Kasus Dugaan Makar yang sedang Ditangani, Kapolda Sumut : Biar Tenang Ini Kita Rem Semua

Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto mengatakan pihaknya saat ini sedang colling down dalam penanganan kasus dugaan makar di Polda Sumut. Hal itu dilakukan untuk menciptakan ketenteraman di masyarakat.

32
kasus makar polda sumut
Kapolda Sumut, Irjen Pol Agus Andrianto. (Foto : Jawa Pos)

Kitakini News – Kapolda Sumut, Irjen Pol Agus Andrianto melakukan langkah mengejutkan setelah sebelumnya menetapkan tiga orang sebagai tersangka kasus dugaan makar di Polda Sumut. Irjen Pol Agus Andrianto menyebut pihaknya saat ini mengambil sikap cooling down (pendinginan) untuk menciptakan ketenteraman di masyarakat.

“Sementara ini cooling down dulu. Biar tenang, biar tenteram. Masyarakat tenang, masyarakat merasa nyaman, sementara ini kita rem semua,” ujar Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto usai Apel Konsolidasi TNI/Polri di Lapangan Benteng Medan, Kamis (13/6/2019).

Saat ditanyakan soal kelanjutan perkara penanganan tiga tersangka dugaan makar yang saat ini sedang ditangani, Kapolda Sumut juga tidak menjawab secara gamblang. Untuk diketahui, tiga orang ditetapkan sebagai tersangka dugaan makar. Mereka adalah Wakil Ketua GNPF Ulama Sumut, Rafdinal dan Sekretaris, Zulkarnain. Ketua Presidium Gerakan Nasional Kedaulatan Rakyat (GNKR), Prabu Alam Syahputra, juga jadi tersangka dalam kasus dugaan makar.

“Kasus nya? Ya sudah tarok (letakkan) aja dulu,” ucapnya singkat

Sekadar mengingatkan, Rafdinal ditangkap Senin (27/5/2019) lalu. Wakil Ketua Pimpinan Daerah (PD) Muhammadiyah Kota Medan tersebut sebelumnya disebut tidak menghadiri dua kali panggilan penyidik Ditreskrimum Polda Sumut. Sedangkan penangkapan terhadap Zulkarnain dilakukan pada petang hari, tak lama usai penangkapan Rafdinal.

Sementara itu, sebagai saksi kasus dugaan makar, Polda Sumut sebelumnya telah melayangkan pemanggilan kepada dua politisi Partai Gerindra, Gus Irawan Pasaribu dan Muhammad Syafii atau Romo. Selain itu, Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN), Dahnil Anzar Simanjuntak juga sudah dipanggil sebagai saksi dugaan makar. Namun ketiganya belum juga datang memenuhi pemanggilan tersebut.

Baca Juga : Dalil Gugatan Prabowo-Sandiaga Ini Jadi Bukti di MK 

Sebelumnya, Kabid Penmas Sebut Berkas Perkara Kasus Dugaan Makar di Polda Sumut Sedang Dilengkapi

Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Sumut saat ini sedang melengkapi berkas Ustadz Rafdinal dan Zulkarnain, tersangka kasus dugaan perbuatan makar di Polda Sumut.

Hal itu disampaikan Kasubbid Penerangan Masyarakat (Penmas) Polda Sumut, AKBP MP Nainggolan.

“Penyidik sedang melengkapi berkas kedua tersangka,” ujar AKBP MP Nainggolan saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (11/6/2019).

Nainggolan mengatakan, jika nantinya sudah lengkap, penyidik secepatnya akan mengirim berkas keduanya ke pihak Kejaksaan Tinggi Sumut (Kejatisu).

Dia menyebutkan, pihaknya akan langsung mengirim berkas tersangka tersebut ke Kejatisu jika sudah lengkap.

“Secepatnya akan dikirim, kalau sudah lengkap dalam minggu ini juga dikirim,” ungkap Nainggolan.

Kontributor : Rivan Adzhari
Editor : Khairul Umam

Mutiara Hikmah

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here