Ternyata Gampang! Ini Cara Menghilangkan Stretch Mark Yang Efektif Menggunakan Bahan Alami

161
cara menghilangkan stretch mark
Tips Menghilangkan Stretch Mark | FAKTUALONLINE.COM FAKTUALONLINE.COM

Kitakini.News – Cara menghilangkan stretch mark terasa sulit bagi sebagian orang. Stretch mark merupakan salah satu masalah yang biasa ditemukan dikalangan wanita, khususnya bagi mereka yang sudah melahirkan.

Selain pada wanita, ternyata stretch mark juga bisa terjadi pada laki-laki lho!. Pada umumnya, stretch mark terjadi karena peregangan kulit secara berlebihan. Selain itu, stretch mark juga bisa terjadi akibat mengonsumsi obat-obatan dengan kadar streoid yang tinggi, badan menjadi kurus dalam waktu singkat, kekurangan nutisi, dan juga karena kegemukan(kelebihan berat badan).

Stretch mark lebih umum berkembang karena perubahan hormon saat hamil. Stretch mark bisa muncul dibawah perut, paha, pinggul, bahkan pada payudara.

Meski timbulnya pada bagian tubuh yang tertutup, tetap saja stretch mark bisa menurunkan rasa percaya diri. Sehingga tak heran, setelah melahirkan, menghilangkan stretch mark menjadi salah satu ritual perawatan tubuh yang harus dilakukan banyak wanita.

lalu, bagaimana cara menghilangkan stretch mark yang efektif? simak cara mudahnya dibawah ya.

7 Cara menghilangkan stretch mark secara alami

Ada banyak bahan alami yang bisa membantu menghilangkan stretch mark. Bahan-bahan alami ini sejak dahulu sudah dikenal dan digunakan untuk menghilangkan stretch mark.

1. Dengan Minyak zaitun

Minyak zaitun mengandung zat Linoleic acid yang dapat membantu menjaga kelembaban kulit. selain itu, Minyak zaitun juga banyak mengandung antioksidan, yaitu polifenol yang berfungsi untuk membantu meregerasi kulit yang mengalami kerusakan.

Cara menghilangkan stretch mark dengan Minyak zaitun :

  • Tuangkan Minyak zaitun seperlunya pada telapak tangan dan pijatkan di area yang muncul stretch mark.
  • Diamkan selama 30 menit agar lebih meresap.
  • Jika sudah, mandilah untuk membersihkannya.
  • Lakukan secara teratur setiap hari agar stretch mark segera tersamarkan.

Selain Minyak zaitun, anda juga bisa menggunakan minyak castor atau minyak kelapa sebagai cara menghilangkan stretch mark secara alami.

Infografis cara menghilangkan stretch mark dengan minyak zaitun

Untuk lebih lengkapnya tentang manfaat Minyak zaitun, sebaiknya Kamu baca artikel ini juga ya… : Segudang manfaat Minyak zaitun untuk kecantikan dan cara menggunakannya

2. Dengan Lidah buaya

Aloe vera alias Lidah buaya ternyata bisa membantu mempercepat proses memudarkan stretch mark lho. Lidah buaya dapat merawat kulit agar kekenyalan tetap terjaga dan elastis sehingga perlahan-lahan stretch mark akan hilang dengan sendirinya.

Caranya gampang banget, Anda cukup mengosokkan gel Lidah buaya pada kulit khususnya pada bagian stretch mark. Diamkan selama 20 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

Tapi perlu diingat, pilihlah Lidah buaya yang masih segar. Jika Anda memetiknya sendiri, pastikan getah Lidah buaya yang berwarna kuning kecoklatan dibersihkan terlebih dahulu.

Caranya, diamkan daun Lidah buaya yang baru dipetik dengan posisi bagian bekas potongan menghadap kebawah agar seluruh getahnya keluar. Setelah itu bersihkan dengan menggunakan air hangat.

3. Menggunakan Kentang

cara menghilangkan stretch mark dengan kentang

Didalam Kentang mengandung polifenol dan karotenoid yang dapat membantu memperbaiki tekstur kulit. untuk cara menghilangkan stretch mark pasca melahirkan, anda bisa mencoba memanfaatkan Kentang.

Caranya :

  • Rebus Kentang yang sudah dibersihkan.
  • Tumbuk Kentang hingga halus.
  • Campurkan Kentang yang sudah dihaluskan dengan 2 sdm susu, aduk hingga berbentuk pasta.
  • Oleskan campuran pada stretch mark.
  • Diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air hingga bersih.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan lebih cepat, sebaiknya lakukan dengan rutin minimal 3 kali dalam seminggu.

4. Cara Menghilangkan Stretch Mark dengan Madu

Selain itu, anda juga bisa menghilangkan stretch mark dengan menggunakan Madu asli. Madu bersifat sebagai antiseptik untuk mengurangi stretch mark. Anda bisa menggunakan madu sebagai scrub.

Caranya mudah, oleskan saja madu pada daerah yang terkena stretch mark kemudian pijat dengan lembut selama lebih kurang 10 menit. Kemudian diamkan hingga beberapa saat dan bilas dengan air bersih.

Anda juga dapat membuat scrub menggunakan campuran Madu dengan gula. Oleskan pada bagian stretch mark dengan gerakan melingkar selama 10 hingga 15 menit. Biarkan selama beberapa saat sampai meresap dan bilas menggunakan air hingga bersih.

Agar stretch mark lebih cepat memudar dan hilang, gunakan salah satu cara diatas dengan rutin.

5. Menghilangkan Stretch mark dengan Putih telur

Manfaat Konsumsi Putih Telur Bagi Kesehatan | CEPAGRAM
CEPAGRAM

Putih telur mengandung banyak protein dan sumber mikronutrien yang bisa membantu peremajaan sel kulit dan membantu meregenerasi kulit dan juga dapat mencerahkan kulit.

Cara menghilangkan stretch mark dengan putih telur :

  • Sediakan Putih telur yang sudah dipisahkan dengan kuningnya.
  • Kocok Putih telur hingga berbusa.
  • Oleskan Putih telur pada bagian stretch mark dengan kuas.
  • Biarkan hingga kering dan bilas dengan air dingin.
  • Jika sudah, oleskan minyak zaitun untuk menjaga kelembaban dan kekenyalan kulit.

Lakukan cara tersebut setiap hari secara rutin untuk membantu mencerahkan kulit dan memudarkan warna stretch mark secara perlahan-lahan.

Untuk putih telur, sebaiknya Kamu juga baca tentang artikel ini ya : Selain mengencangkan, ini manfaat lain Putih telur untuk kecantikan wajah

6. Minum air putih yang cukup

cara menghilangkan stretch mark dengan minum air putih

Minum air putih yang cukup sebanyak 8 gelas sehari dipercaya dapat membantu menjaga tingkat elastisitas kulit dan juga akan membantu mempercepat proses regenerasi pada kulit.

Mencukupkan kebutuhan air pada tubuh dipercaya dapat menyembuhkan stretch mark secara alami. Namun tentu saja hasilnya tidak cepat. Untuk mendapatkan hasil yang lebih efektif dan cepat, sebaiknya Anda memadukannya dengan salah satu cara menggunakan bahan alami diatas.

7. Cara Menghilangkan Stretch Mark dengan Memperbanyak asupan vitamin C

Vitamin C mengandung senyawa asam alfa-hidroksi yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas di dalam kulit dan menjaga elastisitasnya. Agar kulit kembali kencang, coba deh untuk memperbanyak asupan vitamin C baik dari luar maupun dari dalam.

Editor : Ummi Fatih

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here