5 Kasus Ayah Tega Bunuh Anak Tiri Sepanjang Tahun 2019

Kasus pembunuhan ayah tiri ini kebanyakan hanya karena kesal dengan tingkah laku si anak yang dianggap mengganggu.

17210
kasus ayah bunuh anak tiri di langkat
Jasad korban saat ditemukan warga terkubur, dan foto kedua pelaku dan korban semasa hidup. ( Foto : Facebook).

Kitakini.news – Kasus ayah bunuh anak tiri kembali terjadi. Beberapa waktu lalu seorang balita berusia 2 tahun dianiaya ayah tirinya hingga tewas di Langkat, Sumatera Utara. Setelah tewas jasadnya dikuburkan di perkebunan karet. Lebih mencengangkan lagi, ibu kandung korban turut membantu suaminya saat mengubur buah hatinya tersebut.

Kasus tersebut menambah deretan kasus pembunuhan yang dilakukan ayah terhadap anak tirinya di Indonesia. Berikut 5 kasus ayah bunuh anak tiri paling sadis yang dirangkum Kitakini News sepanjang tahun 2019.

1. Ayah Bunuh Anak Tirinya di Depan Istrinya di Banten

pelaku pembunuhan anak tiri di banten
Tersangka pembunuhan saat ditampilkan ke wartawan. (Foto : Sindonews).

H (32), tega membunuh anak tirinya bernama Junata (2), Senin (4/3/2019). Selain itu pelaku juga menganiaya sang istri. Warga Kampung Ranca Gede, Desa Babakan, Kecamatan Bandung, Kabupaten Serang Banten ini melakukan perbuatan keji ini karena sang istri tidak menanggapi saat ditanya kenapa dirinya murung di kamar.

H tega membunuh anak tirinya dengan celurit di depan istrinya yang diketahui baru dinikahinya selama 2 bulan. Saat itu korban yang sedang berada di dalam rumah tiba-tiba datang dan langsung membekap anak tirinya. Dia kemudian menaruh celurit di leher sang anak hingga mengalami pendarahan lalu meninggal dunia.

Baca Juga : Penjambret Tas di Deli Serdang Babak belur Dipukuli Massa

Bahkan pelaku menganiaya istrinya hingga istrinya mengalami luka parah di bagian leher, kepala dan lengannya akibat sayatan senjata tajam, hingga dilarikan ke klinik terdekat.

2. Kejam! Ayah Perkosa dan Bunuh Anak Tiri di Kalimantan Barat

anak tiri diperkosa dan dibunuh
Jasad korban saat ditemukan warga di ladang. (Foto : Tribunpontianak).

Seorang ayah berinisial RW (40) membunuh anak tirinya berinisial AT (16), setelah sebelumnya diperkosa di wilayah Kecamatan Tayan Hulu, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, pada Selasa (30/4/2019) lalu.

Pelaku menghabisi korban dengan cara mencekik dan menghantam kepala korban dengan batu bata. Korban nekat menghabisi anak tirinya tersebut lantaran korban meminta pertanggung jawaban pelaku yang sudah memperkosanya.

Dalam keterangan pers kepada wartawan korban sudah tiga kali diperkosa oleh pelaku, pertama dan kedua dilakukan di rumahnya pada tahun 2018 lalu dan terakhir terjadi pada kasus ini.

Baca Juga : Bandar Sabu asal Pekanbaru Tewas Ditembak di Sumatera Barat

Atas perbuatannya pelaku diancam dengan undang-undang perlindungan anak dengan ancaman hukuman seumur hidup.

3. Kasus Ayah Bunuh Dua Anak Tiri dan Istrinya Sendiri di Aceh

ayah bunuh istri dan 2 anak tiri
Pelaku pembunuhan istri dan 2 anak tiri di Aceh Utara. (Foto : Kitakini.news).

Sadis, hal ini patut diberikan kepada seorang pria berisinial A (40). Bagaimana tidak, dia tega membunuh istri dan dua anak tirinya, I (31), ZM (12) dan Y (1) di Desa Ulee Madon, Kecamatan Muara Batu, Kabupaten Aceh Utara, Selasa (7/5/2019) lalu.

