393 Calhaj Kloter I Telah Masuk Asrama Haji Medan dan Siap Diberangkatkan ke Tanah Suci

Sebanyak 393 jamaah calon haji yang tergabung di dalam Kloter I Embarkasi Medan telah memasuki Asrama Haji, Medan dan siap diberangkatkan ke Tanah Suci untuk menunaikan ibadah haji.

31
calhaj kloter I
Kloter I Embarkasi Medan telah masuk ke Asrama Haji, Kamis (11/7/2019) dan akan diberangkatkan besok ke Tanah Suci. (foto : kitakini.news/dhabit barkah)

Kitakini.news – Sebanyak 393 jamaah Calhaj Kloter I memasuki Asrama Haji Medan, Jalan AH Nasution, Kecamatan Medan Johor, Kamis (11/7/2019) sore. Keesokan harinya, mereka akan diberangkatkan ke Tanah Suci, Makkah untuk menjalankan ibadah haji 1440 H.

Jumlah itu masuk dalam Kloter I Medan. Kali ini, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Kanwil Kemenag Sumatera Utara menetapkan kelompok jemaah berdasarkan domisili.

“Tahun 2019 ini kelompok jemaah kita tetapkan berdasarkan domisili masing-masing. Jadi, meski sewaktu mendaftar ke kuota haji mereka domisilinya bukan di Medan, tetapi sewaktu pemberangkatan mereka domisili di Medan, maka kami berangkatkan berdasarkan domisili,” terang Kabag Humas Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Sumut, Abdul Azhim di Gedung Arafah, Asrama Haji, Jalan AH Nasution, Kecamatan Medan Johor.

Jemaah yang masuk dalam Kloter I Medan didominasi oleh kaum perempuan yang lanjut usia.

Dari jumlah total Kloter I Medan, terdiri dari 5 orang petugas PPIH, 154 Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Pemko Medan, 124 KBIH Al Muchtar, 64 KBIH Pemprovsu, 40 KBIH Al Fitriah, 9 KBIH As Sajaddah.

Kloter I Medan, direncanakan akan berangkat pada Jumat 12 Juli 2019, sekitar pukul 15.00 WIB.

Menurut pantauan kitakini.news, para jemaah yang hari ini memasuki asrama, terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan kesehatan. Sebab, jika terdapat penyakit, maka jemaah tersebut akan dirawat terlebih dahulu sampai mencapai kondisi paling maksimal. Sehingga kemungkinan jemaah untuk batal berangkat dapat diatasi.

Karena Sakit, Dikabarkan Satu Calhaj Kloter I Ditunda Keberangkatannya

Saat berlangsung proses cek kesehatan, sempat beredar kabar yang mengatakan salah seorang jemaah batal diberangkatkan karena kondisi kesehatan yang tidak mendukung. Namun, Abdul Azhim belum bisa memastikan hal tersebut. Menurutnya, proses cek kesehatan masih berlanjut dan jika ada jemaah yang kondisinya tidak mendukung akan mendapat perawatan intensif.

“Pemeriksaan kesehatan hari ini berjalan lancar, lancar sekali. Ada salah seorang jemaah yang dikabarkan gagal berangkat karena faktor kesehatan. Tapi belum bisa kita pastikan, karena masih tergantung dari hasil cek kesehatan,” katanya.

Di sisi lain, salah seorang jemaah yang sudah lanjut usia mengaku sangat senang bisa berangkat haji di tahun ini.

Meski menggunakan kursi roda, jemaah yang usianya hampir genap seabad itu tampak gembira sebelum dilakukan cek kesehatan.

“Saya senang, karena ini haji pertama saya,” aku Jaliyah (98).

Kontributor : Dhabit Barkah

Mutiara Hikmah

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here