikisaran harga Rp 53.000 perkilo. Padahal sebelumnya harga cabai merah masih berada di angka Rp 40.000 perkilo-nya.

Menanggapi hal ini, Benjamin menyebutkan bahwa kondisi harga di pasar tradisional saat ini menunjukkan posisi yang tidak stabil sehingga harga bergerak sangat liar.

“Jadi harga yang terbentuk dipasar ini sudah memperlihatkan bahwa ada kecenderungan harga tersebut bergerak sangat liar. Liburan panjang ini membuat pedagang maupun petani memilih untuk beristirahat. Sehingga pasar tidak dalam posisi yang stabil atau ekuilibrium.” pungkasnya.

Untuk menghindari pengaruh lonjakan harga bahan pokok menjelang lebaran ini, Benjamin menimbau kepada seluruh masyarakat agar lebih bijak dalam berbelanja.

“Jadi tidak ada salahnya berbelanja lebih banyak untuk memenuhi kebutuhan hingga beberapa hari kedepan. Sejauh ini memang masih terbilang normal, tetapi sebaiknya bijak saat berbelanja di Lebaran nanti. Jangan sampai habis untuk hal yang tidak banyak manfaatnya. Apalagi lebaran nanti jumlah uang beredar itu banyak, kecenderungan harga juga kerap mengalami kenaikan.” Jelasnya.

Kontributor : Rivan Adzhari
Editor : Ummi Fatih

Mutiara Hikmah

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here