Sempat Menghilang, Truk CPO Terjun ke Jurang di Dairi dan Sopir Tewas 

Truk pengangkut CPO asal Sidikalang Dairi dengan destinasi Medan mengalami kecelakaan dengan terjun ke jurang di kawasan Dairi yang dalamnya mencapai 200 meter. Sopir truk ditemukan tewas terpisah dari truk.

2571
truk cpo terjun ke jurang
Salah seorang petugas menunjukkan lokasi jenazah sopir truk pengangkut CPO (tanda panah) yang tewas setelah terjun ke jurang di Dairi. (Foto : BPBD Kabupaten Dairi)

Kitakini.news – Satu unit truk bermuatan minyak CPO terjun bebas ke dalam jurang di kawasan Desa Lae Pandaroh, Kecamatan Sitinjo, Kabupaten Dairi, Rabu (10/7/2019). Diperkirakan, truk tersebut terjun ke dalam jurang sekira pukul 19.30 WIB.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Dairi, Bahagia Ginting, mengatakan, sebelum lokasi truk dan pengemudi ditemukan, truk bermuatan crude palm oil (CPO) atau minyak sawit mentah itu sempat dinyatakan hilang.

“Dalam kejadian itu, sopir truk CPO sempat dinyatakan hilang. Tim gabungan menemukan sang supir dalam keadaan meninggal dunia,” ujar Bahagia Ginting, melalui siaran pers yang diterima Kitakini News, Kamis (11/7/2019) siang.

Bahagia menjelaskan, truk tangki bermuatan CPO tersebut terjun ke jurang yang cukup dalam yakni dengan kedalaman sekitar 200 meter. Selain dalam, medan yang dihadapi juga cukup sulit.

Perkiraan lokasi jatuhnya truk juga sudah didapatkan tidak lama setelah truk tersebut terjun ke jurang. Namun karena gelap, pihaknya menunda evakuasi keesokan harinya atau hari ini, Kamis (11/7/2019).

“Lokasi yang sulit dijangkau dan kondisi yang sudah gelap membuat kami mengurungkan niat untuk melakukan pencarian,” kata Bahagia.

Sopir truk akhirnya ditemukan, namun sudah tidak bernyawa. Posisi sopir terpisah dengan truk dan tergeletak di dinding jurang yang curam.

Baca Juga : Empat Sindikat Perampok Diringkus, Satu Diantaranya Polisi Aktif

“Jadi tadi pagi (Kamis 11/7/2019), kami langsung turun ke lokasi dan menemukan sopir dalam keadaan meninggal dunia pada dinding jurang tak jauh dari truk CPO,” jelas Bahagia.

Kota Medan Destinasi Truk CPO yang Terjun ke Jurang

Kasat Lantas Polres Dairi AKP Pittor Gultom yang dikonfirmasi, membenarkan kecelakaan tersebut. Dia menuturkan, dari hasil pemeriksaan, diketahui truk CPO tersebut sebelumnya melintas dari arah Sidikalang menuju ke Kota Medan.

Penyebab kecelakaan diduga lantaran truk tersebut kehilangan kendali truk setelah berpapasan dengan kendaraan lainnya yang datang dari arah berlawanan.

“Diduga karena berpapasan dengan kendaraan lain, mobil tersebut terperosok dan jatuh ke dalam jurang,” ujar Pittor.

AKP Pittor menjelaskan, korban bernama Rasmin (45) merupakan warga Kabupaten Langkat. Rasmin merupakan warga Dusun I, Desa Alur Gadung, Kecamatan Sawit Seberang, Kabupaten Langkat.

Jenazah korban telah dievakuasi dan kini berada di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sidikalang, Kabupaten Dairi. Pihak Polres Dairi juga sudah mengabarkan kabar kecelakaan tersebut kepada keluarga korban.

Baca Juga : Banjir Lahar Dingin Menerjang Dua Desa di Kaki Gunung Sinabung

“Kita juga sudah memberitahukan kepada pihak keluarganya. Sementara untuk truk CPO-nya masih berada di dalam jurang. Petugas juga masih kesulitan untuk mengevakuasi truknya,” pungkas Pittor.

Reporter : Syahrial Siregar
Editor : Khairul Umam

Mutiara Hikmah

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here