Perbedaan Ukuran Kartu Nama Berdasarkan Negara yang Tidak Banyak Diketahui Para Desainer Grafis

0
ukuran kartu nama
Perbedaan Ukuran Kartu Nama Berdasarkan Negara yang Tidak Banyak Diketahui Para Desainer Grafis. (Grafis: Kitakini.news)

Kitakini.news – Walaupun standar ISO untuk ukuran kartu nama adalah A8, namun di setiap Negara memiliki ukuran yang berbeda-beda. Tidak banyak yang tahu mengenai standar ukuran standar kartu nama berbeda-beda di tiap Negara.

Berikut ini beberapa Ukuran standar kartu nama masing-masing Negara

  • Hongkong, Malaysia dan Singapore : 90 mm x 54 mm.
  • Eropa: 85 mm x 55 mm.
  • Indonesia, Australia, Denmark, New Zealand, Taiwan, Norway, Vietnam, Sweden, Colombia dan India: 90 mm x 55 mm.
  • Jepang: 91 mm x 55 mm.
  • Kanada, Amerika dan Belanda: 89 mm x 51 mm.
  • Ceko dan Hungaria: 90 mm x 50 mm.
  • Spanyol, Inggris, Perancis, Italia dan Spanyol: 85 mm x 55 mm.

Standar Nasional Indonesia atau SNI, menetapkan desain kartu nama dengan ukuran 90 mm x 55 mm. Untuk versi percetakannya bisa mengecil menjadi 88 mm x 53 mm, hal ini terjadi karena proses pemotongan kertas memakan 2 mm keliling.

Agar kartu nama bisa tetap mengikuti standar SNI, lebihkan 2 mm keliling saat mendesain menjadi 94 mm x 59 mm. Sehingga saat dipotong ukurannya menjadi standar, yaitu: 90 mm x 55 mm.

Kertas yang Digunakan

Umumnya kartu nama dicetak dengan menggunakan kertas Art Paper/Art Carton. Sedangkan gramatur kertasnya adalah 260 gsm. Permukaan kertas tersebut umumnya mengkilat dan licin.

Bentuk Serta Potongan Kertas Kartu Nama

Meskipun setiap Negara telah menetapkan standar yang berbeda, namun banyak yang membuat dengan ukuran di luar Standar. hal ini tidak menjadi persoalan, anda tetap bisa berkreasi dengan bentuk dan ukuran yang berbeda-beda.

Bentuk standar yang digunakan di setiap Negara adalah persegi panjang, tetapi bukan berarti kita tidak boleh membuat bentuk kartu nama yang berbeda. Silahkan kembangkan kreasi anda dalam menentukan bentuk kartu nama, jika menginginkan sesuatu yang unik.

Bentuk yang unik juga sebaiknya disesuaikan dengan desain dan kebutuhan. Jangan sampai hanya karena ingin mendapatkan bentuk yang unik lalu mengabaikan estetika dari kartu nama itu sendiri.

Variasi Dari Bentuk Kartu Nama

Sudah banyak bentuk kartu nama yang unik dan bagus untuk digunakan saat ini. Variasi tersebut seperti: Menambahkan tulisan berwarna emas, huruf timbul (emboss) dan lain sebagainya.

 

PESAN TOKOH

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here