Jamaah Haji Tertua Asal Sumut Berusia Lebih dari Satu Abad

127
Pasangan jamaah haji tertua tahun 2019 asal Sumatera Utara
Kartawi dan Kartinem saat di asrama haji Medan

Kitakini.news – Pasangan suami istri (pasutri) Kartawi (105) dan Kartinem (104) warga Kecamatan Batunadua, Padangsidempuan, menjadi jamaah haji tertua asal Sumatera Utara tahun 2019. Keduanya tergabung dalam kloter 9 yang dijadwalkan berangkat ke tanah suci pada Minggu (21/7/2019).

Pasangan Kartawi dan Kartinem sebenarnya bukanlah penduduk asli Padangsidempuan. Menurut penjelasannya saat ditemui awak media di Asrama Haji Medan, Kartawi menyebutkan bahwa mereka berasal dari Kota Banyumas, Provinsi Jawa Timur.

Namun karena kehidupan yang sulit di Kota kelahirannya, pada tahun 1971 Kartawi dan Kartinem memutuskan untuk merantau ke salah satu kota di Sumatera Utara.

“Tahun 1971 Kami pindah ke sini (Padangsidempuan) Batunadua. Saya kerja deres karet sampai cicil-cicil punya sendiri,” jelas Kartawi kepada awak media, Sabtu (20/07/2019).

Baca juga : Kisah seorang tukang lontong yang berhasil berangkat haji di tahun 2019

Berangkat Haji dari Menabung Selama 10 Tahun

Kartawi menjelaskan bahwa Ia dan istrinya bisa berangkat haji pada tahun 2019 ini dari hasil menabung selama 10 tahun. Keduanya mendaftar haji pada tahun 2013 yang lalu dan saat ini tergabung dalam Kloter 9 dengan manifest 013 dan 014.

“Saya nabung 10 tahun. Saya kerja deres karet di sana (Padangsidempuan). Dan menyisihkan hasil punya kebun sendiri untuk berangkat haji,” aku Kartawi.

Kartawi juga menuturkan bahwa usia tidak menjadi penghalang bagi mereka untuk menunaikan ibadah haji. Ia juga mengakui bahwa usai mendaftar haji, kondisi fisik mereka terasa semakin kuat. Apalagi saat sudah mendekati waktu keberangkatan.

“Semuanya atas izin Allah SWT. Kami masih diberikan kesehatan untuk melaksanakan ibadah haji,” ucapnya yang diamini sang istri.

Jamaah Haji Tertua asal Sumut Miliki 15 orang Cicit

Dihadapan awak media keduanya mengakui bahwa saat ini mereka sudah memiliki 9 orang anak, 26 orang cucu dan 15 orang cicit. Sedangkan anak tertua dari pasangan jamaah haji tertua asal Sumatera Utara ini sudah berusia 65 tahun.

“Anak saya 9, Anak pertama saya berumur 65 tahun. Mereka mendoakan bapak dan ibunya ini agar sehat-sehat dan mencapai doa yang terbaik di Mekkah,” ucap Kartiwi yang diiringi dengan senyuman.

Galeri Foto Jamaah Haji Tertua Asal Sumut Tahun 2019

Kontributor : Imam Efendi
Editor : Ummi Fatih

Mutiara Hikmah

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here