Hotel Bintang 4 di Balige Target 1 Juta Wisman ke Danau Toba

Menteri Pariwisata Arief Yahya meninjau progres pembangunan Hotel dan Waterpark Labersa Toba, di Jalan Siantar Km 2, Desa Tampubolon, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba Samosir.

64
hotel dan waterpark labersa toba
Tampak atas progres Hotel Labersa yang ada di kawasan Balige. (Foto: Dokumentasi BPODT).

Kitakini.news – Menteri Pariwisata Arief Yahya meninjau progres pembangunan Hotel dan Waterpark Labersa Toba, di Jalan Siantar Km 2, Desa Tampubolon, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba Samosir, Jumat (19/7/2019) pagi, dalam hari kedua kunjungan kerjanya ke Sumatera Utara.

Labersa singkatan lapan bersaudara, merupakan hotel bintang 4 pertama di Toba Samosir. Pengusaha St Harangan Wilmar Hutahaean berinvestasi di Balige guna mendukung pariwisata Danau Toba dengan membangun fasilitas hotel ber-bintang empat di kampung halamannya.

“Hotel ini dibangun sebagai amanat mengingat petuah orang tua Batak terdahulu ‘Ingot Bona Ni Pinasam’ (Ingat Kampung Hala-manmu). Hotel itu dibangun di atas luas lahan ± 6 Ha, Labersa Hotel (4 star) dengan pemandangan langsung ke Danau Toba,” ujarnya.

Dikatakan Harangan Wilmar, hotel dibangun dengan kapasitas 120 kamar serta dilengkapi dengan Water Park dan Theme Park. Investasi pembangunan Hotel, Waterpark dan Themepark yang ditargetkan rampung akhir tahun ini mencapai Rp 530 miliar.

“Saat ini progress pembangunan 58% dan direncanakan pembangunan akan selesai pada akhir November 2019. Agustus 2019 sudah akan mulai melakukan rekrut pegawai, diutamakan dari masyrakat sekitar,” ungkapnya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyambut baik hadirnya hotel tersebut, ditengah gencarnya program percepatan kemajuan kawasan Toba di sektor pariwisata. Dengan hadirnya hotel ini, wisawatan akan diberi pilihan tempat bermalam dan pasti akan banyak lagi wisatawan yang berkunjung ke sini.

“Saya berterima kasih dulu dan semoga bisa diluncurkan saat Natal (Desember) tahun ini. Dan Saya juga janji akan datang kembali ke sini saat diresmikam nanti,” ujar Menpar.

Baca Juga : Menpar Minta Bupati Bangun Destinasi Berbeda di Kawasan Danau Toba

Menpar menambahkan, untuk kunjungan jumlah pariwisata di Danau Toba akan ditarget mencapai 1 juta wisatawan. Target itu akan dicapai, meski saat ini jumlah wisata yang berhadir ke Danau Toba berjumalah 300 ribu pengunjung.

Menurut Menpar, dari jumlah 1 juta pengunjung, maka akan mengahasilkan proyeksi devisa 1 miliar dollar. Sehingga dengan 1 miliar dollar devisa artinya akan menghasilkan 14 triliun.

“Kalau 1 miliar USD itu berarti 14 triliun. Kalau dapat menghasilkan 14 triliun dan saya harus investasi di sini 2 triliun, itu adalah hal yang kecil,” tukas Menpar.

Bupati Toba Samosir Mendukung

Bupati Toba Samosir, Darwin Siagian juga memberi dukungan kehadiran Hotel dan Waterpark Labersa Toba tersebut. Dia berharap pengerjaan selesai tepat waktu, sebagai upaya mendukung pemerintah untuk membangun infrastruktur di kawasan Toba.

“Kalau di kawasan Toba Samosir pasti bakal ada lagi pembangunan. Tapi itu nanti Badan Otoritas Danau Toba yang ngelola semua. Ada beberapa hotel, resort-resort yang akan dibangun di Sibisa nanti. Intinya kita mendukung program pemerintah,” pungkas Darwin.

Reporter : Syahrial Siregar
Editor : Khairul Umam

Mutiara Hikmah

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here