Gedung SDN 010008 di Asahan, Sumut Menyedihkan

Gedung SDN 010008 di Kabupaten Asahan menyedihkan, selain dinding bangunannya banyak yang bolong, atapnya juga bocor, sehingga ketika hujan sangat menganggu kegiatan belajar mengajar di sekolah itu.

52
gedung sdn 010008 di asahan menyedihkan
Kondisi ruangan perpustakaan SDN 010008, Asahan, Sumut tergenang air, Selasa (27/8/2019). (foto : kitakini.news/ilhamsyah)

Kitakininews – Gedung SDN 010008 di Asahan kondisinya menyedihkan. Sekolah Dasar Negeri (SDN) di Desa Pematang Sei Baru, Kecamatan Tanjungbalai, Kabupaten Asahan itu sudah lama rusak. Terlihat dari dinding-dinding bangunan yang rusak, bahkan plafon perpustakaannya juga sudah bolong dan rusak.

Tak hanya itu, jendela kaca setiap ruangan kelas sudah pecah, bahkan setiap kali hujan pasti akan basah karena atapnya yang bolong. Bangku dan meja juga banyak yang patah, dikhawatirkan membahayakan murid yang sedang belajar.

Mansur (33), warga setempat mengatakan, bangunan itu rusak akibat sudah termakan usia. Sayangnya, tidak ada uluran tangan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan untuk melakukan perbaikan. Walau demikian, tidak menyurutkan semangat belajar murid sekolah dasar tersebut.

”Ini sekolah sudah lama begini. Ruangan yang dindingnya sudah rusak ini, sudah cukup lama. Bahkan dari semenjak saya kecil . Namun bangunannya tetap begini saja,” kata Mansur kepada Kitakininews selasa (27/8/2019).

Madi (40), warga lain yang mengungkapkan, selain gedung yang sudah dikatakan tidak layak dan rusak parah, sekolah itu juga tidak memiliki WC untuk digunakan murid.

”Sekolahnya tidak memiliki kamar mandi dan setiap mau buang air kecil, mereka menumpang ke kamar mandi ke rumah penjaga sekolah, yang juga guru mereka yang tinggal di dalam kawasan SDN 010008 Pematang Sei Baru itu,” paparnya.

Baca Juga : Tak Sanggup Lawan Arus, Bocah 11 Tahun Hanyut di Sungai Belawan

Gedung SDN 010008 di Asahan Menyedihkan, Warga Minta Pemkab Asahan Peduli

Warga sekitar berharap Pemkab Asahan mau memperhatikan gedung sekolah tersebut, dengan melakukan revitalisasi bangunan secara menyeluruh.

“Sehingga anak-anak kami yang sekolah di sini merasa nyaman melakukan kegiatan belajar. Kami lihat sekolah dasar yang berada di tempat lain sudah pada bagus semua pembangunannya dan nyaman, memiliki tanaman yang hijau, memiliki pagar pembatas dan tempat bermain siswa,” pungkas Madi.

kontributor : Ilhamsyah
Editor : Khairul Umam

Mutiara Hikmah

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here