Rekonsiliasi Prabowo-Jokowi, Dahnil Anzar : Pulangkan Habib Rizieq ke Indonesia

Koordinator BPN Prabowo-Sandiaga, Dahnil Anzar Simanjuntak mengungkapkan rekonsiliasi Jokowi-Prabowo bisa menjadi ajang untuk saling memaafkan dan menurutnya itu bisa menjadi sarana yang baik untuk memulangkan Habib Rizieq pulang ke Indonesia.

877
rekonsiliasi
Habib Rizieq Shihab. (foto : youtube front tv)

Kitakini.news – Koordinator Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga, Dahnil Anzar Simanjuntak mengungkapkan rekonsiliasi Jokowi-Prabowo bisa menjadi ajang yang tepat untuk memulangkan Habib Rizieq Shihab ke Indonesia.

Hal itu diungkapkannya melalui akun Twitternya, @Dahnil Anzar, Jumat (5/7/2019).

“Ini pandangan Saya. Bila narasi rekonsiliasi politik mau digunakan, agaknya, yang paling tepat beri kesempatan kepada Habib Rizieq kembali ke Indonesia,” ungkap Dahnil melalui akun Twitternya itu.

Melalui cuitannya itu, Dahnil Anzar Simanjuntak juga mengajak untuk menghentikan upaya kriminalisasi dan mengajak seluruh masyarakat untuk saling memaafkan.

“Setop upaya kriminalisasi, semuanya saling memaafkan,” ungkapnya.

Dahnil juga mengajak seluruh pihak untuk membangun toleransi yang otentik dan meminta agar menghentikan segala bentuk narasi stigmatisasi radikalis.

“Kita bangun toleransi yang otentik, setop narasi-narasi stigmatisasi radikalis dll,” ujar Dahnil.

Sementara itu, Ketua Bantuan Hukum FPI, Sugito Atmo Prawiro mengungkapkan belum bisa menyatakan sikap, terkait pernyataan Dahnil Anzar di akun Twitternya. Karena, pihaknya belum mengkonfirmasi wacana pemulangan itu kepada Habib Rizieq.

“Itu hak Pak dahnil. Tapi kan yang bersentuhan langsung Habib Rizieq. Kalau yang ini Saya belum konfirmasi dengan beliau. Karena ini kan masalah sikap beliau ya,” papar Sugito sebagimana dilansir dari detik.com, Sabtu (6/7/2019).

Terpisah, Kepala Staf Kepresidenan (KSP), Moeldoko mengungkapkan bahwa dia mendukung rekonsiliasi. Namun, Moeldoko khawatir rekonsiliasi itu malah menjadi ajang untuk menegosiasikan kepentingan kelompok tertentu.

Baca Juga : Sarankan Pemerintah Hapus Pelajaran Agama di Sekolah, Darmono Kena Skakmat

“Saya khawatir rekonsiliasi hanya membahas negosiasi hanya kepentingan kelompok tertentu. Kita ini negara loh memikirkan negara. Jangan kita terjebak antara satu elite ke elite jangan terjebak satu kelompok ke kelompok,” ungkap Moeldoko.

Rekonsiliasi Jokowi-Prabowo, Wasekjen PKB : Bangun Komunikasi Dengan Semua Pihak

Sementara itu, Wakil Sekjen PKB, Daniel Johan mengungkapkan bahwa pemulangan Habib Rizieq itu merupakan persoalan hukum. Terlepas dari persoalan kepulangan Habib Rizieq, Daniel menambahkan rekonsiliasi yang baik adalah membangun komunikasi dengan semua pihak. Karena menurutnya, rekonsiliasi akan membawa suatu keputusan politik.

“Pada akhirnya ini lebih ke persoalan hukum. Jadi kami serahkan kepada hukum agar dilakukan secara adil seadil-adilnya,” ungkap Daniel.

Editor : Khairul Umam

Mutiara Hikmah

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here