Polda Sumut Berikan Warning Kepada Pengguna dan Pengedar Narkoba

Polda Sumut berikan warning keras kepada pengguna dan pengedar Narkoba di Sumut.

0
Polda Sumut berikan warning kepada pengguna narkoba
Tersangka jaringan narkoba yang diamankan Polda Sumut saat diboyong ke sel tahanan. Kepolisian memberikan warning kepada warga untuk tidak terlibat dalam narkoba (Foto : Syahrial Siregar)

Kitakini.news – Maraknya peredaran narkotika dan obat-obatan terlarang (Narkoba) membuat pihak kepolisian dalam hal ini Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Sumut memberikan warning kepada pengguna narkoba dan pengedarnya.

“Narkoba ini sangat tidak berguna bagi kehidupan dan tubuh kita. Maka dari itu, jangan coba-coba mengkonsumsi narkotika jenis apapun itu,” pesan Direktur Reserse Narkoba Polda Sumut, Kombes Pol Hendri Marpaung, Jumat (14/6/2019).

Hendri berharap kepada seluruh masyarakat Sumut dan Kota Medan untuk tidak mencoba menggunakan narkotika dan obat-obatan yang mengandung Methamphetamine ataupun zat adiktif lainnya.

“Jangan coba menggunakan. Apalagi masuk dalam jaringan peredaran dan perdagangan narkotika ini,” pesan Hendri.

Untuk itu, Hendri pun menyatakan pihaknya tidak segan-segan melakukan tindakan tegas terukur, serta tidak mentolerir siapa pun yang masuk dalam jaringan narkotika tersebut. Dalam pengungkapan narkotika, kata Hendri, banyak cara yang dilakukan pihaknya termasuk undercover buy.

“Masyarakat apabila ada informasi dan hal yang perlu disampaikan ke polisi, segera disampaikan. Karena penyalahgunaan ini merupakan musuh kita bersama,” tegas Hendri.

Mengenai bagaimana caranya mengantisipasi peredaran narkotika jaringan Internasional, Hendri mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan petugas kepolisian dari negara tersebut.

“Kita selalu berkoordinasi apabila menyangkut negara kita dan selalu berikan informasi kalau terkait negara luar. Sehingga bisa melakukan penyelidikan yang mendalam sampai kepada penangkapan,” ungkap Hendri.

Hendri berujar, biasanya modus yang dilakukan agar barang haram ini sampai ke Indonesia tepatnya ke Sumut, dikirim melalui pos dari luar negeri tujuan Indonesia. Dengan modus seperti itu, menurut Hendri, perlu kita kerjasama dengan beacukai untuk menilai berapa nilai barangnya.

Baca juga : Polda Sumut Amankan 50 kg Sabu dan Belasan Ribu Pil Ekstasi

Berikan Warning kepada Pengguna Narkoba, Kapolda Imbau Masyarakat untuk Berikan Informasi

Senada dengan pemberian warning kepada pengguna narkoba tersebut, Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto mengimbau agar masyarakat tidak takut untuk menginformasikan kepada pihak kepolisian bila mengetahui adanya peredaran narkoba.

“Saya berharap masyarakat untuk tidak mengkonsumsi narkoba apalagi terlibat dalam jaringan narkoba,” katanya.

Mantan Wakapolda Sumatera Utara ini juga mengaku pihaknya tidak segan-segan untuk melakukan tindakan kepada mereka yang terlibat dalam jaringan narkoba.

“Jangan renggut masa depan anak bangsa dengan memberikan ataupun menyodorkan narkoba dengan cara apapun seperti membeli. Karena itu merusak bangsa kita,” ujarnya.

“Maka dari itu, kami terus menerus akan menindak dan memerangi peredaran narkoba termasuk orang-orang yang berada di dalamnya,” timpal Agus.

Reporter : Syahrial Siregar
Editor : Ummi Fatih

PESAN TOKOH

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here