Festival Bunga dan Buah 2019 : Warga Antusias Saksikan Karnaval

Warga yang antusias menyaksikan karnaval pada acara Festival Bunga dan Buah di Berastagi tahun 2019 memadati sisi kiri dan kanan jalan.

56
Festival bunga dan buah 2019 di Berastagi
Antusias warga menyaksikan Karnaval di Festival bunga dan buah 2019 di Berastagi (Foto : Syahrial Siregar)

Kitakini.news – Usai dibuka secara resmi, rangkaian kegiatan Festival Bunga dan Buah Berastagi 2019 dilanjutkan dengan karnaval. Ruas Jalan Veteran Berastagi dipilih sebagai titik start. Satu per satu mobil hias dan iring-iringan pawai menampilkan keunggulan daerah masing-masing. Warga yang antusias menyaksikan karnaval tumpah ruah baik disisi kiri dan kanan jalan.

Kadis Pariwisata Kabupaten Karo, Mulia Barus mengatakan bahwa festival ini digelar untuk menampilkan buah, sayur dan bunga asli dari Tanah Karo. Tidak hanya itu, acara ini juga dikemas dengan rangkaian kegiatan lainnya seperti karnaval mobil hias, fashion show yang bertujuan untuk menjaga kearifan lokal.

Barus juga menuturkan bahwa pada tahun lalu ada 800 ribu wisatawan Berkunjung ke Kabupaten Karo. Ia berharap dengan adanya festival ini, kunjungan wisatawan tahun ini dapat lebih meningkat.

“Ada 40 stan dan ada 30 karnaval mobil hias. Ini adalah rangkaian Festival Bunga dan Buah tahun 2019. Tujuannya untuk mempromosikan potensi Tanah Karo. Produk unggulannya dan sekaligus meningkatkan kunjungan turis di Karo,” ungkap Barus.

Baca juga : Festival Bunga & Buah 2019 Ajang Promosi Produk Pertanian Kabupaten Karo

Festival ini Diharapkan Dapat Meningkatkan Perekonomian Masyarakat

Barus berharap agar Festival bunga tahun ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Ia juga menargetkan acara festival tahun ini dapat menyedot perhatian 100 ribu masyarakat.

“Hal yang baru dalam festival tahun ini adanya stand pasar bunga, sayur dan buah. Diharapkan ada transaksi dan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat kita. Ada juga stand kampung kopi karo. Dua tahun lalu mampu menyedot 60 ribu warga dalam festival serupa, target kita tahun ini 100 ribu masyarakat,” sebutnya.

Kadis Perkebunan Kabupaten Karo, Sarjana Purba menuturkan, kedepan Dia akan mempadukan produk pertanian seperti kopi untuk berpartisipasi dalam festival ini ditahun-tahun berikutnya.

“Saat ini produk unggulan Karo itu adalah kopi. Kita akan mensinergikan pertanian dengan pariwisata. Mulai dari penanaman dari hulu dan hilirnya. Jadi minum kopi di kebun kopi, merosting kopi di kebun kopi. Kita sudah mulai. Diharapkan dengan adanya festival seperti ini, semua produk bisa dikenal banyak oleh masyarakat,” tukas Purba.

Reporter : Syahrial Siregar
Editor : Ummi Fatih

Mutiara Hikmah

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here