Pengemudi dan Penumpang Pick-Up di Asahan Nyaris jadi Korban Pohon Tumbang Puting Beliung

Pohon tumbang akibat angin puting beliung di Asahan nyaris menyebabkan korban jiwa pengendara mobil pick-up.

89
puting beliung
Pohon tumbang menimpa mobil dan kabel listrik saat terjadi hujan deras disertai angin kencang di Jalan Ir Sutami Kisaran Kab Asahan. (Foto : Ilhamsyah)

Kitakini.news – Hujan deras disertai angin puting beliung yang terjadi di sebagian kawasan Kabupaten Asahan, hingga Selasa (3/9/2019) malam hampir saja merenggut nyawa seorang sopir mobil pick-up pengangkut durian di Jalan Ir Sutami Sei Renggas, Kisaran Barat, Sumut. Kencangnya angin menumbangkan sejumlah pohon dan menimpa bak pick-up pengangkut durian yang sedang melaju di jalan tersebut.

“Yang tertimpa hanya bak bagian belakang. Tapi kami gemetaran pasca kejadian. Allah masih sayang sama kami. Kami selamat dari pohon tumbang dan selamat dari sengatan listrik. Padahal pohon ini sebelumnya tumbang menimpa kabel bertegangan tinggi,” ujar pengemudi mobil yang menyebut namanya Gondrong (45), saat ditemui KitaKini News, Rabu (4/9/2019) siang.

Hujan deras disertai angin kencang yang melanda kawasan Asahan selama dua hari berturut-turut membuat sejumlah pohon dan tiang listrik bertumbangan, serta membuat sejumlah masyarakat mengalami kerugian materil.

Selain mobil, pohon juga menimpa kabel listrik tegangan tinggi mengakibatkan aliran listrik di sekitar lokasi padam. Kabel-kabel tersebut terputus di beberapa bagian sehingga petugas PLN harus bekerja keras untuk memperbaikinya.

Seorang petugas PLN juga terkejut, Gondrong dan rekannya bisa selamat dari kejadian tersebut.

“Saya tidak habis pikir kenapa Anda bisa selamat dari sengatan listrik. Ini semacam mukjizat, sebab ketika pohon timbang tadi, listrik masih menyala. Anda masih di dalam mobil dengan aliran listrik melalui pohon ini,” ujar salah seorang petugas PLN kepada Gondrong.

Baca Juga : Angin Puting Beliung Terjang Belasan Rumah di Medan

Pantauan KitaKini News di lokasi kejadian, lima pohon tinggi di pinggir jalan tumbang berderetan. Satu dari sekian pohon tumbang menimpa mobil pick up Gran Max BM 9297 SH bermuatan buah durian. Evakuasi dilakukan dengan menggunakan alat gergaji mesin.

BPBD Peringatkan Cuaca Ekstrim Termasuk Puting Beliung Bisa Kembali Terjadi

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Asahan, Khaidir Sinaga menyebutkan, sejumlah tempat dilanda bencana angin kencang. Banyak pohon tumbang ke jalan, menimpa mobil, rumah, kabel dan tiang listrik. Kondisi tersebut masih berpotensi terjadi beberapa hari ke depan.

“Beberapa waktu ke depan diperkirakan terjadi cuaca ekstrim di wilayah Asahan. Masyarakat diimbau agar lebih waspada mengantisipasi segala kemungkinan yang ada, seperti angin kencang, puting beliung, petir, longsor dan banjir,” ujar Khaidir, Kepala BPBD Kabupaten Asahan, Syafruddin Harahap.

Baca Juga : Ditangkap Dekat Lokasi Rumah Kos yang Disatroni, 2 Terduga Maling di Medan Ini Sempat Kabur

Khaidir memastikan, tidak ada korban jiwa sampai saat ini dan pihaknya masih bekerja keras. Evakuasi pohon tumbang dan membuka akses jalan agar dapat dilalui masih dilakukan.

“Selain evakuasi, kami juga masih melakukan pendataan,” pungkas Khaidir.

Kontributor : Ilhamsyah
Editor : Khairul Umam

Mutiara Hikmah

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here