Uang 1,6 Miliar Hilang di Parkir Kantor Gubsu, Kapolda : Kenapa tak Pakai Rekening?

Kapolda Sumut menilai ada kejanggalan pada hilangnya uang Rp 1,692 miliar hilang dari halaman parkir Kantor Gubernur Sumut.

1327
uang hilang di kantor gubsu
Kapolda Sumut, Irjen Pol Agus Andrianto (tengah). (Foto : Syahrial Siregar)

Kitakini.news – Peristiwa uang upah pekerja Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) sebesar hampir Rp 1,7 miliar hilang di parkiran kantor Gubernur Sumut (Gubsu), Senin (9/9/2019) lalu menimbulkan tanda tanya besar. Pasalnya, uang sebanyak tersebut tidak ditransfer melalui rekening, namun akan diserahkan langsung kepada penerima.

Kapolda Sumut, Irjen Pol, Agus Andrianto mengaku heran dengan cara pembayaran gaji secara langsung tersebut.

“Kalau berkaitan dengan gaji, kan seharusnya langsung ditransfer ke rekening si penerima gaji. Ini Saya juga heran, kenapa kok masih ada pake uang tunai ya?” ujarnya, Rabu (11/9/2019).

Irjen Pol Agus juga menilai, gaji bisa langsung dkirim ke rekening pelaksana proyek, seperti juga uang terkait proyek tersebut.

“Harusnya kan kalau terkait dengan proyek, atau pun gaji, bisa langsung ke rekening pelaksana proyek,” sambung jendral bintang dua itu saat syuting film di Lapangan Merdeka Medan.

Dia juga mengaku heran, petugas yang membawa upah para TAPD tersebut meninggalkan uang sejumlah Rp 1,692 miliar itu di dalam mobil yang terparkir di pelataran parkir kantor Gubernur Sumut.

“Heran juga Saya, kenapa uang segitu banyaknya ditinggal di dalam mobil. Hal ini membuat kita menyelidiki sampai tuntas,” ungkapnya.

Di sisi lain kata dia, kasus tersebut masih dalam penyelidikan pihak Polda Sumut beserta jajarannya.

Baca Juga : Kapal Pertamina Tenggelam di Belawan, Nakhoda Tewas dan 3 ABK Luka-luka

“Untuk kasus ini, sekarang kita lakukan penyelidikan terlebih dahulu. Pertama, kita akan lidik masalah pencuriannya. Kedua, siapa yang mencuri dan kenapa Pemprovsu membawa uang tunai sebegitu besarnya dengan mobil tersebut,” jelas Irjen Pol Agus Andrianto, didampingi Wakapoldasu, Brigjend Pol Mardiaz Khusin Dwihananto.

Uang 1,6 miliar Hilang di Kawasan Parkir Kantor Gubsu

Diberitakan sebelumnya, mobil Toyota Avanza BK 1875 JZ yang membawa uang gaji Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Pemprov Sumatera Utara (Sumut) diduga dibobol maling. Peristiwa itu terjadi saat mobil itu terparkir di halaman kantor Gubsu di Jalan Pangeran Diponegoro, Senin (9/9) sore.

Baca juga : Ternyata, Uang Miliaran Pemprov Sumut Hilang untuk Honor TAPD

Akibatnya uang sebesar Rp 1.692.000.000 yang diletakkan di bagian bagasi mobil itu pun raib diduga dibawa kabur oleh pelaku.

Kontributor : Imam Efendi
Editor : Khairul Umam

Mutiara Hikmah

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here