Hal Penting Dalam Menyiapkan File Cetak Agar Mendapatkan Hasil yang Maksimal

0
file cetak
Persiapan file cetak yang baik sangatlah diperlukan untuk hasil cetak yang maksimal. (Grafis: balakampret.blogspot.com/Kitakini.news)

Kitakini.news – File cetak (Final Artwork) adalah file yang akan digunakan untuk proses lanjut yaitu, mencetak. Sebelum file tersebut dicetak maka banyak hal-hal penting yang harus diperhatikan agar terhindar dari kesalahan proses produksi.

Beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam mempersiapkan file cetak

Bleed

Daerah pinggir area gambar yang berfungsi untuk mengantisipasi pemotongan kertas yang tidak akurat, baik secara manual maupun dengan mesin. Bleed juga dapat menghindari desain yang tidak akurat. Penerapan Bleed ini berlaku untuk desain brosur, kartu nama, buku, majalah, poster dan lain sebagainya.

Convert Font

Font seharusnya di convert ke dalam bentuk kurva. Hal ini untuk menghindari font yang tidak dikenali oleh komputer. Apalagi untuk font-font yang tidak terdapat dalam default operating system.

Resolution

Sesuaikan resolusi dengan kebutuhan cetak, standar resolusi yang baik adalah 300 dpi. Untuk cetakan yang berukuran besar seperti billboard, resolusi cetak yang baik adalah 72 dpi – 150 dpi.

Color Mode

Pastikan mode warna sudah di konversi ke dalam CMYK bukan RGB, karena mesin cetak secara otomatis akan mengubah mode warna RGB ke CMYK. Pastikan warna pada desain dalam mode CMYK, agar sesuai dengan hasil cetak yang diinginkan.

Crop Mark

Merupakan garis potong sebagai panduan disaat melakukan proses pemotongan. Crop Mark juga memandu bagian mana yang harus dipotong. Beberapa aplikasi grafis, memiliki fungsi otomatis untuk membentuk garis bantu (crop mark).

Size Artwork

Pastikan file ukuran cetak sesuai dengan ukuran yang sebenarnya. Apabila file yang akan dicetak lebih kecil dari ukuran sebenarnya, maka kualitas cetak menjadi buruk (kabur/pecah).

Image Link

Beberapa aplikasi grafis memakai tautan link image yang disimpan ke dalam folder komputer, hal ini gunanya untuk menghemat kapasitas file cetak. Ketika melakukan proses cetak dan file akan berpindah ke komputer lain, pastikan link file yang dibutuhkan diikutsertakan.

Sebelum file akan dicetak, beberapa hal penting yang tersebut di atas sebaiknya diperhatikan terlebih dahulu. Dengan demikian, kita akan terhindar dari hasil cetak yang tidak maksimal dan berujung pada kerugian.

PESAN TOKOH

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here