Sidang Perdana MK, Kehadiran Kedua Paslon Capres Bakal Jadi Penyejuk

Sidang perdana MK terkait sengketa Pilpres 2019 akan digelar besok dan kehadiran kedua Paslon Capres ke sidang tersebut bakal menjadi penyejuk bagi masyarakat Indonesia.

9
sidang perdana MK
Gedung Mahkamah Konstitusi (MK). (foto : kompas.com)

Kitakini.news – Besok, Jumat (14/6/2019), sidang perdana perselisihan hasil Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 akan digelar. Tidak menutup kemungkinan, kedua Pasangan Calon (Paslon) hadir ke sidang yang akan digelar di Mahkamah Konstitusi (MK) itu.

Bila kedua Paslon, Joko Widodo-Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno hadir, maka itu akan menjadi penyejuk bagi para pendukungnya di Indonesia.

Kepala Bagian Humas dan Kerja Sama Dalam Negeri MK, Fajar Laksono mengungkapkan ada kemungkinan kedua Paslon hadir di sidang tersebut.

“Tidak harus hadir karena sudah menunjuk kuasa hukum. Tapi kalau hadir, ya alhamdulillah. Bisa jadi ini momentum yang baik untuk mempertemukan kedua Capres di MK. Artinya, sebelum perdebatan atau dinamika persidangan kita lihat, bisa jadi kedua Capres bertemu dan menyejukkan kita semua,” ungkap Fajar melalui siaran pers Mahkamah Konstitusi, Kamis (13/6/2019).

Sebab, MK sendiri telah mengundang kedua kubu dalam sidang tersebut. Dalam sidang itu, MK akan mengundang pemohon, termohon, pihak terkait dan juga Badan Pengawas Pemilu. Dalam sengketa ini, tim hukum Paslon nomor urut 02 Prabowo-Sandiaga menjadi pemohon. Sedangkan termohon dalam kasus ini adalah Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Sementara itu, tim hukum pasangan calon nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf akan menjadi pihak terkait.

Adapun agenda sidang perdana MK yang akan dimulai pukul 09.00 WIB itu yakni pemeriksaan pendahuluan.

“Sesuai Peraturan MK, maka pemeriksaan pendahuluan itu agenda adalah memeriksa kelengkapan dan kejelasan permohonan Pemohon. Artinya, Pemohon diberikan kesempatan untuk menyampaikan pokok-pokok permohonan di depan pihak Termohon, Terkait dan pihak lainnya,” paparnya.

Di sisi lain, Fajar menambahkan MK sudah mempersiapkan berbagai hal demi kelancaran persidangan MK. Seperti dari segi pengamanan. MK telah berkoordinasi dengan pihak keamanan dan sebanyak 12.000 aparat kepolisian telah disiapkan untuk mengamankan sidang itu.

Baca Juga : Kasus Dugaan Makar yang sedang Ditangani, Kapolda Sumut : Biar Tenang Ini Kita Rem Semua

“Kami memastikan sarana persidangan sudah siap semua, mulai dari sound system, IT, termasuk untuk pengamanan. Kemarin Pak Kapolda dan Pak Pangdam sudah datang ke MK untuk memastikan, meninjau titik-titik pengamanan di MK. Bahkan Pak Kapolda memastikan 12.000 personel akan mengamankan persidangan di MK,” jelasnya.

Besok Sidang Perdana MK, Waktu Selesaikan Perkara Pilpres 2019 Cuma 14 Hari Kerja

Diketahui, MK memiliki waktu 14 hari kerja untuk menyelesaikan perkara hasil Pilpres 2019.

“MK hanya punya 14 hari kerja untuk menyelesaikan perkara hasil Pemilihan Presiden,” ungkapnya.

Adapun agenda selanjutnya adalah 17 sampai 24 Juni adalah pemeriksaan persidangan. Sedangkan 25 hingga 27 Juni agendanya adalah rapat permusyawaratan hakim. Keesokan harinya, 28 Juni, agendanya adalah sidang pengucapan putusan dan pada 28 Juni hingga 2 Juli agendanya adalah penyerahan salinan putusan dan pemuatan laman.

Sidang perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) itu akan dipimpin oleh Ketua MK, Anwar Usman.

Editor : Khairul Umam

Mutiara Hikmah

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here