Polda Sumut Bekuk 6 Pelaku Pencurian dengan Pemberatan

Para pelaku ini merupakan spesialis membongkar rumah saat pemilik rumah sedang tidak berada di lokasi.

16
6 pelaku curat ditangkap
Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Sumut Kombes Pol Andi Rian Djajadi (pegang mic) didampingi Kasubdit III/Jatanras AKBP Maringan Simanjuntak (dua kiri) saat memberikan keterangan terkait tangkapan pelaku curat. (Foto : Syahrial Siregar).

Kitakini.news – 6 pelaku curat ditangkap petugas Subdit III/Jatanras Ditreskrimum Polda Sumut, di sejumlah tempat dan waktu berbeda. Keenam pelaku pencurian dengan pemberatan (curat) yang diamankan masing-masing AS warga Jalan Jermal VII Kecamatan Medan Denai. Selain itu SD warga Jalan Pasar Merah VII Tembung dan RPM alias R warga Patumbak.

Tiga tersangka lainnya yakni GP alias B (36) warga Jalan Karya Ibus Kecamatan Medan Helvetia, CF (27) warga Jalan Ibus Kecamatan Medan Petisah dan GAP (30) warga Jalan Karya Kecamatan Medan Barat, sebagai pemantau di luar.

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Sumut, Kombes Pol Andi Rian Djajadi mengatakan para 6 pelaku curat ditangkap tersebut berdasarkan informasi masyarakat.

“Ada 5 laporan yang masuk ke kita. Dari enam tersangka dua orang penadah, mereka dari dua kelompok. Satu kelompok Goklas dan satu lagi kelompok Romi. Jadi Goklas ini kalau beraksi bisa dua sampai tiga orang. Sedangkan Romi main sendiri,” ujar Andi Rian dalam rilis kasus yang digelar, Selasa (13/8/2019) sore.

Andi Rian menjelaskan, modus yang kelompok ini lakukan yakni membongkar rumah saat pemilik rumah sedang tidak berada di lokasi. Ada yang bertugas memantau dan memastikan rumah sudah kosong dan ada eksekutornya.

“Kami terus melakukan pengembangan karena empat dari enam orang pelaku ini ada 13 tempat kejadian perkara (TKP) yang sudah berhasil melakukan pencurian sepeda motor,” ungkap Andi Rian.

Sejumlah Barang Bukti Turut Diamankan

Selain mengamankan tersangka, kata Andi Rian, pihaknya juga mengamankan barang bukti berupa gunting besi, enam pelat sepeda motor, tiga alat kunci yang diduga digunakan untuk mencuri, tiga buah bungkusan pelat sepeda motor merk Honda.

“Kemudian ada sebuah penutup mesin sepeda motor merek Honda, sebuah penutup knalpot motor Honda, tiga buah gembok yang sudah rusak dan satu unit sepeda motor Vario Hitam Abuabu yang turut kami sita,” tukas Andi Rian.

Baca Juga : 6 Kasus Ipar Bunuh Ipar di Sumut Sejak 2018, Ada Pelaku yang tak Ditahan

Sementara itu, salah seorang penadah mengaku membeli sepeda motor Yamaha Jupiter Z seharga Rp 1,8 juta. “Jadi cuma satu kendaraannya yang ada di sini. Lima lagi masih diluar,” pungkas Andi Rian.

Reporter : Syahrial Siregar
Editor : Khairul Umam

Mutiara Hikmah

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here