Puncak Arus Balik, Jalinsum di Deliserdang Dipadati Ribuan Kendaraan

Ribuan kendaraan baik roda dua dan roda emapt terlihat melintas di Jalinsum Ranjungmorawa-Lubukpakam Minggu 9 Juni 2018 sejak pagi. Banyaknya kendaraan yang melintas merupakan pertanda Minggu merupakan puncak arus balik Idul Fitri tahun ini.

0
puncak arus balik h+4
Jalinsum tepatnya di di simpang empat Timbangan atau Kelurahan Cemara Kecamatan Lubukpakam, Deliserdang dipadati kendaraan roda dua dan empat. (Foto : Edo).

Kitakini.news – Ribuan kendaraan memadati Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Tanjungmorawa-Lubukpakam pada puncak arus balik atau H+4 Idul Fitri 1440 H, Minggu (9/6/2019). Kepadatan kendaraan dari berbagai daerah semakin terlihat di simpang empat Timbangan atau Kelurahan Cemara Kecamatan Lubukpakam, Deliserdang.

Berdasarkan pantauan Kitakini News, jalan mulai ramai oleh kendaraan baik roda dua  maupun roda empat sejak Minggu (9/6/2019) pagi. Kepadatan semakin terjadi setelah matahari beranjak naik hingga sore. Padatnya kendaraan menyebabkan kemacetan karena sebagian memotong, tak sabar mendahului kendaraan lainnya yang lajunya tersendat. Kemacetan di Simpang Empat Timbangan Lubukpakam tak terhindarkan. Namun, kehadiran petugas Satlantas Polres Deliserdang yang terlihat kerepotan berhasil mengurai kemacetan.

Tidak hanya dipadati kendaraan roda empat, aktivitas pemudik dengan menggunakan kendaraan roda juga ternyata lebih mendominasi penyebab padatnya jalan tersebut. Apa lagi, sejumlah pengendara terlihat kurang mematuhi aturan lalu-lintas. Trotoar yang seyogianya digunakan pejalan kaki malah dilalui sepeda motor. Sebagian di antaranya  terlihat berkonvoi membuat pejalan kaki terpaksa mengalah memepersilahkan sepeda motor masuk ke jalur trotoar.

Selain itu, angkutan umum dan becak bermotor yang berhenti sembarangan menaikkan maupun menurunkan penumpangnya juga ikut menambah hiruk pikuk kepadatan di Simpang Empat Timbangan tersebut.

Jelang dan pasca puncak arus balik H+4, Polres Deliserdang operasikan enam pos

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Deliserdang AKP Budi Saputro saat dikonfirmasi terkait antisipasi lalu lintas pasca libur lebaran mengatakan kalau pihaknya sudah menyiagakan personelnya di titik-titik daerah yang sering terjadi kemacetan.

“Untuk kelancaran arus mudik dan arus balik, Polres Deliserdang sudah menempatkan personel,” kata dia, Minggu (9/6/2019).

Menurut Kasat Lantas, untuk pos pengamanan Ops Ketupat 2019 di wilayah hukum Polres Deliserdang sebanyak enam pos. Itu terdiri dari lima pos pengamanan dan satu pos pelayanan.

“(Pos) Pengamanannya terletak di  Jalinsum Desa Bangun Sari 1 pos. Simpang Kayu Besar 1 pos, di Terminal Lubukpakam 1 pos, Jalinsum Pagar Jati 1 pos. Jalan Sultan Serdang, Batang Kuis, 1 pos dan untuk pos pelayanan di Bandara KNIA 1,” ungkapnya.

Kontributor : Edo

PESAN TOKOH

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here