Tips Membuat Surat Undangan Pernikahan Sendiri Keren dan Hemat

0
cetak undangan sendiri
Tips Membuat Surat Undangan Pernikahan Sendiri Keren dan Hemat. (Grafis: Warnet-Pillarnet/Kitakini.news)

Kitakini.news – Surat undangan pernikahan sangat banyak sekali jenis variasinya, harga perlembarnya juga berbeda-beda tergantung dari model dan kertasnya. Tidak sedikit calon mempelai bingung untuk menentukan pilihannya.

Undangan yang mahal tidak selalu memberikan kesan mewah ketika bentuk dan motifnya sudah umum. Meskipun biaya pembuatan undangan tersebut tidak terlalu mahal, jika bentuknya unik pasti akan memberikan kesan tersendiri.

Siasati Biaya yang Minim Untuk Mencetak Undangan

Bagi calon pengantin yang memiliki biaya terbatas untuk mencetak surat undangan tidak perlu khawatir, hal ini dapat disiasati. Blangko undangan yang banyak dijual di percetakan bisa menjadi jalan keluar yang tepat, jika biaya untuk membuat sebuah undangan terbatas.

1. Gunakan Blangko Surat Undangan

Blangko undangan memiliki beberapa keunggulan untuk dijadikan pilihan yang tepat.

  • Motif dan bentuknya banyak pilihan.
  • Harganya bisa disesuaikan dengan isi kantong kita, meskipun bisa menjadi solusi untuk menekan biaya tetapi ada juga blangko yang harganya relatif mahal.
  • Hasil cetaknya bagus dan tidak mengecewakan.
  • Bisa kita kerjakan sendiri tanpa harus menggunakan jasa percetakan.

Kekurangan menggunakan blangko udangan yang sangat terasa adalah, motifnya bisa dipakai semua orang karena bentuknya custom.

2. Cetak Sendiri Materi Undangan

Agar biaya cetak undangan menjadi minim, selain kita menggunakan blangko undangan kita juga harus mencetaknya sendiri tanpa bantuan percetakan. Blangko undangan hanyalah bentuk motif surat undangan kosong dan belum ada isi materi dari calon pengantin. Tugas kitalah untuk mencetak materi dari undangan tersebut, seperti: Tanggal resepsi, nama kedua mempelai, alamat resepsi pernikahan dan lain sebagainya.

Kita bisa mencetak isi materi udangan tersebut dengan menggunakan printer inkjet biasa. Tetapi perhatikan jenis kertas dari blangko tersebut, pilihlah jenis kertas yang menyerap tinta.

Lalu bagaimana jika kita menyukai bentuk motif blangko yang jenis kertasnya tidak menyerap tinta?, kita harus mencetaknya dengan teknik sablon. Untuk blangko undangan yang jenis kertasnya tidak menyerap tinta kita harus minta bantuan jasa tukang sablon. Apakah biaya jadi lebih mahal karena memakai jasa tukang sablon?. Tetap saja biayanya lebih murah dibandingkan kita memesan undangan lewat percetakan.

PESAN TOKOH

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here