Tidak Ditahan, Polda Sumut Fokus Lengkapi Berkas Ustadz Rafdinal dan Zulkarnain

Kasus dugaan makar yang menersangkakan Ustadz Rafdinal dan Zulkarnain tetap akan dilanjutkan Polda Sumut kendati penahanan keduanya ditangguhkan.

23
tersangka makar polda sumut
Wakil Ketua GNPF-Ulama Sumut, Rafdinal. (Foto : facebook/rafdinal inal)

Kitakini.news – Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Sumut saat ini sedang melengkapi berkas Ustadz Rafdinal dan Zulkarnain, tersangka dugaan perbuatan makar di Polda Sumut.

Hal itu disampaikan Kasubbid Penerangan Masyarakat (Penmas) Polda Sumut, AKBP MP Nainggolan.

“Penyidik sedang melengkapi berkas kedua tersangka,” ujar AKBP MP Nainggolan saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (11/6/2019).

Nainggolan mengatakan, jika nantinya sudah lengkap, penyidik secepatnya akan mengirim berkas keduanya ke pihak Kejaksaan Tinggi Sumut (Kejatisu).

“Secepatnya akan dikirim, kalau sudah lengkap dalam minggu ini juga dikirim,” ungkap Nainggolan.

Dia menegaskan, meski kedua tersangka ditangguhkan, penyidik tetap memproses perkara tersebut. Menurut Nainggolan, penanganan perkara itu dilakukan tanpa ada intimidasi.

“Sebagai catatan, perkara tetap lanjut dan kita bekerja terus tanpa ada intimidasi,” tegas Nainggolan.

Seperti diketahui, penyidik Ditreskrimum Polda Sumut menetapkan dua orang tersangka terkait kasus dugaan makar. Keduanya masing-masing Wakil Ketua Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) Rafdinal dan juga Sekretaris GNPF Zulkarnain.

Penangkapan terhadap Rafdinal dilakukan pada, Senin (27/5/2019) siang, setelah pria yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Medan tersebut tidak menghadiri dua kali panggilan penyidik. Sedangkan penangkapan terhadap Zulkarnain dilakukan pada petang harinya, tak lama usai penangkapan terhadap Rafdinal.

Nainggolan menyebutkan, kasus makar ini terjadi dalam rangka kegiatan punggahan dan pawai obor yang dilakukan di Jalan Brigjen Katamso-MT Haryono-Jalan Sisingamangaraja, Medan beberapa waktu lalu. Keduanya diduga kuat mengeluarkan pernyataan terkait dengan dugaan perbuatan makar.

Baca Juga : Yusril Ihza Mahendra Pastikan Bisa Jawab Tuduhan BPN di Sidang MK

Jadi Tersangka Makar, Penahanan Ustadz Rafdinal dan Zulkarnain Ditangguhkan Polda Sumut

Namun, empat hari kemudian Polda Sumut melakukan penangguhan penahanan terhadap dua tersangka dugaan tindak pidana makar yakni Wakil Ketua Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) Rafdinal dan Sekretaris GNPF Zulkarnain.

“Benar, penangguhan keduanya sudah dikabulkan,” ungkap Nainggolan kepada wartawan, Jumat (31/5/2019) lalu.

Seperti diketahui, kasus dugaan makar ini terjadi dalam rangka kegiatan punggahan dan pawai obor yang dilakukan di Jalan Brigjen Katamso-MT Haryono-Jalan Sisingamangaraja, Medan beberapa waktu lalu. Keduanya diduga kuat mengeluarkan pernyataan terkait dengan perbuatan makar.

Reporter : Syahrial Siregar
Editor : Khairul Umam

Mutiara Hikmah

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here