5 Tersangka Dugaan Korupsi PDAM Tirtanadi Cabang Deliserdang Resmi Ditahan  

Lima tersangka kasus dugaan korupsi di PDAM Tirtanadi Deliserdang resmi ditahan penyidik Pidsus Kejari Deli Serdang. Kelima tersangka ditahan di Lapas Kelas II B Lubukpakam sejak Kamis 18 Juli.

53
korupsi pdam tirtanadi deliserdang
Lima tersangka dugaan korupsi PDAM Tirtanadi Deliserdang (pakai masker) saat digiring dari Kantor Kejari Deliserdang menuju Lapas Kelas II B Lubukpakam, Deliserdang, Kamis (18/7/2019). (Foto : Edo)

Kitakini.news – Kejaksaan Negeri (Kejari) Deliserdang resmi menahan lima tersangka dugaan korupsi di PDAM Tirtanadi Cabang Deliserdang sejak Kamis (18/7/2019). Kelima tersangka yang ditahan tesebut merupakan pejabat dan mantan pejabat kepala cabang (Kacab) dan kepala bagian (Kabag) kantor PDAM Tirtanadi Deliserdang di Tanjungmorawa.

Kelima tersangka resmi dijebloskan (tahan) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas II B Lubukpakam Kamis (18/7) sore. Kabar itu disampaikan Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Deliserdang, Harli Siregar.

“Penyidik pada Kejaksaan Negeri Deliserdang yaitu untuk dugaan tindak pidana korupsi PDAM Tirtanadi Cabang Deliserdang, melakukan upaya paksa berupa penahanan,” ujarnya didampingi didampingi, Kasi Intel, M Iqbal dan Kasipidsus, Afrizal Munawan SH, Kamis (18/7/2019).

Lima tersangka kasus korupsi PDAM Tirtanadi masing-masing berinisial AA, BK dan P berposisi sebagai Kacab. Sementara itu, ML dan LS berposisi sebagai Kabag Keuangan.

Kelimanya pernah menjabat sebagai Kepala Cabang (Kacab) dan Kepala Bagian (Kabag) dari tahun 2015 hingga 2018.

“Penahanan ini dilakukan sebagaimana mempercepat proses pemberkasan dan juga tentu memenuhi syarat-syarat baik objektif maupun subjektif. Penyidik berketetapan bahwa terhadap para tersangka ini dilakukan penahanan,” ungkapnya.

Dia mengatakan, dugaan tindak pidana korupsi tersebut sudah masuk dalam tahapan penyelidikan sejak Februari lalu.

Harli juga menjelaskan, korupsi itu terjadi di tubuh PDAM Tirtanadi Cabang Deliserdang mulai dari tahun 2015 hingga tahun 2018. Kerugian negara ditaksir mencapai Rp 10,6 miliar.

Baca Juga : Kasus Korupsi Sirkuit Tartan Atletik, Ruang Kadispora Sumut Digeledah

Adapun yang menjadi modus pelaku yakni pengelolaan biaya operasional sejak Januari tahun 2015 sampai dengan April tahun 2018.

“Terjadi selisih yang kita hitung kerugian negara sementara sebesar Rp 10,6 miliar,” ucapnya.

Tersangka Dugaan Korupsi di PDAM Tirtanadi Deliserdang Ada yang Berstatus Pejabat Aktif

Sementara itu kata Harli, kelima tersangka, ada yang masih berstatus aktif dan satu orang sudah pensiun. Pihak Kejari juga masih terus melakukan pengembangan terhadap siapa saja yang diduga kemungkinan terlibat dalam kasus tersebut.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, kelima tersangka dikenakan pasal 2 atau 3 juncto pasal 18 Undang-undang tindak pidana korupsi Nomor 31 tahun 1999 juncto Nomor 20 tahun 2001. Kelimanya terancam pidana maksimal 20 tahun.

Kontributor : Edo
Editor : Khairul Umam

Mutiara Hikmah

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here