Jual Motor Curian di Grup Jual-Beli Online, Terduga Pelaku Diringkus Pemilik Menyaru Pembeli

Seorang pemilik motor yang dicuri berhasil mendapatkan motor curiannya yang dijual lewat grup medsos.

131
jual motor curian online
Motor Honda CB milik korban Adven yang dia temukan setelah terduga pelaku pencurian menjualnya di grup jual beli online di medsos. (Foto : Deno Barus)

Kitakini.news – Tak menyerah setelah kehilangan motornya yang dicuri dari teras rumahnya, Adven Simamora (27) akhirnya mendapatkan motor Honda CB 150 miliknya yang hilang dicuri maling, Selasa (16/7/2019) sore. Namun, menariknya, motor tersebut didapatkannya setelah terduga pelaku jual motor curian di salah satu grup jual beli online di media sosial (Medsos).

Informasi yang diperoleh, kejadian berawal saat Adven, warga Jalan Pertahanan Dusun II Perumdan, Desa Patumbak Kampung, Patumbak, Deli Serdang berkunjung ke rumah mak tua (bibi) nya. Kebetulan, rumah mak tuanya tersebut berada tidak jauh dari rumahnya.

Memarkirkan sepeda motornya warna putih dengan pelat nomor BK 5132 AEK di teras rumah tersebut, sekitar dua jam korban ngobrol bersama mak tuanya itu. Saat pamit pulang ke rumahnya, dia terkejut mendapati sepeda motor sudah tidak ada lagi di teras rumah itu.

Korban langsung mencarinya dengan bertanya-tanya kepada warga sekitar. Namun, usaha korban tidak membuahkan hasil. Korban pun memutuskan untuk kembali ke rumahnya.

“Jam 5 (sore) Saya lihat sepeda motor masih ada. Jam 6 (sore) Saya mau pulang, sepeda motor sudah tidak ada lagi. Berani juga malingnya mencuri pada sore hari,” ujar korban yang juga ayah satu anak itu.

Sampai di rumahnya, korban terus berusaha mencari tahu di mana keberadaan motornya tersebut. Dia meminta tolong kepada kakak kandungnya. Adven lalu berinisiatif mencari di grup jual-beli online di salah satu Medsos.

Baca Juga : Mobil Rombongan Turis Asing Terbalik di Kawasan Kawah Ijen

Melakukan pencarian terus-menerus sekitar dua hari, upaya korban akhirnya membuahkan hasil. Di salah satu grup jual-beli, korban melihat ada yang menjual sepeda motor CB yang persis seperti miliknya. Motor itu dijual dengan harga sangat murah, Rp 7 juta.

Terduga Pelaku Jual Motor Curian Miliknya Online, Pemilik Menyaru Pembeli Jebak Pelaku

Merasa mengenali motor yang dijual sebagai miliknya, korban langsung bertanya kepada yang mem-posting di Facebook (FB) berinisial RS. Merasa yakin itu sepeda motor miliknya, korban pun berpura-pura hendak membelinya. Dia lalu menawar harga yang telah dicantumkan pelaku. Begitu sudah ada kecocokan harga, pelaku Riski mengajak korban untuk bertransaksi di sebuah warung yang berada di Jalan Jermal XVIII, Kelurahan Denai, Kecamatan Medan Denai.

“Saya yakin itu sepeda motor Saya. Karena ada tanda stiker di sayap depan, lalu Saya tawar Rp 6.500.000, dan pelaku setuju,” ucapnya lagi.

Sebelum korban menjumpai pelaku, korban meminta bantuan kepada teman-teman kakak kandungnya yang bekerja sebagai pengemudi ojek online untuk menangkap pelaku.

Sampai di warung, korban bertemu dengan pelaku. Korban langsung memeriksa sepeda motor. Begitu sudah pasti itu sepeda motor miliknya, korban langsung menghubungi teman-temannya. Teman-temannya itu sudah menunggu dekat warung tempat korban bertemu dengan pelaku. Korban yang dibantu oleh puluhan driver Gojek, langsung menangkap pelaku dan memboyongnya ke Mapolsek Patumbak.

“Pelaku saat kami tanya mengaku kalau dirinya disuruh orang untuk menjualkan sepeda motor Saya bang. Dan pelaku ini termasuk bodoh karena sepeda motor itu masih utuh seperti sepeda motor Saya. Yang diganti hanya pelatnya saja,”

Baca Juga : Hujan Disertai Angin Kencang di Medan, 1 Warga Medan Labuhan Kritis Tertimpa Pohon Trembesi

Pantauan saat di Polsek Patumbak Jumat (19/7/2019), tampak puluhan driver Gojek Online dan korban dalam keadaan basah karena hujan, membawa pelaku ke Mapolsek Patumbak.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada keterangan dari pihak Polsek Patumbak.

Kontributor : Deno Barus
Editor : Khairul Umam

Mutiara Hikmah

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here