Sabtu, Oktober 19, 2019
Beranda Peristiwa Penyelundupan Narkotika 10,6 kg Daun Khat Digagalkan, 1 WNA Diamankan

Penyelundupan Narkotika 10,6 kg Daun Khat Digagalkan, 1 WNA Diamankan

Bea dan Cukai Kualanamu bersama Kantor Wilayah Direktorat Jendral Bea dan Cukai Sumatera Utara berhasil menggagalkan penyeludupan narkotika, 10,6 kg daun khat asal Ethopia yang dikirim melalui PT Pos Indonesia Cabang Tanjung Morawa.

50
penyelundupan narkotika
Kapala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Kualanamu, Bagus Nugroho Tamtomo Putro dan petugas lainnya memperlihatkan barang bukti dan tersangka, Selasa (23/7/2019). (foto : kitakini.news/edo).

Kitakini.news – Tim Penindakan dan Penyelidikan Bea dan Cukai Kualanamu bersama Kantor Wilayah Direktorat Jendral Bea dan Cukai Sumatera Utara menggagalkan penyelundupan narkotika 10,6 kg Daun Khat. Narkotika asal Ethopia yang termasuk ke dalam jenis narkotika golongan satu itu dikirim melalui PT Pos Indonesia Cabang Tanjung Morawa.

Kapala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Kualanamu, Bagus Nugroho Tamtomo Putro menjelaskan bahwa pihaknya juga mengamankan satu tersangka berinisial SAA 30 tahun warga negera Ethiopia. SAA diamankan di lokasi pengungsi United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR) di jalan Medan-Binjai KM 12.

Digagalkannya penyeludupan 10,6 Kg narkotika tersebut setelah petugas Bea dan Cukai mendapatkan informasi dari Kantor Pusat Bea Cukai Soekarno Hatta bahwa ada pengiriman benda mencurigakan melalui Kantor Pos.

Mendapat informasi tersebut, petugas Bea dan Cukai Kualanamu langsung melakukan pemantauan barang kiriman ke kantor Pos cabang Tanjung Morawa. Dengan menggunakan alat X Ray, akhirnya ditemukanlah dua kardus berisi empat kemasan alumunium foil. Di dalamnya, terdapat daun Khat asal Ethiopia seberat 10,6 kg.

“Tentunya ini merupakan temuan yang kedua untuk penggagalan upaya penyeludupan narkoba jenis Daun Khat. Setelah bulan Mei lalu kami juga menggagalkan penyeludupan Narkoba yang sama,” kata Bagus saat paparan kasus tersebut di Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Kualanamu, Selasa (23/7/2019).

Bagus Nugroho Tamtomo Putro menambahkan setelah berkoordinasi dengan Ditresnarkoba Polda Sumatera Utara, akhirnya petugas berhasil meringkus penerima barang, SAA di pengungsian UNHCR.

Baca Juga : Mantan Polisi, Pembunuh dan Bandar Narkoba Riau Tertembak dan Tewas Saat Lari ke Dalam Pesantren

Penyelundupan Narkotika 10,6 kg Daun Khat, Tersangka Dikenakan Pasal Berlapis

Guna penyelidikan lebih lanjut, tersangka bersama barang bukti, kini diserahkan ke Mapolda Sumatera Utara. Tersangka akan dijerat pasal berlapis, pasal 102 huruf h Undang-undang Nomor 10 tahun 1995 tentang Kepabeanan.

Tersangka juga akan dikenakan pasal 113 ayat 1 Undang-undang nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika. Dengan ancaman hukuman 15 tahun penjara dan denda Rp 1 miliar.

Kontributor : Edo
Editor : Khairul Umam

Mutiara Hikmah

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here