Kapolres Padang Sidimpuan Himbau Warga jangan Bakar Hutan saat Buka Lahan

Himbauan itu dikeluarkan Kapolres Padangsidimpuan mengingat beberapa minggu terakhir ini Kota Padangsidimpuan sudah memasuki musim kemarau, sehingga rentan terjadinya kebakaran.

35
kapolres padang sidimpuan
Petugas Koramil saat memadamkan api yang membakar hutan di Desa Banua Tongah, Kecamatan Sosopan, Kabupaten Paluta. (Foto : Polres Padangsidimpuan)

Kitakini.news – Kapolres Padangsidimpuan, AKBP Hilman Wijaya mengimbau seluruh masyarakat Kota Padangsidimpuan untuk tidak membakar hutan.

Imbauan ini disampaikan Kapolres terutama di wilayah yang berdekatan pegunungan dan perbukitan untuk tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan perkebunan.

Himbauan itu dikeluarkan Hilman, mengingat beberapa minggu terakhir ini Kota Padangsidimpuan sudah memasuki musim kemarau, sehingga rentan terjadinya kebakaran.

“Kalau membuka lahan perkebunan maupun pertanian, jangan dengan cara membakar. Apalagi sengaja membuang puntung rokok di lokasi lahan, mengingat rentan terjadinya kebakaran di musim kemarau seperti ini,” ujar Hilman, Senin (12/8/2019).

Dikatakan Hilman, sejauh ini pihaknya melalui anggota Polsek jajaran dan Bhabinkamtibmas, tetap memantau perkembangan.

“Anggota di lapangan gencar memberi himbauan kepada masyarakat untuk tetap menjaga kelestarian hutan. Apabila ada yang melanggar, akan segera kita tindaklanjuti,” ungkap Hilman.

Hilman mengingatkan, dampak tersebut bisa saja terjadi pada lahan perkebunan, termasuk salah satunya di kawasan Pemakaman Umum yang berada di atas perbukitan yang berada di Gang Air bersih, Kelurahan Sitamiang Baru.

Baca Juga : Pemuda Tabrak Pohon di Halaman Gereja di Simalungun Sumut dan Tewas, Diduga tak Hati-Hati

Pasalnya, lokasi tersebut banyak dilintasi warga dan perbukitan itu juga ditumbuhi ilalang yang mudah terbakar. Tak tertutup kemungkinan lahan itu bisa terbakar dan bisa menyebar pada Kawasan hutan lahan perkebunan milik warga.

Kapolres Padangsidimpuan Imbau Masyarakat Selalu Waspada

Namun, sebut Kapolres Padangsidimpuan, Hilman, kebakaran bukan hanya disebakan dari perbuatan manusia, tapi bisa juga karena gesekan kayu yang kering di kawasan hutan tersebut. Karena itu, agar pemilik lahan diharapkan selalu berhati-hati dalam mengelola lahan.

“Untuk masyarakat yang sering melintasi kawasan perbukitan diharapkan dapat berhati-hati dan tidak membuang puntung rokok sembarangan karena bisa berakibat fatal. Kita himbau kepada masyarakat umum untuk tidak sembarangan melakukan pembakaran ketika membuka lahan perkebunan,” pungkas Himan.

Sekadar informasi, sedikitnya 4 hektar hutan di lahan perkebunan di Desa Banua Tongah, Kecamatan Sosopan, Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) terbakar, Selasa (6/8/2019) lalu. Titik api berada di bujur 99.5585327148 dan Lintang 1.21958172321.

Baca Juga : Kesal Istri dan Mertua Dihina, Seorang Pria di Deliserdang Bunuh Abang Iparnya

Beruntung api tidak menjalar semakin luas, setelah personel Koramil 07 Sosopan dengan peralatan manual seadanya menggunakan ranting kayu areal berhasil memadamkan api sepenuhnya.

Reporter : Syahrial Siregar
Editor : Khairul Umam

Mutiara Hikmah

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here