Langkah-Langkah Mudah Desain Blanko Sertifikat

0
desain blanko sertifikat
Langkah-Langkah Mudah Desain Blanko Sertifikat . (Grafis: Kitakini.news)

Kitakini.news – Sertifikat adalah pernyataan tertulis dari suatu lembaga yang berwenang, serta dapat digunakan sebagai bukti. Sertifikat juga bermacam-macam jenis, contoh: sertifikat kepemilikan rumah atau tanah, sertifikat akademis dan lain sebagainya. Desain blanko sertifikat juga memiliki format yang berbeda-beda, disesuaikan dengan kegunaannya.

Kertas yang digunakan untuk sebuah sertifikat juga berbeda dari kertas umumnya. Sertifikat umumnya di desain menggunakan font dan background yang harus diperhatikan lebih, namun ada beberapa tips membuat desain sertifikat tanpa ribet.

Langkah-Langkah Desain Blanko Sertifikat

Tentukan ukuran kertas yang akan digunakan: Ukuran kertas yang biasa digunakan untuk membuat sertifikat penghargaan adalah A4 (210 mm x 297 mm) dan F4 (215 mm x 330 mm). Kedua ukuran tersebut juga bukan hal yang baku, bisa saja menggunakan ukuran sesuai dari kebutuhan yang diinginkan.

Background dan bingkai: Tidak ada aturan khusus mengenai penggunaan background dan bingkai sebuah sertifikat. Gaya desain sebuah sertifikat akademis umumnya lebih bebas dibandingkan dengan sertifikat tanah atau rumah. Pemakaian bingkai, bisa dipakai bisa juga tidak.

Penggunaan warna: Sama seperti background dan bingkai, warna yang digunakan untuk sertifikat juga tidak ada aturan yang baku. Pemilihan warna untuk sebuah sertifikat, cukup disesuaikan dengan kebutuhan.

Aplikasi untuk mendesain sertifikat: Banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk mendesain sebuah sertifikat seperti Coreldraw, Adobe Photoshop, Power Point, MS-Word dan sebagainya.

Ide atau konsep: Menentukan ide atau konsep sebuah desain sertifikat, sebaiknya disesuaikan pula dengan konsep acara, kegiatan atau lembaga yang menaunginya. Agar tampilan materi terlihat menarik, jenis dan ukuran font dibedakan satu sama lainnya. Untuk nama lembaga dan nama orang yang menerimanya, ukuran font yang digunakan harus lebih besar dari teks lainnya.

Dari langkah-langkah tersebut di atas, pastikan tidak mendesain dengan gaya yang terlalu berlebihan. Desain di dalam sertifikat hanyalah memberikan sentuhan seni. Sedangkan esensi dari sertifikat itu sendiri adalah sama, pengakuan yang tertulis tentang kemampuan seseorang dalam suatu bidang.

Semakin minimalis sebuah desain sertifikat, maka akan terlihat semakin elegan dan terkesan lebih premium tanpa mengurangi kreatifitas seorang desainer grafis.

PESAN TOKOH

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here