Baca Doa Ini Agar Terhindar dari Kejatahan Begal

Berserah diri kepada Allah Swt dengan mengamalkan doa yang diajarkan Rasulullah Saw, Insya Allah hati menjadi tenang dan kita selalu berada dalam lindunganNya. Namun demikian kita juga tetap berikhtiar untuk menghindari hal-hal yang mengundang terjadinya pembegalan.

269
Doa Terhindar begal
Doa dan ikhtiar untuk terhindar dari begal (foto: Edited from google)

Kitakini.news – Tidak sedikit korban dari kejahatan begal yang mengalami trauma yang dalam. Sehingga selalu merasa ketakutan bila keluar rumah untuk menjalankan aktifitasnya sehari-hari. Agar ketakutan ini tidak terus berkelanjutan dalam kehidupan kita sehari. Ini doa agar terhindar dari kejahatan begal dan aman diperjalanan yang diajarkan Rasulullah Saw,

Doa Agar Terhindar dari Kejahatan Begal dan Aman di Perjalanan

Barangkali doa ketika hendak bepergian ini tidak asing bagi kita. Namun terkadang sebagian kita lupa untuk mengamalkannya dalam kehidupan kita sehari-hari.

Dari Anas bin Malik ia berkata, Rasulullah Saw bersabda,

“Barang siapa yang ketika keluar dari rumahnya membaca doa,

بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّهِ

(Bismillahi tawakkaltu ‘alallah laa haula wa laa quwwata illaa billah)

“Dengan menyebut nama Allah, aku bertawakkal (berserah diri) kepada Allah, tiada daya dan upaya kecuali dari Allah,” maka dikatakan kepadanya: kamu telah tercukup dan terlindungi, dan syetan pun akan menjauh darinya,” (Hadits Riwayat Tirmidzi, hasan shahih. Hadits senada diriwayatkan juga oleh Abu Daud).

Ustadz Hasan Bishri dalam buku Dahsyatnya Kekuatan Basmalah menjelaskan bahwa doa ini merupakan perisai diri yang ampuh dari berbagai macam kejahatan yang ada. “Insya Allah (dengan membaca doa yang diajarkan Rasulullah ini) kita akan aman dari segala macam gangguan yang ada di luar rumah,” terangnya.

Selanjutnya, melakukan pencegahan selalu lebih baik dari pada menanggulangi sesuatu yang telah terjadi. Begitu juga hal nya dengan menghindari kejahatan begal, lebih baik sebelum kejadiannya.

5 Tips Agar Terhindar dari Kejahatan Begal

Dilansir dari website Ruangmahasiswa.com, (6/11/2017), memberikan tips agar terhindar dari kejahatan begal yang diambil dari berbagai sumber, yaitu,

1. Selalu parkir motor dengan kunci ganda

Dimana pun kamu parkir, selalu usahakan dan ingat untuk mengunci ganda motor kamu, karena bisa saja lengah sedikit motor kamu lengah. Jadi hal ini boleh jadi perhatian lebih.

2. Hindari mengendarai motor mewah / mahal di tempat sunyi

Sekarang ini, target begal adalah motor dengan tahun tinggi dan harga mahal, peluang laku dijual masih sangat tinggi walaupun tidak dilengkapi dengan berkas – berkas administrasi.
Jadi disarankan untuk menggunakan motor – motor yang biasa saja, yang penting bisa menjadi alat transportasi.

3. Hindari bepergian pada malam hari

Aksi begal biasanya dilakukan pada malam hari, meskipun ada juga yang dilakukan di siang hari.

Terutama pada larut malam, sangat tidak dianjurkan keluar dari pukul 23.00 hingga 04.00 pagi. Ini adalah waktu yang rawan terhadap kejahatan pembegalan.

4. Jangan pergi sendirian

Jika memang harus pergi keluar malam karena ada urusan penting, jangan pergi sendirian. Naluru penjahat akan mencoba melakukan aksinya kepada lawan yang dianggapnya mampu dia taklukkan dengan mudah. Setidaknya jika kita berpergian lebih dari 1 orang, kemungkinan penjahat akan mengurungkan niatnya.

5. Persiapkan atribut keselamatan

Jika bepergian jauh, bekali diri anda dengan berbagai atribut keselamatan berkendara. Seperti helm, jaket, hingga body protector. Pastikan juga kendaraan kamu pada kondisi yang sehat mulai dari kaca spion yang lengkap, gas, rem dan lain sebagainya.

 

Mutiara Hikmah

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here