Dari hasil pemeriksaan motif pelaku suami bunuh istri di Aceh Utara ini, karena tersangka ingin menguasai harta benda istrinya.

Pelaku yang merupakan suami ketiga korban bekerja sebagai tukang bangunan diduga sudah merencanakan jauh hari sebelumnya untuk membunuh istrinya dan dua anak tirinya tersebut.

Sebelum pembunuhan terjadi, pelaku dan korban sempat terjadi cekcok mulut terkait masalah penandatanganan harta gono gini. Saat itu, korban tidak setuju kalau harta dari suaminya pertama dibagi dengan pelaku. Sehingga terjadi keribatan dan pelaku mengancam akan membunuh korban bersama anaknya.

Atas perbuatannya, Tersangka dijerat dengan Pasal 340 KHUP tentang Pembunuhan Berencana subsider Pasal 338 tentang Pembunuhan atau Pasal 44 ayat 3 UU RI 23 Tahun 2014 tentang Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) dan Pasal 351 tentang Penganiayaan, ancaman hukuman seumur hidup atau hukuman mati.

Selengkapnya : Suami Bunuh Istri di Aceh Utara Karena Masalah Uang

4. Ayah Tiri Lempar Anak Sampai Tewas di Bekasi

ayah lempar anak tiri hingga tewas
Pelaku yang melempar anaknya hingga tewas dan jasad korban saat tewas. (Foto : Grid.id)

Seorang bayi perempuan berusia 15 bulan di Desa Sukasari, Serang Baru, Kabupaten Bekasi, tewas di tangan ayah tirinya, Senin (26/8/2019) lalu.

RA (39) si ayah tiri melempar anaknya tersebut beberapa kali ke dinding, karena merasa terganggu saat tidur karena bayinya tersebut rewel. RA diketahui baru menikahi ibu korban selama 6 hari secara siri.

Kepada polisi RA mengakui kalau dia melempar korban 2-3 kali hingga kepala anaknya terbentur tembok. Pengakuan RA sendiri cocok dengan hasil autopsi RS Polri Kramat Jati, yang menemukan bahwa bayi itu meninggal akibat kekerasan benda tumpul di kepala yang mengakibatkan pendarahan luas dan pembengkakan otak bagian dalam sehingga mati lemas.

Baca Juga : Bentrok OKP di Medan Johor Karena Persoalan Penurunan Spanduk

5. Balita 2 Tahun Dianiaya Ayah Tiri Hingga Tewas di Langkat

ayah bunuh anak tiri di langkat
Ayah tiri dan ibu kandung balita berusia 2 tahun yang tewas dibunuh. (Foto : Faseberita.id)

M.Ibrahim (2) tewas dianiaya dengan sadis oleh ayah tirinya berinisial RRS (30). Korban dianiaya dengan cara disundut rokok di tubuhnya, dipukul di bahu, kaki, tangan, kuping, serta digantung di dalam goni.

Setelah tewas, pelaku RRS (30) mengubur jasad bocah malang tersebut di lereng bukit perkebunan karet Dusun I, Desa Ponco Warno, Kecamatan Salapian, Kabupaten Langkat, pada Selasa (27/8/2019) lalu.

Yang paling mengejutkan di kasus ini, ibu kandung korban turut membantu suaminya tersebut menguburkan anaknya tersebut. Jenazah korban sendiri baru ditemukan setelah lebih dari seminggu, yakni pada Rabu (4/9/2019) malam.

Motif pelaku menghabisi nyawa korban hanya karena kesal dengan tingkah laku anak tirinya tersebut.

Selengkapnya : Ayah Bunuh Anak Tiri di Langkat Sumatera Utara Terancam Hukuman Mati

Editor : Khairul Umam

2 KOMENTAR

  1. Ujung-ujung ny y krn masalah ekonomi pasti ny. Trs ank yg g brdosa jd pelampiasan. Hrs d tindak tegasi & d ksh hukuman mati j.. biar g trulang lg kasus-kasus sprt itu. Hrs ny pemerintah lah yg brtindak tegas.

  2. Kejahatan /kekerasan yg berhubungan dgn balita apalagi smp meninggal..Di HUKUM MATI sj..Ga Perlu Lagi Basa Basi Penjara bbrpa thn.Sepertinya Sm sekali tidak seimbang.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here